Jangan Buru-buru, Lakukan Ini Dulu Sebelum Membeli Laptop Baru

Sudah 2 tahun lamanya kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Banyak sekali perubahan yang terjadi akibat pandemi yang menyerang dunia.

Gerak manusia dibatasi, pemerintah memberlakukan aturan ketat agar seluruh warganya sebisa mungkin melakukan aktivitas dari rumah saja. Bahkan kampanye ini juga sempat bergaung di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan bahkan kanal berbagi video YouTube.

Kampanye di rumah saja atau Stay at Home, membuat sebagian besar orang berusaha dan terpaksa melakukan segala aktivitasnya dari rumah. Karena hal ini banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi, terutama dalam bidang teknologi.

Semua sektor industri berlomba-lomba mengembangkan sistem agar semua transaksi bisa dilakukan secara online. Anak sekolah juga melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), yang mengharuskan setiap anak memiliki gadget yang mampu menunjang aktivitas belajarnya.

pengguna internet di Indonesia

Dari data yang Hootsuite sajikan di atas, pengguna internet di Indonesia per januari 2021 mengalami peningkatan sebanyak 27,2 juta, dan pengguna media sosial meningkat menjadi 170 juta. Sedangkan rata-rata setiap hari waktu penggunaan internet pun bertambah satu jam lebih lama yaitu menjadi 8 jam 25 menit. Wah, itu bukan angka yang sedikit ya. Jutaan orang saling berinteraksi di dunia maya.

Banyak orang yang merasa tertekan karena selalu di rumah dan jarang bersosialisasi. Karenanya hal ini memicu meningkatnya pengguna internet khususnya media sosial, sebagai wadah untuk berbagi dan berinteraksi tanpa batas ruang. Sehingga menciptakan peluang baru bagi sebagian orang.

Dan aku adalah salah satu orang yang memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari cuan dengan menjadi blogger. Bisa dibilang aku adalah blogger hasil pandemi. Berawal dari suami dirumahkan sementara tanpa gaji, aku juga sudah resign dari kantor semenjak punya anak, sedangkan kami sama sekali nggak punya dana darurat, jadinya kalang-kabut gadai barang untuk bertahan hidup.

Sebenarnya saat itu yang paling kami pikirkan adalah Rhe yang baru berusia 1 tahun. Jadi ketika aku lolos Prakerja Gelombang 3, jatah uang pelatihannya aku habiskan untuk membeli kelas-kelas yang berhubungan dengan kepenulisan dan blogging.

Hingga kini sudah satu tahun lebih aku menggeluti dunia Blogger, masih terus belajar dengan mengikuti beberapa komunitas dan ikut webinar yang sering wara-wiri di instagram.

Sebenarnya, sebelum TLD tujuan utama menulis di blog adalah untuk self healing. Jadi kebanyakan curhatnya ketimbang artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Tapi ketika keadaan semakin memburuk, aku memutuskan untuk menciptakan blog yang bisa dimonetasi.

Tentu hasilnya nggak instan, perjuangan untuk sampai di titik ini juga nggak mudah. Ada banyak waktu istirahat yang harus dikorbankan. Sebisa mungkin memupuk kesabaran ekstra karena aku menulis dengan laptop jadul yang super lemot. Untuk edit gambar atau infografis aku membuatnya dengan ponsel, karena laptop jadulku nggak mampu untuk mendesain infografis bahkan dengan bantuan Canva.

Jobdesc Blogger

Jadi ketika blog mulai rutin menghasilkan cuan, aku mempertimbangkan untuk upgrade laptop. Agar lebih efisien, cepat, dan yang paling penting agar nggak stress berkutat dengan laptop yang lemot. Mengingat waktu menulisku sangat terbatas dengan mengutamakan tugas domestik ibu rumah tangga terlebih dahulu.

Jadi aku memutuskan untuk melakukan pencarian laptop yang rasanya seperti mencari soulmate. Nggak gampang ternyata, hingga butuh waktu lebih lama dari yang aku perkirakan.

Lakukan Ini Dulu Sebelum Membeli Laptop Baru

Dari pengalamanku saat mencari kesana-kemari laptop yang oke, sesuai kebutuhan, dan dengan harga terjangkau tapi berkualitas. Aku memiliki beberapa tips untuk kalian, yuk langsung saja simak tips berikut.

lakukan ini dulu sebelum membeli laptop baru

Pahami apa yang kamu butuhkan dan tentukan budget

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebutuhan dan budget. Keinginan manusia itu memang nggak ada habisnya, ingin yang bagus, yang mewah, dan yang super cepat. Tapi terkadang realita memang nggak seindah ekspektasi.

Apa daya jika hanya memiliki budget minim tapi pengin laptop yang paling enggak sesuai dengan kebutuhan seperti aku?

Begitu pula sebaliknya buat apa jika laptop hanya digunakan untuk menunjang kegiatan sekolah daring, bekerja kantoran, atau seperti aku yang berprofesi sebagai blogger. Akan cukup dengan laptop harga 7 jutaan misalnya, untuk apa harus membeli yang harga 15 juta?

Jadi kamu harus betul-betul paham tentang kebutuhanmu. Sebaiknya kamu membuat catatan, akan kamu gunakan untuk apa laptop tersebut. Karena kebutuhan mengetik, desain, hingga untuk gaming tentunya berbeda juga spesifikasi yang diperlukan.

Kenali merk dan pahami spesifikasi

Setelah menentukan fungsi dari laptop yang akan kamu beli, selanjutnya kamu harus memahami spesifikasi terlebih dahulu. Sehingga akan muncul hasil spek laptop yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Maka pencarian akan lebih fokus dan nggak lapar mata, atau yang lebih fatal salah spesifikasi dan berakhir dengan penyesalan karena laptop yang kamu beli nggak sesuai dengan yang kamu harapkan. Jangan sampai ya.

Kemudian kenali merek laptop yang beredar di pasaran. Karena meningkatnya permintaan laptop dengan harga murah, banyak bermunculan merek laptop baru. Sebut saja Xiomi, Infinix, dan beberapa brand lain yang lebih kita kenal akan produk ponselnya juga turut meramaikan pasar personal computer dengan tawaran spek yang tinggi dan harga lebih terjangkau.

Kenali juga brand laptop yang sudah umum kita kenal seperti ASUS, HP, DELL, ACER, dan lainnya.

Jujur saja, aku awalnya pengin beli Xiomi Redmibook 15 karena tergiur dengan spesifikasi yang ditawarkan. Tapi dengan berbagai pertimbangan berikutnya, akhirnya nggak jadi beli. Hehe

Bandingkan beberapa tipe dan merek incaran

Setelah mengetahui spesifikasi yang kamu inginkan, sekarang saatnya kamu membandingkan spesifikasi yang mirip dengan merek lain. Biasanya setiap brand memberikan keunggulan masing-masing. Entah itu dari segi kualitas audio, tampilan grafis, desain, hingga bobotnya.

Sebagai contoh, untuk Xiomi Redmibook 15 memiliki spek memori yang lebih unggul yaitu 8GB. Sedangkan ACER Aspire 5 Slim hanya 4GB. Tapi Xiomi memiliki kekurangan yaitu layarnya yang masih menggunakan panel TN sehingga nggak terlalu bersahabat untuk mataku yang sensitif dan mudah Lelah.

Jadi aku memilih ACER walau belum Full HD tapi layarnya nggak gampang memantulkan cahaya jadi lebih nyaman di mata. Selain itu penggunaan laptopnya juga nggak terlalu berat, meskipun dengan RAM 4GB aku rasa sudah cukup.

Cari tahu service center terdekat dan berapa lama masa garansinya

Keberadaan Service Center yang bisa dijangkau adalah hal yang krusial. Karena kita nggak tahu apa yang akan terjadi dengan perangkat kita. Apalagi jika kamu tinggal di desa seperti aku.

Perhatikan juga berapa lama masa garansinya untuk memudahkan kamu claim jika terjadi masalah.

ACER Aspire 5 Slim

Berkat konten gadget yang berkualitas di carisinyal.com, sangat mempermudah perjalananku menemukan soulmate yang menunjang kegiatanku sebagai blogger.

Akhirnya pilihanku jatuh kepada Aspire 5 Slim A514 i3 sesuai dengan rekomendasi dari website Carisinyal. Selain spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhanku, desainnya yang tipis dan ringan menjadi kelebihan yang aku suka.

Spek ACER Aspire 5 Slim

Tentang Carisinyal.com

Pasti kamu penasaran ya, bagaimana kok Carisinyal bisa membantuku menemukan laptop yang pas dan sesuai dengan kebutuhanku?

Jadi Carisinyal adalah media online yang diluncurkan di Bandung pada September 2013, fokusnya membahas tentang beragam teknologi. Seperti tentang smartphone, laptop, game, aplikasi, tips & trik seputar teknologi, dan berbagai macam info tentang teknologi lainnya yang kini tergabung dalam Bacaterus Digital Media.

carisinyal

Banyak sekali info terupdate mengenai gadget dan teknologi lainnya yang akan membantu menemukan gadget dambaan kamu. Dengan bahasa yang simpel dan nggak bertele-tele juga informatif, akan memudahkan kamu ketika memang sedang membutuhkan informasi atau hanya sekadar ingin update info gadget terbaru.

Dan yang paling aku suka, ketika memberikan rekomendasi gadget Carisinyal akan memberikan link dimana perangkat tersebut bisa dibeli. Dengan sekali klik kita akan tahu update harganya melalui link marketplace yang dicantumkan.

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan kalau mau beli laptop baru?

Salam,
Ning!

Sumber referensi tulisan:

  • https://carisinyal.com/
  • https://carisinyal.com/category/tips-tricks/
  • https://carisinyal.com/tag/review/
  • https://carisinyal.com/category/laptop/
  • https://carisinyal.com/laptop-7-jutaan-terbaik/
  • https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

27 pemikiran pada “Jangan Buru-buru, Lakukan Ini Dulu Sebelum Membeli Laptop Baru”

  1. Memang benar sekali saat mau membeli laptop baru tentu harus ada banyak pertimbangan. Riset dibutuhkan sih agar bisa cek mana yang sesuai kebutuhan dan budget ya. Saya biasanya pun banyak pertimbangan saat mau beli laptop ager tidak kecewa kemudian.

    Balas
  2. Pas banget aku memang lagi berencana beli laptop baru dalam waktu dekat ini. Betul sekali kak kalo laptop itu sahabat sejatinya seorang blogger. Yang namanya memilih soulmate, pasti harus ekstra hati-hati yaaa. Jangan sampai menyesal hanya karena fitur tidak mendukung kinerja kita sebagai blogger.

    Balas
  3. Wah sama kak aku kalau beli laptop pertama yg kucari service centernya banyak apa engga layanannya ..soalnya repot juga kalau service centrer nya sedikit dan jauh2 tempatnya ..carisinyal ternyata ada ya rekomendasi laptop keren baru tau saya

    Balas
  4. Kayaknya bakal masuk rekomendasiku tuh Acer slim 😀
    Aku lagi overwhelmed memilih laptop baru :”) oke fixed abis ini ke carisinyal, nyari rekomendasi laptop yang sesuai kebutuhanku.

    Balas
  5. Jadi inget dulu ada berita, ASN yang kerjanya kebanyakan pakai office, excel, eh dikasih fasilitas laptop sekelas untuk animator atau gamer. Sayang, kecanggihan laptopnya nggak sebanding sama kebutuhan pemakaian. Apa nggak survey dulu kali ya misal cari tahu di Cari Sinyal.

    Balas
  6. iya ya klo mau beli gadget tuh harus ngoprek dulu biar ga salah beli dan over budget, kan harga gadget mayan ya bunnnn, untung ada carisinyal ya buat ngebandingin fitur sama harga budget nya nih

    Balas
  7. jadi ingat awal tahun kemarin sudah niat banget beli laptop baru tapi akhirnya nggak jadi dan memutuskan membeli layar aja buat laptop yang ada di rumah. memang sih kalau beli gadget itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada

    Balas
  8. Nah akupun kalo mau beli gadget ntah itu laptop atau hp , pasti baca banyak review dan video di YT mba. Untuk melihat kekurangan dan kelebihan dari gadget incaranku.

    Aku TD buka duku website carisinyal ini. Ternyata kompliiiiit Yaa. Seneng deh. Jadi ntr kalo mau beli2 gadget lagi, aku pasti cek dari sini juga utk komparasi Ama merk2 yg aku suka :).

    Balas
  9. Saya dulu pengguna laptop Asus, hampir 10 tahun, laptop Asus yang spek-nya gak terlalu tinggi ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan saya.
    Nah, sekarang semakin mantap menggunakan macbook karena lebih simple dan praktis.
    Sebelum memutuskan pindah ke apple, saya juga research dulu tentang laptop di cari sinyal, infonya lengkap, lumayanlah bisa dijadikan salah satu bahan pertimbangan

    Balas
  10. Bener kak Ning, daku lagi bandingkan beberapa laptop yang bisa disesuaikan dengan bujet dan apa yang dibutuhkan. Biar pas nanti beli lebih puas

    Balas
  11. Sebelum pakai mac, laptopku selalu Acer!! Pernah coba merk lain dan nggak awet!! Acer the best sih! Terakhir pakai yang Aspire juga dan dari zaman kuliah, skripsi, sampai kerja.. sekarang masih ada nih di rumah 🙂

    Balas
  12. Sepakat. Laptop dan gadget pendukung lain, cukup krusial bagi seorang narablog. Jadi, wajar kalau kemudian perlu pengetahuan khusus agar kegiatan ngeblognya juga didukung oleh alat yang mumpuni.

    Beruntung ya, ada situs-situ yang menyediakan informasi lengkap tentang alat digital seperti carisinyal ini.

    Balas
  13. kebetulan nih..saya lagi ada rencana pengen ganti laptop. Secara laptop yang sekarang umurnya udah lebih dari 10 tahun hehe. Cari info lokasi service centre terdekat penting juga ternyata. Makasih kak

    Balas
  14. Saya juga lama waktu memutuskan mau beli laptop baru untuk ganti laptop lama yang dicuri orang.

    Perbandingan antar merk pasti sih, dan saya juga lebih tertarik dengan merk umum atau yang sebelumnya pernah saya pakai. Kasus merk X yang disebutkan dalam tulisan ini, saya juga sempat tertarik tapi nggak jadi beli.

    Ujung-ujungnya saya beli dari HP yang sampai saat ini sudah memasuki tahun ketiga. Sebelumnya saya pernah pakai merk Acer, Asus, dan Lenovo.

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: