Fungsi CCTV Outdoor di Lokasi Bus Transit

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/timelapse-photo-of-bus-stop-136739/


Area publik seperti lokasi bus transit saat ini juga bukan lagi tempat yang aman. Banyaknya orang yang berdatangan untuk menunggu bus, membuka peluang datangnya tindakan kriminal seperti pencurian. Permasalahan tersebut kemudian yang melatar belakangi dipasangnya CCTV outdoor di beberapa titik penting lokasi bus transit. 

Tujuan utama dipasangnya kamera pengintai tersebut adalah untuk mengawasi gerak-gerik yang terjadi di lokasi tersebut sehingga para penumpang yang sedang menunggu bus akan terjaga keamanannya. Akan lebih mudah juga untuk melacak apabila terjadi tindakan kejahatan.

Fungsi Utama CCTV Outdoor di Lokasi Bus Transit

sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/red-bus-on-street-in-london-24770172/

Lokasi bus menjadi tempat berkumpulnya banyak orang yang kerap menjadi sasaran tindakan kejahatan. Oleh sebab itu, pemasangan CCTV outdoor kemudian menjadi solusi agar kejahatan tersebut dapat diminimalisir.

Pemasangan CCTV ini dilakukan dibeberapa titik sehingga keamanan lokasi bus transit bisa terjaga dengan maksimal. Tidak hanya itu, pemasangan CCTV ini memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah;

1. Mengawasi Penumpang yang Menunggu Bus Datang

Pada saat pagi hari atau malam hari ketika orang-orang berangkat atau pulang kerja bus transit akan ramai dengan kerumunan yang menunggu bus datang. Ramainya suasana bisa jadi membuat orang lengah dengan kondisi sekitar sehingga peluang kejahatan sering terjadi.

Banyaknya keluhan terjadinya pencurian atau pencopetan saat berada di bus transit kemudian membuat pihak pengelola berinisiatif untuk memasang AI camera, jenis CCTV yang kerap digunakan untuk area outdoor.

Apa itu AI camera? mungkin masih menjadi pertanyaan bagi pihak yang ingin memasang kamera outdoor. CCTV ini memang pada dasarnya lebih cocok untuk area outdoor karena daya tangkap kameranya yang lebih luas.

Dengan adanya kamera ini akan lebih leluasa untuk mengawasi penumpang yang hilir mudik dan keluar masuk area bus transit. Akan lebih mudah pula mengawasi gerak-gerik setiap penumpang.

2. Mengawasi Penumpang yang Naik Turun Bus

Kecanggihan AI camera tidak hanya berfungsi untuk mengawasi keluar masuknya penumpang di lokasi transit. Kecanggihan fitur yang ada pada kamera tersebut dapat membantu mengawasi penumpang yang naik turun dari bus.

Dengan adanya CCTV outdoor pada titik strategis di lokasi akan membuat para penumpang merasa aman. Apabila terjadi sesuatu yang mencurigakan akan lebih mudah untuk melakukan pelacakan atau pengecekan kejadian pada hari tersebut.

3. Mencegah Tindak Kekerasan

Tempat keramaian seperti lokasi bus transit atau stasiun kereta memang kerap menjadi sasaran empuk terjadinya tindak kekerasan sebab ramainya suasana membuat orang sering lengah dengan kondisi diri sendiri.

Keramaian tersebut tidak hanya menimbulkan tindak pencurian, tindakan lain seperti pelecehan juga kerap terjadi. Hal ini bisa terjadi bukan hanya karena sering lengah saja, tapi juga karena pengawasan keamanan yang tidak optimal. Namun, dengan menggunakan CCTV outdoor pengawasan kekerasan bisa lebih optimal.

Petugas keamanan bus transit akan langsung mengetahui lokasi titik kejahatan terjadi. Oleh sebab itu pemasangan AI camera di titik rawan pada dasarnya harus diperbanyak. Misalnya pintu keluar masuk bus, area bus berhenti untuk menaik turunkan penumpang dan titik lainnya.

4. Mencegah Tindakan Pencurian

Berdesak-desakannya penumpang yang naik turun bus sering membuka peluang terjadinya pelecehan dan pencopetan. Banyaknya kejadian tersebut membuat banyak orang resah. Untuk membantu mengatasi kegelisahan tersebut, sebagai solusi dipasanglah CCTV outdoor.

Dengan terpasangnya CCTV tersebut, bus transit kini lebih aman meskipun kondisinya sedang ramai. Pemasangan apa itu AI camera di beberapa titik strategis lokasi juga membuat pemantauan dapat dilakukan lebih teliti. Tindakan pencurian atau pelecehan sekecil apapun dapat diawasi dengan lebih ketat.

5. Menjadi Bukti Tindakan Kejahatan

Pencurian atau pelecehan yang kerap terjadi di tempat ramai bisa dibuktikan dengan hasil rekaman. Tim keamanan bus transit atau pihak berwajib akan lebih mudah untuk mencari pelaku kejahatan dari adanya bukti rekaman tersebut.

Rekaman dari CCTV outdoor dapat menjadi bukti yang sah dan mempercepat pencarian pelaku. Dengan semakin banyaknya CCTV yang terpasang di tempat publik kini semakin membuat banyak orang untuk tidak mudah terpancing melakukan tindakan kejahatan di tempat umum.

6. Mempermudah Pemantauan Seluruh Area

AI camera kini tidak asing lagi dengan makin banyaknya orang yang menggunakan jenis kamera outdoor ini. Dengan adanya AI camera efektivitas pemantauan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan CCTV manual atau petugas keamanan yang berkeliling area bus transit. Tetap saja akan ada titik rawan lokasi yang terlewati.

Kehadiran CCTV ini akan mempermudah petugas keamanan untuk memantau seluruh area dalam setiap menitnya. Otomatis tingkat efektivitas keamanan akan lebih baik. Apabila terjadi tindak kejahatan, petugas dapat langsung menuju lokasi dengan cepat.

7. Antisipasi Aksi Teror

Perlu diketahui juga bahwa aksi teror pun kerap terjadi di lokasi seperti bus transit, mengingat makin banyak orang yang menggunakan transportasi ini. Akan tetapi, aksi teror ini sekarang bisa diantisipasi dengan adanya pemasangan CCTV outdoor khususnya pada pintu keluar masuk bus.

Kamera CCTV memungkinkan adanya penjagaan keamanan yang maksimal bagi semua orang dari teror. Oleh sebab itu, pemilihan titik strategis harus dilakukan dengan tepat serta kesesuaian pemilihan jenis CCTV yang akan digunakan.

Pemilihan CCTV yang tepat ini memang tidak boleh diabaikan. Apabila pemilihan dilakukan dengan tepat, maka pengawasan pun dapat dilakukan dengan maksimal. Untuk pengawasan area outdoor seperti bus transit, bisa menggunakan produk CCTV AcuSense dari Hikvision.

Produk satu ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah hasil rekamannya lebih akurat karena memiliki beberapa fitur yang canggih. Selain itu, penggunaannya lebih cepat dan efisien sehingga memudahkan bagi pengguna yang masih awal. Kemudahan dalam menggunakan fitur yang ada dalam CCTV pun akan memudahkan bagi pengguna, terlebih sekarang CCTV bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone. Jadi bisa memantau dari jarak jauh.

Produk Hikvision yang memang terbukti keunggulannya akan membantu pengawasan keamanan dengan maksimal. Sehingga bentuk kejahatan apapun dapat diminimalisir. Penumpang yang keluar masuk bus transit pun akan tetap merasa aman dengan adanya CCTV outdoor dari Hikvision. Info lebih lengkap tentang produk ini bisa di baca di sini.

Posting Komentar untuk "Fungsi CCTV Outdoor di Lokasi Bus Transit"