Rekomendasi Game Online Gratis Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Dunia anak berbeda dengan dunia orang dewasa yang lebih kompleks. Karenanya anak lebih suka bermain, bermain, dan bermain. Jadi nggak heran jika anak sangat menyukai bermain game. Nggak hanya berdampak buruk, ternyata game online gratis juga bisa untuk meningkatkan kecerdasan anak lho!

Tentu harus dengan pendampingan orang tua ya. Jangan pernah biarkan anak sendirian dengan gadget-nya. Selalu dampingi agar ketika ada hal yang anak tanyakan orangtua juga bisa menjelaskan dengan bijak.

Berikut adalah beberapa tips dari aku agar penggunaan gadget pada anak nggak kebablasan atau berdampak negatif.

Tips Bijak Screentime Pada Anak

1.Tetapkan durasi pemakaian gadget

Tentu hal ini harus didiskusikan dengan anak ya. Beri penjelasan sederhana mengapa anak hanya boleh screentime atau bermain gadget dengan durasi waktu sekian jam dalam sehari. Misalnya 1-2 jam dalam sehari, pagi 30 menit, sore 30 menit. Atau atur waktu yang sesuai dengan keseharian anak.

Jika kamu serta merta melarang tanpa alasan yang jelas anak nggak akan paham, dan biasanya berakhir dengan tantrum.

2. Dampingi anak saat screentime

Biasanya para bapak nih ya, kalau momong anak suka pengin gampangnya aja. Kasih HP lalu ditinggal main game sendiri. Duh! Jangan seperti itu ya.

Walau game yang kamu berikan khusus untuk anak, tapi kamu tetap harus mendapinginya. Jadi ketika anak menemukan sesuatu yang janggal, atau terdapat adegan yang misalnya memukul, kamu bisa menjelaskan dengan baik dari sisi positifnya dan bisa cari tau jawabannya bersama jika ada hal yang anak ingin ketahui tapi kamu juga nggak tau jawabannya.

3. Tentukan momen gadget free

Tentukan waktu kapan gadget nggak boleh digunakan. Aktivitas apa pun yang harus fokus,  misalnya saat makan, menjelang tidur, quality time bersama keluarga, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga.

Pada momen ini, tentu orangtua juga harus melakukan hal yang sama. Jangan hanya menyuruh anak nggak boleh bermain gadget tapi orantuanya malah fokus ke ponsel masing-masing. Ingat, anak adalah peniru ulung. Jadi orangtua juga harus memberikan contoh untuknya.

4. Pilah dan pilih aplikasi dan game untuk anak

Ponsel saat ini canggih, sudah ada fitur kids space. Jadi ketika anak memegang ponsel hanya ada aplikasi pilihan yang memang diperuntukkan untuk anak. Misalnya aplikasi belajar berhitung, membaca, lagu-lagu anak, juga game online yang memang diperuntukkan untuk anak-anak.

5. Lakukan aktivitas bermain bersama tanpa menggunakan gadget

Bermain bola di depan rumah, bersepeda, menggambar, membaca buku, atau bernyanyi akan membuat anak senang. Jadi anak memiliki kesenangan lain selain screentime, sehingga anak nggak akan kecanduan gadget.

Manfaat Bermain Game Online Untuk Anak

Manfaat game online untuk anak

Pada era teknologi seperti sekarang, menurutku screentime juga perlu untuk anak. Agar anak nggak gaptek, dan bahkan memiliki segudang manfaat jika dilakukan dengan benar.

1. Untuk stimulasi kecerdasan otak

Setiap permainan game pasti anak akan menemukan rintangan agar bisa melewati level yang sedang dimainkan. Kemudian anak akan berpikir bagaimana cara memecahkan masalah yang sedang dihadapinya dalam game. Secara otomatis ia juga akan terbiasa menyusun strategi, juga kreativitas bagaimana cara cepat dan efektif menyelesaikan misi yang sedang dimainkan.

2. Mengenalkan anak pada teknologi

Metode pengasuhan anak memang pilihan, anak dikasih gadget atau nggak, semua tergantung dari orangtua. Tapi kalau menurutku, di zaman sekarang yang hampir semua sektor dan semua bidang sudah memanfaatkan teknologi. Maka anak juga perlu dikenalkan, dengan catatan sebagai perkenalan dan bukan diberikan tanpa aturan apalagi tanpa batasan. Sehingga anak jadi melek teknologi dan nggak gaptek.

3. Mengajarkan untuk bermain sportif

Nggak seperti orang dewasa saat bermain game kemudian mencari cara curang untuk menang, anak-anak masih cenderung polos. Pasti ia akan main dengan sportif, bersaing dengan jujur. Secara nggak langsung hal ini akan mengajarkannya pada persaingan yang sehat.

4. Belajar kerjasama tim

Ada beberapa game yang bisa dimainkan secara berkelompok, biasanya dalam satu kelompok terdiri dari beberapa orang yang memiliki tugas masing-masing. Jadi hendaknya anggota tim melaksanakan tugasnya dengan baik agar tim mereka menang.

Dengan bermain game, anak akan belajar simulasi ini dulu sebelum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Meningkatkan bonding dengan keluarga

Saat anak screentime kemudian kita dampingi, ini akan menjadi waktu untuk orangtua mempererat bonding dengan anak. Menjadi waktu menyenangkan bersama, bisa bersenda gurau dan menyemangati si kecil ketika bermain.

Rekomendasi Game Online Gratis Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Nah, kamu ingin waktu screentime anak berkualitas? Anak bisa bermain game online gratis yang edukatif. Rasanya sedang bermain tapi sebenarnya anak sedang belajar.

Aku akan merekomendasikan beberapa game edukasi dari Play.org, ini adalah game online gratis berbasis browser. Jadi kamu nggak perlu install aplikasi apa pun yang akan memberatkan laptop maupun ponsel kamu. Cukup dengan membuka browser dan kunjungi websitenya kamu sudah bisa memainkan game seru dan gratis.

Di sini tersedia ratusan ribu game yang bisa dimainkan. Ada banyak kategori seperti Arcade Classic, Awe Shoot!, Cartoon Games, Education, dan masih banyak lagi. Dan berikut ini adalah rekomendasi free online education game buat si kecil di rumah.

1. Guardians Defenders of Mathematica

Ini adalah game online fantasy RPG yang diperuntukkan untuk anak agar lebih mudah belajar matematika. Pemain bisa memilih dari 16 kategori matematika yang ingin dikuasai seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, penghitungan bilangan pecah, dan lain-lain.

Guardians Defenders of Mathematica ingoldlife

Pemain juga bisa memilih satu dari 24 karakter game yang telah disediakan, seperti knights, rangers, warriors, wizards, witches, dan elves. Untuk memenangkan pertarungan, pemain harus menjawab minimal 7-10 pertanyaan. Dan setiap pemain memenangkan pertarungan, pemain akan mendapatkan shields per kategori dan bisa membuka beberapa senjata dan aksesoris.

game online anak

Setiap level semakin sulit dan semakin banyak pertanyaan matematika yang harus pemain jawab. Game ini bisa menjadi alternatif bagi anak yang malas belajar matematika. Dan jangan khawatir nggak bisa memainkannya ya, karena di website Play.org sudah ada keterangan bagaimana cara memainkannya.

 

Kalau aku coba main kemarin sih tanpa membaca instruksi pun sudah bisa main, karena game ini cukup mudah dan menyenangkan. Bisa jadi setelah main ini si kecil akan ketagihan belajar matematika.

2. Zombie Typing

Apakah si kecil sedang belajar bahasa Inggris? Atau sedang belajar huruf? Jika iya, game ini akan cocok untuk si kecil.

Zombie Typing

Dengan bermain game ini anak akan belajar mengetik dengan cepat, lebih mengenal huruf, dan belajar kata dalam bahasa Inggris juga.

Zombie Typing

Di bawah kaki zombie akan terdapat kata yang harus diketik agar karakter utama yang memegang senapan bisa menembak si zombie kemudian mati. Dengan kata lain kata yang diketik merupakan peluru bagi karakter utama dalam game.

Semakin naik level akan semakin banyak kata yang harus diketik, juga kecepatan zombie akan bertambah. Game ini cukup menegangkan karena jika pemain terlambat mengetik sebuah kata, Zombie akan menyerang karakter utama dalam game tersebut.

Jadi secara nggak langsung game ini mampu meningkatkan skill mengetik anak. Skill ini akan berguna sekali ketika anak mengerjakan tugas di laptop atau nanti ketika ia ingin menjadi seorang penulis.

Wah, keren-keren banget kan gamenya? Tenang, nggak cuma itu kok, masih ada banyak banget game keren lainnya. Langsung aja kepoin Play.org. Gamenya juga ringan, terbukti aku mainkan di laptop jadulku ini masih oke dan nggak ngelag.

Selamat bermain sambil belajar!

Salam,
Ning!

 

 

24 pemikiran pada “Rekomendasi Game Online Gratis Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak”

  1. Aku semasa SMP suka main game tapi game di hape sampai hapenya itu Ngage classic hehe. Ga nyangka ternyata sekarang banyak game online edukatif yaa, apalagi yang Mathematics. Sebagai lulusan Matematika ku tercengang.

    Balas
  2. saya setuju game online diperbolehkan dengan syarat tertentu, jangan dur duran

    mirip drama korea, banyak yang butuh untuk refreshing/hiburan dll

    tapi jangan dur-duran, karena harus jagaa kesehatan dan tugas lainnya

    Balas
  3. wah bisa jadi referensi nih, aku kadang suka bingung nyariin game untuk anak yang pas gitu hehe.. untuk beberapa saat gak masalah ya anak dikasih game, yang pentin ada aturannya “:)

    Balas
  4. Free education game online, ada dua sisi. Sisi pertama membuat anak menyukai permainan dengan supervisi orangtua, Tapi sisi lain membuat anak kecanduan. Well, semua ada di tangan orangtua.

    Balas
  5. Seru ya main game di play.org . Boleh kok anak-anak bermain game dengan sesuka hati asalkan gamenya harus sesuai dengan umur ya, mbak. Sekarang tuh anak jaman sekarang udah ketagihan banget main game dewasa apalagi isinya sadis-sadis yang gampang memengaruhi pola anak menjadi buruk.

    Balas
  6. Mba Ning, terima kasih tipsnya, sudah saya forward ke ipar saya agar lebih memperhatikan game yang mengedukasi seperti ini untuk diberikan kepada anak-anaknya.

    Karena jika anak belajar dari game mereka akan cepat menyerap pelajaran.,

    Balas
  7. Yg paling penting emang soal kontrol durasi dan konten yg didapat si anak. Soalnya kalau dilarang plek ga boleh maen game atau gadget, biasanya justru malah backlash, si anak bakal maen sembunyi2 dan risikonya buka konten negatif.

    Bagus banget Play.org banyak permainan menarik yg bisa ngelatih otak juga.

    Balas
  8. Keren ya games ini berbasis web, dan juga ringan. Next, aku mau coba yang game matematikanya. Selama ini adikku, paling susah ngerjain matematika terutama bagian pecahan. Semoga dengan game lebih mudah dan dapat dicerna.

    Balas
  9. Emang menarik banget sih kalau soal main gadget dengan anak. Apalagi main game yang dia suka. Tetap dalam pengawasan dan tentu saja ada pembatasan waktu sebagai pendisiplinan dia bermain.

    Balas
    • Aku langsung buka yang games mathematics, seru kak! Ini cocok banget deh buat si kakak dirumah bisa bermain sekaligus belajar .

      Balas
    • Benar kak, dengan pengawasan bisa terpantau ya. Apalagi dengan pembatasan waktu main gadget, biar gak kebablasan juga kan, takutnya jadi lupa belajar

      Balas
  10. Walaahh enak banget gak perlu install dulu. Soalnya anakku juga yang termasuk suka main game, kadang sering minta download-in game lain kalo udah bosen, makin full deh hpnya. Udah gt emang pas lg suka belajar menghitung juga nih. Makasi mom rekomendasinya 😅

    Balas
  11. Aku sudah kepoin beberapa games! serunya nagih, sih..

    Secara saya memang sebenarnya tidak terlalu suka maen games, kecuali gamenya lucu dan enggak bikin mikir.

    Eh, di sini ternyata banyak koleksi game yang seperti itu.

    Terima kasih, kak! 🙂

    Balas
  12. Aku seneeeeng deh, karena banyak dapet referensi game online yg bagus2 gini, Trutama yg buat anak. Aku bukan tipe yg melarang anak pegang gadget mba. Buatku memang skr zamannya gadgt, kenapa anak hrs dilarang. Yang penting kan sebagai ortu kita kasih batasan, dan aturannya.

    Aku sendiri cuma ngizinin pas weekend dan ada waktunya. Gadget anak juga aku link ke aplikasi yg mana parents nya bisa ngawasin dari hp nya sendiri.

    Main game online gini aku bisa jadiin waktu buat bonding Ama anak2. Sekalian belajar, sekalian main 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: