3 Rekomendasi Tempat Wisata Wonogiri Untuk Menikmati Sunset

Kali ini aku mau kasih tau kamu 3 tempat wisata Wonogiri yang asyik untuk menikmati sunset, bisa banget kamu pergi bareng orang terkasih. Rasanya pengin banget ya dapet ketenangan di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini.

Jujur, aku orangnya nggak terlalu suka jalan-jalan. Lebih suka di rumah aja, baca buku atau nonton film. Karena buatku jalan-jalan itu melelahkan. Haha … Ada juga nggak sih yang berpikiran sama kayak aku?

Tapi karena Covid19 sudah terlalu lama menyerang bumi, sampe rasanya jenuh juga berakar di rumah terus setelah sekian lama. Jadinya pengin liburan, yang deket-deket aja dulu. Nggak usah jauh-jauh. Apalagi setelah PPKM dilonggarkan, kini tempat wisata populer sudah buka meski masih dibatasi.

1. Padang Rumput Waduk Tandon

Waduk Tandon
Sumber: Facebook Savana Waduk Tandon Pare Selogiri

Waduk Tandon atau biasa disebut dengan Waduk Krisak, airnya akan surut ketika kemarau tiba. Dan ketika airnya surut akan muncul padang rumput yang hijau. Jadilah baru-baru ini padang rumput ini jadi wisata dadakan penduduk lokal.

Perpaduan antara padang rumput, perbukitan hijau sebagai latarnya, juga matahari terbenam sebagai pelengkapnya. Kayaknya bakal asyik banget kalau nongkrong di sana sore-sore sambil menikmati wedang ronde.

Pertama kali tau juga dari status WhatsApp teman yang berkunjung ke sana. Akhirnya pas telponan sama Mas Bojo, kita berencana bakal ke sana buat refreshing dan mengenalkan Rhe ke tempat terbuka.

Tapi faktanya ketika Mas Bojo pulang, rencana itu gagal total. Karena masih nggak tega ngajak batita ke tempat wisata yang ramai di tengah pandemi yang bukannya mereda tapi malah merajalela.

Karena padang rumputnya cuma terlihat ketika kemarau, semoga dua bulan lagi ketika Mas Bojo pulang lagi, kita bisa sama-sama berkunjung ke sana. Dan semoga pandemi juga lekas berakhir. Biar ngerasa aman juga kalau mau jalan sama bayi.

2. Kolam Renang Soko Langit

Kolam renang soko langit Wonogiri
Sumber: instagram @luviaaisyahara

Wisata ini terletak di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Letaknya di perbukitan dengan ketinggian 1000mdpl, udara yang sejuk dengan latar pemandangan alam Gunung Lawu akan memanjakan mata pengunjung.

Salah satu tempat wisata yang pengin banget aku datengin, tapi pasti Mas Bojo nggak bakal excited. Soalnya dia nggak bisa berenang. Haha. Tapi, selain ada kolam renang, ternyata di sana juga ada area outbond dan flying foxnya juga. Jadi selagi istri dan anaknya berenang, mungkin nanti Mas Bojo bisa main flying foxnya. Hehe

Udah berjali-kali aku ajarin berenang, tapi dia tetep takut, haha. Yaudahlah ya, akhirnya aku menyerah. Tapi, kolam renang ala rooftop dengan pemandangan alam yang kece banget ini patut untuk dikunjungi, terutama buat orang yang belum pernah ke Bali seperti aku. Mirip-mirip Bali nggak sih menurut kamu?

3. Puncak Joglo Wonogiri

Puncak joglo Wonogiri
Sumber: Kompas.com

Mungkin bisa dibilang aku adalah pecinta sunset. Nggak tau kenapa, pas melihat sunset tuh kayak magical banget gitu. Dan lebih bisa mengagumi ciptaan Tuhan melalui sunset. Indah banget.

Nah, salah satu tempat untuk menikmati sunset adalah di Puncak Joglo. Tempatnya nggak terlalu jauh dari Wonogiri kota, cuma sekitar 9,5km. Terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

Selain bisa melihat sunset, pengunjung juga disuguhi pemandangan yang keren banget. Anginnya juga lumayan kenceng, karena memang tempat ini biasa digunakan untuk landasan paralayang.

Kalau ke sini sih aku sudah pernah, tapi dulu ketika masih pacaran sama Mas Bojo, belum ada Rhe. Jadi kayaknya asyik gitu mengenalkan tempat tinggi ini ke Rhe.

Jadi nggak sabar pengin liburan!

21 pemikiran pada “3 Rekomendasi Tempat Wisata Wonogiri Untuk Menikmati Sunset”

  1. Wah kalau aku kebalikannya dari kakak nih, aku anaknya itu sebenernya suka jalan-jalan banget..rasanya nggak ada capeknya sama sekali, klo nggak jalan-jalan rasanya aku malah jadi capek dan nggak bertenaga haha.
    Dan kemudian pandemi memutarbalikkan semuanya buat aku, aku yang sekarang malah kerjaannya banyak di rumah terus aja, berbanding terbalik bgt sama sebelum pandemi.
    Dan mungkin karena aku yang terlalu menjiwai dan menghayatinya ya ato apa..aku sudah mulai terbiasa, merasa fine2 aja jg merasa nyaman dgn apa yg bisa aku lakukan dan jalani sekarang meski dari rumah aja atau mungkin kalau pun jalan-jalan hanya jarak pendek-pendek aja.
    Meski tetap jalan-jalan pun tetap ok, dan di rumah saja juga tidak masaah kini hehe..
    Btw, semua tempat rekomendasinya bagus dan aku suka semuanya sepertinya kak haha..
    Thanks for sharing it ya😊

    Balas
  2. Kak Ning, kamu introvert ya?

    Itu foto kolam renang nya bagus banget, tapi kayanya udah kena banyak editing yaa kak. Haha

    Anyway, aku baru denger tempat wisata di Wonogiri nih.

    Balas
  3. Kayaknya memang sejak pandemi orang yang enggak suka jalan jadi suka jalan deh mba…hahaha. Wonogiri alamnya indah dan lengkap ya.. penasaran deh sama kolam renang soko langit. Namanya aja udah menggambarkan keindahannya.

    Balas
  4. wuaaaa mba ning, itu aku mupeng banget bisa main main piknik ala-ala malah di padang rumput waduk tandon! view nya kece ihhh, sama pengen banget juga main di kolam renangnyaaa! ahhh auto bikin seger deh!

    Balas
  5. Ya ampun di Wonogiri ada tempat-tempat indah begini…mesti mampir nih lain kali
    Itu yang padang rumput kalau air penuh jadi ga ada gitu? wah, unik ya..pantesan ijo bener, karena biasanya ada di dasar waduk berarti.
    Juga kolam renangnya cakep buat pepotoan, maklum yang bisa renang cuma anak-anak di rumah hahah, jadi emak bagian poto-poto aja…Terus cuz lihat sunsetnya

    Balas
  6. Sunsetnya keren tuh.
    Wonogiri aku taunya bakso wonogiri hehe
    Tapi kayaknya di sana udaranya sejuk gak sih ning, kayak di daerah pegunungan gitu. Kok ijo-ijo gitu ya.

    Balas
  7. Kak Ning, bolehlah ajak saya juga ke Padang Rumput Waduk Tandon, Kolom RenangSoko Langit serta Pubcak Joglo Wonogiri untuk ikut menikmati keindahan sunset di wonogiri. Setelah pandemic usai ya kak…

    Balas
  8. Wahhh menarik banget nih rekomendasi tempat wisata di Wonogiri. Kebetulan kampung ibuku di Pacitan. Ngelewatin Wonogiri kalo mau pulkam. Wajib nih kalo nanti aku pulkam aku mampir ke salah satu destinasi di atas

    Balas
  9. Wilayah wonogiri itu termasuk dalam wilayah pegunungan sewu. Sama seperti gunungkidul dan pacitan. Jadi punya banyak perbukitan. Selain itu, pantai di wonogori juga bagus.

    Renang di tempat terbuka emang menyenangkan. Segernya air bakal lebih berasa dengan adanya hembusan angin 😀

    Balas
  10. maen layangan seru nih kayaknya di padang rumput waduk tandon, kolam renangnya juga tempted banget buat di kunjungi, berenang pagi sambil nunggu sunrise sepertinya menyenangkan sekali

    semoga segera bisa liburan beb

    Balas
  11. Waaaah… saya jarang banget loh dengerin ada objek wisata di kota Wonogiri ini. Tapi menarik banget, kalo-kalo suatu saat main ke kota ini. Btw, ada rekomendasi kulinernya ga mba?

    Balas
  12. Dari semua rekomendasinya, gw tertarik sama padang rumput waduk tandon..
    Gw langsung ngebayangin gelar tiker piknik, bantal, trus tiduran di situ sambil baca buku ditemenin kopi..hehe..
    Oia, jadi penasaran juga sih, kenapa waduk itu bisa kering pas musim kemarau..
    Jadi pengen cari tahu 😀

    Btw, nice info!

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: