[Book Review] Tentang Kamu Karya Tere Liye

Assalamualaikum.

Akhirnya di tahun 2021 ini, untuk pertama kalinya aku membaca buku fisik. Setelah punya bayi, di tahun 2019 – 2020 aku selalu baca ebook. Dikarenakan anakku yang masih bayi, jadi ngeri aja gitu, kalau bukunya direbut terus disobek. Waduh, bisa nangis bombay emaknya. Haha

Nah, karena sekarang usia Rhe sudah 21 bulan. Dia sudah paham kalau dikasih tahu. Nurut kalau dibilangin. Jadi aku memberanikan diri untuk membaca buku fisik. Dan kesempatan kali ini, aku baca novel Tentang Kamu yang ditulis oleh Tere Liye. Sebenarnya aku sudah lama banget punya novel ini. Sekitar penghujung tahun 2018, beli dengan harga 12 ribu di Gramedia waktu harbolnas. Hihi… Lumayan banget ‘kan!

Jujur, sebenarnya aku bukan penggemar Tere Liye. Aku pernah sih dulu suka banget dengan serial Bumi. Novel fantasi yang Tere Liye tulis. Aku terpesona, tapi berhenti baca di buku ke-4. Aku kurang suka dengan gaya bahasanya yang terlalu bertele-tele. Padahal kalau dari segi cerita dan alur, novelnya beneran keren banget! Ini juga salah satu alasan, novel Tentang Kamu nggak kunjung aku baca.

Tapi ternyata, novel ini melebihi ekspektasiku. Keren parah! Pokoknya bagus banget! Dan kamu yang suka cerita detektif harus baca. Detektif? Bukan cerita romantis ya? Haha … Jangan ketipu judul novelnya kayak aku ya. Ada sih romancenya, tapi bukan itu inti dan sebagian besar ceritanya. Kisah cinta terkesan hanya sebagai bumbu pelengkap aja, yang bikin ceritanya makin oke. Baiklah, kita masuk ke sinopsis dulu aja ya.

Sinopsis Novel Tentang Kamu Tere Liye

Di Belgrave Squre, London. Terdapat sebuah Firma Hukum yang bernama Thompson & Co. Firma tersebut didirikan oleh Thomson Senior, seorang pahlawan perang di Angkatan Laut kerajaan Inggris pada Perang Dunia I. Mayor Thompson memperoleh medali tertinggi dari Ratu Inggris langsung. Setelah Perang Dunia I, dia kembali ke London, pensiun dari AL, dan melanjutkan karirnya sebagai pengacara.

Akibat Perang Dunia I, banyak ahli waris yang hilang. Karena meninggal atau hilang tanpa berita selama perang. Dan Thompson Senior adalah orang pertama yang menyadari situasi berbahaya dari banyaknya harta warisan yang tidak dapat diwariskan. Orang-orang memperebutkannya, memicu pertikaian, bahkan dalam kasus serius, peperangan skala kecil. Belum lagi properti yang terbengkalai, kekayaan yang tidak bergerak, bisnis yang mengalami kemunduran, yang dapat mempengaruhi perekonomian Inggris.

Jadi Thompson & Co adalah firma hukum spesialis elder law. Perlindungan hukum bagi orang-orang tua beserta hartanya. Dan Zaman Zulkarnaen adalah seorang associate di firma hukum tersebut.

Setelah satu tahun magang dan satu tahun menjadi associate, Zaman diberikan tugas yang sangat menantang, yaitu penelusuran ahli waris seorang wanita tua yang telah meninggal bernama Sri Ningsih.

Sri Ningsih meninggalkan harta warisan senilai 19 triliun rupiah tanpa ahli waris. Jika Zaman tidak segera menemukan ahli waris yang berhak maka semua hartanya akan disita oleh Kerajaan Inggris. Hanya berbekal selembar surat yang dikirimkan seseorang ke Thompson & Co. Selain itu tidak ada informasi lagi mengenai Sri Ningsih. Kasus ini cukup rumit dan penuh misteri. Karena itu Zaman di iming-imingi posisi pengacara senior apabila mampu menyelesaikan kasus ini.

Sri Ningsih meninggal di sebuah panti jompo pada usia 70 tahun. Wanita ini sangat misterius, memiliki kekayaan yang begitu banyak, tapi memilih menghabiskan hari tuanya dengan hidup sederhana di sebuah panti jompo.

Pencarian Zaman pertama kali dari panti jompo tempat Sri Ningsih tinggal yaitu di Paris, Prancis. Lalu menelusuri jejaknya hingga ke Indonesia.

Teka-Teki Kehidupan Sri Ningsih

Hasil penelusuran di Perancis, Zaman menemukan buku harian Sri Ningsih. Dalam buku harian tersebut tertulis kehidupan Sri Ningsih dalam beberapa bagian. Dalam setiap bagian penulisannya, Sri Ningsih tidak menggunakan bahasa yang gamblang. Ia memakai bahasa yang tersirat dan penuh teka-teki. Seperti contoh bagian pertama isi buku tersebut:

Juz Pertama. Tentang Kesabaran. 1946-1960Terima kasih banyak atas pelajaran tentang kesabaran. Bapak, aku akhirnya memahaminya. Apakah sabar memiliki batasan? Aku tahu jawabannya sekarang. Ketika kebencian, dendam kesumat sebesar apa pun akan luruh oleh rasa sabar. Gunung-gunung akan rata, lautan akan kering, tidak akan ada yang mampu mengalahkan rasa sabar. Selemah apa pun fisik seseorang, semiskin apa pun dia, sekali hatinya punya rasa sabar, dunia tidak bisa menyakitinya. Tidak bisa. Terima kasih banyak untuk tempat yang telah mengajarkan pelajaran ini.

Pada episode awal kehidupannya, Sri Ningsih menggambarkan tempat tinggalnya dengan kalimat:

Di sini, di tempat di mana rumah-rumah saling bersinggungan atap, tiada tanah, rumput, apalagi pepohonan yang terlihat oleh elang yang terbang tinggi. Di sini di mana rumah-rumah yang tumbuh dari atas permukaan laut, perahu tertambat di tiang-tiang, dan kambing-kambing mengunyah kertas. Terima kasih.

Zaman pusing dibuatnya. Indonesia sangat luas, pulaunya pun ribuan. Di mana tempat di Indonesia yang memiliki ciri-ciri tersebut?

Pokoknya dari awal buku sampai akhir, pembaca jadi ikut mikir tentang teka-teki yang tersebar dalam setiap bagian isi buku. Rasa penasaran membuatku ingin segera menuntaskan dengan terus membaca dan menggali hingga halaman terakhir.

Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Mengambil Setting Tahun 1940 – 2016

Novel ini bersetting waktu antara 1940an hingga 2016. Dalam rentang waktu tersebut banyak sekali kejadian luar biasa dunia, atau sejarah dan peristiwa penting yang dimasukkan ke dalam novel. Jadi ini bergizi banget, pembaca bisa sekalian belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan.

Sebagai contoh sejarah yang dimasukkan ke dalam novel adalah Perang Dunia I, yang melatarbelakangi terbentuknya firma hukum Thompson & Co. Lalu pada tahun 1965, saat Partai Komunis Indonesia (PKI) menyerang, menjadi latarbelakang dalam penghianatan dan kejadian yang cukup penting dalam cerita. Diceritakan juga sejarah Jakarta sebelum ramai seperti sekarang, berbagai makanan tradisionalnya, budayanya, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa kota yang Sri Ningsih tinggali, hingga ia memutuskan pergi ke Benua Eropa. Dalam pencarian tersebut banyak sekali kisah yang sangat menguras emosi. Sungguh kehidupan seorang Sri Ningsih memang bukanlah kehidupan yang mudah. Penuh tantangan, kesabaran, perjuangan, keuletan, hingga keberanian.Jadi, novel Tentang Kamu karya Tere Liye ini bukan kisah cinta? Bukan cerita romance? Bukan kisah menye-menye?

BUKAN!

Sebaliknya, novel Tentang Kamu karya Tere Liye ini penuh akan pelajaran kehidupan. Ini adalah novel tentang hidup. Bagaimana seorang Sri Ningsih menghadapi kerasnya kehidupan. Bagaimana ia mampu memiliki kekayaan setara dengan 19 triliun rupiah. Bukan kebetulan apalagi keberuntungan. Tapi karena kerja keras tanpa lelahnya yang akhirnya memiliki kekayaan sebanyak itu.

Kekurangan dan Kelebihan Novel Tere Liye, Tentang Kamu

Kelebihannya banyak sekali, alurnya matang, risetnya gokil, endingnya klimaks!

Plotnya juga bagiku keren banget. Penulis benar-benar niat membuat outline, menyusun setiap bagiannya. Mengeksekusi dengan plot twist yang sempurna, yang bikin pembaca tercengang, nggak tertebak, nggak nyangka, dan penasaran di saat yang bersamaan.

Dalam setiap akhir BAB-nya. Tere Liye juga selalu membuat teka-teki, sebuah kalimat yang menimbulkan pertanyaan di pikiran pembaca, hingga ingin terus membaca hingga akhir. Nah, ini juga jadi salah satu candu buatku. Nggak bisa berhenti baca sebelum sampai di halaman terakhir.

Alhamdulilah banget, Rhe pengertian sama ibunya. Dia nggak pernah merebut, ataupun berniat untuk menyobek novelku. Nggak sia-sia aku mengenalkan buku ke Rhe sejak kecil. Dia jadi menghargai buku seperti ibunya. Hihi … Terimakasih sudah cooperative ya dek. Ibu jadi bisa ngebut baca novel ini. I love you!

Kalau untuk kekurangannya sih, aku kurang suka ketika pesawat jet pribadi milik firma hukum Thompson & Co itu beberapa kali disebut ulang. Itu aja.

Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye

Sampul depannya juga aku suka. Walaupun judulnya terkesan romantis. Tapi sampulnya enggak, bergambar sepasang sepatu usang. Buatku itu cukup untuk merepresentasikan sosok Sri Ningsih. Sosok yang sederhana, pekerja keras, dan pantang menyerah.Rating yang aku berikan untuk buku ini yaitu:

  • Gaya bahasa: 4/5
  • Alur cerita: 4,5/5
  • Desain sampul: 4/5

Jadi, aku sangat merekomendasikan buku ini buat kamu baca. Walaupun kamu bukan penggemar Tere Liye, buku ini worth to read banget kok!

Baiklah, sekian dulu ya untuk ulasan kali ini. Terima kasih sudah membaca hingga akhir. Semoga tulisanku ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk membaca.

Happy reading!

24 pemikiran pada “[Book Review] Tentang Kamu Karya Tere Liye”

  1. waaah suka banget sama buku-bukunya tereliye šŸ™‚ aku udh baca yg ini, daaan keren banet sama jalan ceritanya sih šŸ™‚ penggambaran tokoh dan suasananya selalu detail dan bisa dibayangkan nyata šŸ™‚

    Balas
  2. Masya Allah ya ceritanya TEreliye, aku udh baca yg ini daaaan keren bgt sihh šŸ™‚ jadi ngebayangin kehidupan di panti yang penuh kasih sayang ya kalau di luar negeri šŸ™‚

    Balas
  3. Lebih banyak kelebihan dari novel ini ya. Terima kasih atas ulasannya. Sepertinya bakal masuk booklist aku nih karena ada pesan moral tentang kesabaran dan ‘tentang kamu’ yang dipetik setelah baca buku ini*

    Balas
  4. Wah kalo karya Tere Liye mah gak perlu diragukan lagi mba, pastinya sudah diikuti dengan riset mendalam sehingga ceritanya pun berbobot yaaa, jadi pembacanya pun gain knowledge dari novelnya

    Balas
  5. Baru sekali baca novelnya tere liye, aku termasuk ga suka novelnya karena terlalu bertele tele sih ceritanya. Tapi sinopsis yg diceritakan mbak menarik juga makasih udah bikin reviewnya mbak.

    Balas
  6. Kalau aku dari dulu pengemar dan penikmatnya karya TEre Liye, belum pernah nemu yg mengecewakan berat. Plot twist sama riset dalemnya mmg selalu dapet ya. kebetulan aku blm baca yg judul ini mbak, kmrn aku review yang “selamat tinggal” sekarang lagi baca “pulang pergi” karangan beliau. mampir mbak ke blogku buat baca reviewnya hehe

    Balas
  7. Pengarang satu itu emang luar biasa ya dalam meluncurkan karyanya. Saya blm baca sama sekali. Senang pastinya udah mendapatkan jalan cerita secara langsung dari yang bersangkutan

    Balas
  8. menyukai kumpulan puisi karya Tere Liye, sampe-sampe penggalannya kuselipkan dalam caption di instagram. Haha, syair dari Tere Liye, sangat relate dalam kehidupan percintaan aku ..Eaaaa

    Balas
  9. Saya belum pernah baca novel karya Tere Liye, mbak. Tapi memang bagus banget sih novel-novel karya Tere Liye ini karena isi ceritanya banyak mengandung pesan moral dan hikmah yang bisa kita pelajari di kehidupan sehari-hari

    Balas
  10. saya pernah baca novelnya Tere Liye mbak, tapi entah mengapa kosa kata yang dipilih kok terasa berat buatku. padahal ceritanya bagus lho…aku baca yang Aku, kau dan sepucuk angpao merah

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: