Resep Bakwan Jagung Renyah dan Empuk

Assalamualaikum.

Hai teman-teman.Belakangan ini cuaca lagi dingin banget. Jadinya penginnya ngemil yang anget-anget renyah tapi juga empuk gitu. Jadi aku mau bagiin ke kalian resep bakwan jagung renyah dan empuk yang sudah aku bikin.

Apalagi sekarang aku lagi dikarantina karena kemarin saudara positif Covid19. Karena pernah kontak langsung, mau nggak mau aku harus isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab PCR. Doakan semoga hasilnya negatif ya.

Untuk menghangatkan tubuh yang dingin sehabis mandi dan cuaca di luar memang sedang hujan. Aku bikin bakwan jagung atau biasa juga disebut perkedel jagung. Karena aku orangnya nggak mau ribet. Jadi aku bikinnya simpel banget kok. Bumbunya juga cuma dikit. Nggak neko-neko. Tapi walaupun simple, rasa dijamin nagih!

Ada juga nggak yang suka gorengan? Kalau di Indonesia itu sehari nggak makan gorengan kayak berasa ada yang kurang gitu nggak sih? Apalagi kalau masih anget. Aduh, nikmat banget. Nggak bisa nolak pokoknya! Haha

Oke, berikut ini resep bakwan jagung simple renyah dan empuk ala aku.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakwan jagung:

  • Jagung manis 2 buah ukuran sedang
  • Daun bawang 3 tangkai
  • Daun seledri 2 tangkai
  • Tepung terigu 100gr
  • Tepung beras 30gr
  • Soda kue seujung sendok teh
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu bakwan jagung sederhana yang dihaluskan:

  • Kemiri 2 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 2 siung
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Cabai rawit merah 5 buah atau sesuai selera
  • Secukupnya Kaldu Jamur
  • Secukupnya garam

Cara memasak bakwan jagung yang simpel:

  1. Cuci jagung manis, daun bawang, daun seledri, bawang putih, dan kemiri. Lalu sisir jagung manis. Rajang daun seledri dan daun bawang.
  2. Campurkan semua bahan, termasuk bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Tambahkan air, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  4. Goreng dengan api sedang hingga kecoklatan, angkat, lalu tiriskan. Bakwan jagung siap dihidangkan. Paling enak selagi hangat.
Resep bakwan jagung renyah
bakwan jagung

Catatan dan Tips:

  • Fungsi soda kue adalah untuk merenyahkan gorengan, jadi nanti hasilnya akan garing dan crispy di luar, tapi lembut di dalam.
  • Agar adonan tidak pecah, balik bakwan jagung ketika sudah setengah matang. Jadi jangan buru-buru dibalik ya.
  • Saat menuang air, tuangkan sedikit demi sedikit saja ya, aduk-aduk lalu cek kekentalannya setiap habis menuangkan air. Jika langsung dituangkan banyak, takutnya nanti keenceran. Kalau terlalu encer, nanti jadinya bukan bakwan, tapi rempeyek. Hihi

Terimakasih sudah mampir dan membaca resep aku. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu dalam memasak.Happy cooking!

Satu pemikiran pada “Resep Bakwan Jagung Renyah dan Empuk”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: