Parenting

6 Rekomendasi Skincare Bayi yang Memiliki Kulit Sensitif

Hai, assalamualaikum.

Apa kabar teman-teman?

Kali ini aku mau membahas skincare khusus untuk bayi. Nggak cuma ibunya, ternyata bayi juga perlu skincare lho, Moms! Apalagi anakku kulitnya sensitif, jadi memang perlu perawatan ekstra. Pemilihan produk pun juga harus hati-hati agar tidak bikin iritasi kulit.

Sebenarnya kulit sensitifnya ini adalah faktor keturunan dari ayahnya. Jadi Rhe itu kalau digigit nyamuk aja nih, sembuhnya bisa sampai seminggu. Kalau kulit normal seperti kulitku, digigit nyamuk ya paling gatel, bentol, terus udah. Hilang tanpa bekas. Tapi kalau Rhe, digigit nyamuk, bentol kecil, bentol besar, bengkak beberapa hari, keras, dipegang panas, hingga bekasnya meninggalkan bekas kehitaman di kulit.

Jadinya, sekarang ini di kaki Rhe banyak banget bekas kehitamannya. Sejak bayi sebelum dia bisa garuk, sudah menimbulkan bekas seperti itu setiap digigit nyamuk. Apalagi sekarang ketika anaknya sudah bisa garuk-garuk. Aduh! Makin pusing emaknya.

Dan anehnya lagi, ketika kulitnya digaruk akan muncul banyak beruntusan di area yang dia garuk itu. Padahal sebelum digaruk, area itu nggak ada beruntusannya sama sekali. Aneh nggak sih?

Setelah aku konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Ternyata Rhe ini memang memiliki kulit sensitif. Jadi kulitnya itu gampang iritasi, suka memberikan reaksi berlebihan terhadap rangsangan, seperti contoh digaruk tadi kok malah timbul bentol kecil-kecil di area yang digaruk. Juga sering sekali biang keringat saat udara panas. Dan tanpa sebab tiba-tiba muncul beruntusan. Pokoknya masalah kulit Rhe itu nggak ada habisnya. Jadi emaknya harus siapin produk untuk membantu Rhe mengatasi itu, syukur-syukur bisa mencegah gatal dan masalah kulit lainnya terjadi. Karena kalau udah gatal, ya ampun. Anaknya itu heboh banget kalau garuk-garuk. Sampai berdarah. Hem. Jangan sampai deh, bikin masalah baru lagi, misal infeksi gitu. Amit-amit. Karenanya, emaknya ikhtiar dengan beberapa produk yang alhamdulillah sangat membantu sekali.

Pertimbangan utama saat mencari produk untuk kulit Rhe adalah aman untuk kulit sensitif. Kedua, harganya sebisa mungkin jangan yang mahal. Prinsip emaknya, kalau ada yang murah dan bagus kenapa harus yang mahal? Haha… Mon maap, emaknya memang perhitungan banget. Mending uang lebihnya diinvestasikan untuk dana pendidikan Rhe nanti.

Oke, langsung aja ya. Ini adalah produk perawatan kulit yang Rhe pakai.

Artikel Terkait:  Perjuangan Melahirkan Normal, Nggak Semenakutkan Kata Orang

1. Lotion Antinyamuk: Cusson Baby Moscare Natural Skin Protection Lotion

Cusson Baby Moscare Natural Skin Protection Lotion

Jujur, aku agak nyesel juga sih baru tahu produk ini sekarang. Karena sejak Rhe rutin aku pakaiin setiap hari, alhamdulillah kaki dan tangannya udah nggak pernah digigit nyamuk lagi. Sekarang nyamuknya malah kalau gigit di wajah. Jadinya di wajah Rhe juga aku olesin tipis-tipis.

Cara pemakaian Cusson Baby Moscare ini gampang banget. Tinggal aku olesin secukupnya aja setiap Rhe habis mandi. Dan kalau siang, biasanya kalau sudah 8 jam pemakaian aku reapply. Tapi kalau malam cukup dioles pas habis mandi sore aja, bertahan sampai pagi. Karena memang Rhe tidurnya pakai kelambu jadi nggak perlu reapply lagi.

Wanginya juga enak banget, wangi alami sereh tanpa parfum tambahan. Aku adalah orang yang suka wangi sereh dan nyamuk benci sereh. Pas banget!

Cusson Baby Moscare ini juga lotion antinyamuk untuk bayi pertama yang Rhe pakai. Mengingat kulit Rhe yang sensitif, dan langsung cocok. Nggak menimbulkan ruam, gatal, atau iritasi lainnya. Jadi kayaknya aku nggak akan ganti atau nyoba merek lain. Lagian produk ini juga cukup ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk. Sekarang tinggal nyari produk lagi untuk memudarkan bekas hitam-hitam di kaki Rhe. Karena dia cewek, aku suka kasihan lihat kakinya yang penuh bekas gigitan nyamuk yang kehitaman.

Harga Cussons Baby Moscare ini juga sangat terjangkau ya, sekitar 20 ribuan sudah dapat yang 100ml.

2. Krim Ruam Popok: Cusson Baby Protect Care Diaper Rash Cream

Cusson Baby Protect Care Diaper Rash Cream

Jadi dulu, waktu masih pakai popok sekali pakai, Rhe suka ruam popok di pantatnya. Dan Cusson Baby Protect Care Diaper Rash Cream ini jadi salah satu andalanku. Semisal Rhe ruam popok, pemakaian pospak akan aku hentikan sementara. Lalu, sehabis mandi pagi dan sore aku olesi pantatnya tipis-tipis pakai Cusson Baby Diaper Rash Cream, pasti besoknya udah mulus lagi pantatnya.

Rhe nggak pakai popok lagi di usia 18 bulan, jadi udah nggak pernah mengalami ruam popok lagi. Walau begitu ketika dia gatal-gatal, yang kayak tiba-tiba kakinya beruntusan atau biang keringat, diaper rash cream ini cukup membantu untuk meredakan gatalnya. Jadi walaupun Rhe udah nggak pakai popok lagi, produk ini tetep selalu aku sediakan buat Rhe.

Artikel Terkait:  Membaca Menyenangkan Sejak Usia Dini, Let's Read!

Harga Cussons Baby Diaper Rash Cream ini juga terjangkau banget ya, Moms. Di bawah 20 ribuan dengan isi 50g.

3. Krim Pereda Gatal: Pure Baby Itchy Cream

Pure Baby Itchy Cream

Lagi-lagi soal gatal. Memang nggak ada habisnya ya, masalah kulit sensitif si bayi. Krim ini aku pakai ketika Rhe digigit nyamuk atau serangga. Bisa juga untuk biang keringat, tapi semenjak tinggal di kampung yang berudara sejuk, Rhe hampir nggak pernah lagi biang keringat.

Dan yang aku suka, Pure Kids Itchy Cream ini tidak mengandung champor, jadi aman digunakan untuk kulit sensitif seperti Rhe. Btw Champor itu apa?

Mengutip dari honestdoct.id, Kamper atau Champor adalah senyawa yang terbuat dari sulingan kulit kayu dan kayu pohon Cinnanonum Champora. Biasa digunakan pada salep untuk meredakan gatal dan nyeri pada kulit. Meski tergolong aman, beberapa orang mengalami efek samping champora berupa kulit kemerahan atau iritasi ringan.

Memang sih, patokanku ketika nyari produk apapun yang dioleskan ke kulit Rhe adalah produk yang aman untuk kulit sensitif.

Harga Pure Baby Itchy Cream sekitar 30ribuan dengan isi 15g.

4. Minyak Telon

Minyak Telon Konicare

Kayaknya hampir semua bayi memakai minyak telon ya. Menurutku ini memang penting banget untuk menghangatkan tubuh bayi. Terutama sehabis mandi, walaupun mandinya pakai air hangat. Tapi ketika badan terkena udara akan terasa dingin. Aku suka oles minyak telon di area dada, perut, punggung, telapak tangan, dan telapak kaki. Apalagi di telapak tangan dan kaki itu suka dingin banget kalau habis mandi, jadi suka aku kasih agak banyak.

Dulu ketika Rhe lahir banyak yang kasih kado minyak telon, dan aku pakaikan semua ke Rhe. Alhamdulilah, dari beberapa merek yang Rhe coba, semua bisa diterima dengan baik di kulitnya. Rhe pernah pakai minyak telon My Baby, Tresno Joyo, Zwitsal, Telon Lang, dan sekarang yang Rhe pakai Minyak Telon Konicare.

Dari semua merek minyak telon itu, menurutku minyak telon yang paling wangi itu Tresno Joyo. Wanginya harum banget. Khas bayi banget pokoknya. Dan wanginya yang paling soft adalah Zwitsal. Kalau My Baby menurutku lumayan panas ya. Pernah suatu ketika Rhe sakit, dan kakinya itu berasa dingin banget. Jadi aku rajin-rajin olesin minyak telon My Baby di kakinya, tapi tanganku rasanya jadi ikutan kayak panas gitu lho. Aku nggak tau sih, ini efek pemakaian berulang atau My Baby memang termasuk minyak telon yang panas.

Artikel Terkait:  Pengalaman Mengatasi Infeksi Jamur Mulut (Oral Trush) Pada Bayi 1 Tahun

Harga Konicare Minyak Telon Plus yaitu 50ribuan dengan isi 125ML.

5. Baby Oil

Cussons Baby Oil

Kegunaan Baby Oil untuk bayi ini banyak banget ya. Bisa untuk melembabkan kulit yang kering, meredakan beruntusan, pijat, juga untuk membersihkan kotoran seperti di daun telinga, pusar, atau di lipatan kulit.

Setiap seminggu dua kali, aku memang rutin massage badan Rhe sendiri menggunakan baby oil setelah Rhe mandi. Sebenarnya, dulu waktu Rhe masih bayi banget, dia nggak bisa pakai baby oil. Ketika kulitnya dipijat dengan baby oil, pasti area lipatan-lipatan kulitnya akan iritasi. Memerah dan beruntusan seperti biang keringat. Jadi ketika waktunya pijat, Rhe selalu aku pijat pakai baby lotion.

Tapi setelah usianya menginjak satu tahun, aku beraniin lagi tuh nyoba pakai baby oil. Karena memang lagi-lagi dapat kado dulu, daripada numpuk doang kan. Haha … Memang aku ini emak yang nggak mau rugi. Eh, alhamdulillah sekarang kulit Rhe bisa menerima baby oil tanpa masalah.

6. Baby Cream

Johnson’s Baby Cream

Baby cream ini aku pakaikan di wajah Rhe. Karena memang kadang wajahnya suka kering. Terutama di area yang dekat alis. Dibanding merek lain, aku paling suka Johnson Baby Cream. Karena dia teksturnya nggak berat, agak cair mirip lotion tapi manfaatnya setara baby cream.

Rhe memang pernah didiagnosa dermatitis atopik oleh dokter spesialis kulit. Jadi, dulu area pipinya itu super kering sampai kulitnya tuh mengkilat hampir pecah gitu. Tapi setelah rutin aku olesin baby cream, Rhe terbebas dari kulit kering.

Harga Johnson’s Baby Cream berkisar 20ribuan.

Ternyata memang memiliki bayi dengan kulit sensitif itu nggak gampang ya, Moms! Tapi juga nggak sulit juga. Yang penting kita cari tau penyebab masalah kulit yang menimpa si kecil agar kita bisa mengatasinya dengan tepat.

Terimakasih, buat Moms yang sudah baca tulisan ini hingga akhir.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Salam sayang,

Ning!