Rekomendasi Sunscreen Pria Anti Ribet dan Praktis

sunscreen pria

Banyak sekali pria yang meremehkan skincare, katanya “nggak laki banget, kok pria pakai skincare?”

Padahal penggunaan skincare terutama sunscreen itu sangat penting untuk wanita maupun pria, karena paparan sinar matahari tidak pandang bulu. Semua kulit tanpa perlindungan jika terlalu lama terpapar sinar matahari akan memiliki efek samping yang bisa merusak kulit.

Meskipun kebutuhan kulit pria dan wanita bisa berbeda, penting untuk memahami bahwa perawatan kulit adalah langkah penting untuk menjaga kesehatannya dan menjaga penampilan agar tetap menarik.

Karenanya tak hanya wanita, penggunaan sunscreen pria pun tak kalah penting.

Dampak negatif sinar matahari

Paparan sinar matahari pada kulit tentu memiliki dampak positif seperti membantu memproses pembentukan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk imunitas tubuh. Tapi selain itu ternyata paparan sinar matahari juga memiliki dampak negatif untuk kulit, diantaranya:

Penuaan Dini

Terpapar sinar UV secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada serat kolagen dan elastin di kulit. Dampaknya adalah berkurangnya elastisitas kulit serta timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, kehilangan kekenyalan kulit, dan membesarnya pori-pori. Sehingga wajah akan terlihat lebih tua.

Warna Kulit Tidak Merata

Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi gelap dan tidak merata. Sinar UV merangsang pelepasan pigmen kulit sebagai respon alami untuk membentuk perlindungan baru. Namun, jika paparan berlebihan terus terjadi, pigmen kulit dapat meningkat secara tidak merata, menyebabkan warna kulit berubah menjadi gelap. Bagian kulit yang tidak terpapar akan tetap memiliki warna aslinya, mengakibatkan kulit terlihat tidak merata.

Selain itu ada beberapa kulit sensitif yang akan memiliki bercak putih seperti panu, padahal itu adalah efek dari paparan sinar matahari. Aku sendiri mengalaminya, sehingga pemakaian sunscreen bisa menjadi solusi.

Melasma

Melasma adalah kondisi kelainan pigmentasi yang terjadi akibat paparan sinar UV dalam jangka panjang. Hal ini ditandai dengan munculnya bercak coklat atau abu-abu pada permukaan kulit, atau biasa kita kenal dengan flek kecoklatan di wajah.

Sunburn

Paparan sinar matahari yang berlebihan dan tanpa perlindungan dapat menyebabkan sunburn atau kulit kita terbakar matahari, yang ditandai dengan kulit merah, perih, bahkan mengelupas.

Baca juga: Review Lysca Hydrasmoth Sunscreen Gel SPF 45 PA ++++

Cara Melindungi Kulit Dari Efek Negatif Paparan Sinar Matahari

Badan Meteorologi Dunia (WMO) menyatakan bahwa kurangnya paparan sinar matahari dapat mempengaruhi mood dan meningkatkan risiko kekurangan vitamin D, sementara terlalu banyak paparan sinar matahari dapat membahayakan kesehatan.

Berikut adalah tips agar kamu tidak kekurangan sinar matahari tetapi juga tetap terlindungi dari efek negatifnya. Efek negatif tersebut, tentunya tidak hanya dialami oleh perempuan, pria juga sama saja. Karenanya pria juga perlu melindungi dan merawat kulitnya. 

Hindari Keluar Ketika Matahari Sedang Terik

Agar tetap mendapatkan manfaat dari sinar matahari berjemurlah di pagi hari, dan menghindari paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Karena pada jam tersebut sinar matahari sedang terik-teriknya.

Menggunakan Pelindung

Jika terpaksa harus keluar di bawah sinar matahari yang terik, sangat disarankan untuk menggunakan pelindung seperti pakaian panjang, jaket, payung, topi dengan pinggiran lebar, dan kacamata hitam. Perlindungan ini penting untuk mengurangi risiko terkena paparan berlebih sinar UV.

Menggunakan Sunscreen

Menggunakan tabir surya atau sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit kamu saat beraktivitas di luar ruangan. Pastikan untuk memilih tabir surya dengan SPF yang sesuai untuk jenis kulit kamu dan aplikasikan secara merata setidaknya 15 menit sebelum terpapar sinar matahari.

Selain itu, penting juga untuk mengoleskan ulang tabir surya setiap dua jam atau setelah beraktivitas yang membuat kamu berkeringat, apalagi jika kamu berenang, penting banget untuk reapply!

Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kamu bisa beraktivitas di luar ruangan dengan lebih aman dan menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi. 

Baca juga: Review Emina Skin Buddy Sun Protection SPF 30 PA+++

Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita

Perbedaan struktur antara kulit pria dan wanita memang terlihat dari beberapa aspek utama. Kulit pria cenderung lebih tebal dan memiliki pori-pori yang lebih besar karena aktivitas kelenjar minyak yang lebih tinggi.

Sementara itu, kulit wanita biasanya lebih tipis dengan struktur kolagen dan elastin yang lebih halus, membuat mereka lebih rentan terhadap kerutan dan penuaan dini.

Karenanya penting untuk wanita maupun pria untuk merawat kulit mereka dengan produk skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit masing-masing, untuk menjaga kesehatan dan penampilan agar selalu sehat.

Skincare yang paling penting menurutku adalah sunscreen, karena dapat melindungi kulit dari efek negatif paparan sinar matahari. Jika sunscreen untuk wanita sudah lazim dan banyak sekali. Sekarang di sini aku ingin merekomendasikan sunscreen pria yang anti ribet dan praktis saat digunakan yaitu Kahf Invisible Matte sunscreen stick.

Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick

Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick adalah sunscreen berbentuk stik yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV A dan UV B dengan perlindungan SPF 50 PA+++, tahan air, tahan keringat, dan tahan gesekan, jadi nggak gampang luntur dan kulit tetap terjaga meskipun kamu aktif di luar ruangan.

SUNSCREEN STICK PRIA

Mengandung Natural Bisabolol yang dapat meredakan kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, melindungi kulit dari efek negatif polusi serta radiasi blue light. Selain itu Kahf ini juga non-acnegenic dan non-comedogenic, sehingga aman digunakan tanpa menimbulkan jerawat dan komedo.

Sunscreen Kahf ini juga aman jika terkena mata, jadi tidak bikin perih dan nyaman digunakan sehari-hari.

Cara Menggunakan Sunscreen Stick

Cara menggunakan sunscreen stick ini gampang banget ya.  Pertama, pastikan kulit kamu bersih dan kering. Kemudian, oleskan sunscreen stick secara merata pada wajah, lalu ratakan ke seluruh wajah dan leher.

Kelebihan sunscreen stick ini digunakan tanpa menyentuh dengan tangan ya, langsung ke wajah yang bersih sehingga lebih higienis.

Jadi cocok banget nih buat kamu yang suka kepraktisan dan anti ribet! Apalagi pria itu memang sukanya yang praktis-praktis aja!

Posting Komentar untuk " Rekomendasi Sunscreen Pria Anti Ribet dan Praktis"