Review L’Oreal Sunscreen UV Defender Matte and Fresh

Buat yang rutin pakai skincare, pakai sunscreen adalah hal yang wajib. Banyak yang bilang kalau nggak pakai sunscreen akan percuma semua skincare yang kamu pakai.

Wah! Sefatal itu ya? Memang. Karena sinar matahari adalah hal yang paling memiliki pengaruh besar pada kulit kita. Bahaya sinar UV itu sangat beragam, mulai dari penyebab munculnya keriput lebih awal, flek hitam, hingga tanda-tanda penuaan dini lain.

Dan di sini aku mau ngomongin sunscreen yang sekarang lagi aku pakai sebulan belakangan ini. Yaitu Loreal Sunscreen UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh, dengan SPF 50, PA ++++, Long UV A.

Sebelumnya aku juga pakai sunscreen L’oreal tapi yang lama yaitu L’Oreal Sunscreen UV Perfect Matte & Fresh, udah abis 3 botol. Cuma pas aku nyari lagi ternyata produknya udah nggak ada dan digantikan dengan yang UV Defender ini.

Apakah yang versi baru ini lebih baik dari versi yang lama? Kuylah kita bahas satu per satu.

Klaim Loreal Sunscreen UV Defender Matte and Fresh

Pada kemasannya ada beberapa claim yang disebutkan jika kita rutin memakai sunscreen ini. dan aku juga cek di webnya loreal-paris.co.id, berikut adalah claimnya:

  • Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam, dan wajah kusam.
  • Membuat kulit tidak tampak berminyak
  • Menyamarkan pori-pori
  • Dapat mengontrol minyak atau sebum
  • Menghasilkan kulit matte, bercahaya, dan tidak mengkilap meski saat cuaca panas dan lembab
  • Mencegah pigmentasi dan flek hitam
  • Melindungi kulit dari polusi
  • Meratakan warna kulit

Ingredients Loreal Sunscreen UV Defender Matte and Fresh

Sunscreen dari L’Oreal ini mengandung SPF 50, PA++++, dan airlicium agar kulit bebas minyak. berikut adalah list bahan lengkapnya:

Aqua / Water, Glycerin, Alcohol Denat, Dimethicone, Ethylhexyl Salicylate, Propylene Glycol. Terephthalylidene Dicamphor Sulfonic Acid, Silica, Titanium Dioxide, Triethanolamine, Drometrizole Trisiloxane, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Octocrylene, Ethylhexyl Triazone, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Tromethamine, Stearic Acid, Potassium Cetyl Phosphate, Tocopherol, Phenoxyethanol, Peg 100 Stearate, Palmitic Acid, Silica Silylate, Ammonium Polyacryloyldimethyl Taurate, Limonene, Menthoxypropanediol, Linalool, Sanguisorba Officinalis Root Extract, Zingiber Officinale Root Extract / Ginger Root Extract, Cinnamomum Cassia Bark Extract, Kaolin, Alpha Isomethyl Ionone, Carbomer, Myristic Acid, Disodium Edta, Cetyl Alcohol, Butylene Glycol, Butyrospermum Parkii Seedcake Extract / Shea Seedcake Extract, Hexyl Cinnamal, Glyceryl Stearate, Parfum / Fragrance.

Dari list ingredients di atas berikut adalah kesimpulan yang aku ambil dari website cosmily.com:

  • Mengandung 3 bahan yang bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang, Limonene (24), Linalool (26), Hexyl Cinnamal (38)
  • Terdapat 6 bahan yang bersifat Comedogenic, Triethanolamine (10), Stearic Acid (16), Palmitic Acid (21), Myristic Acid (33), Cetyl Alcohol (35), Butylene Glycol (36)
  • Mengandung Silicone, Dimethicone (4)
  • Dapat memicu fungal acne, Stearic Acid (16), PEG-100 Stearate (20), Palmitic Acid (21), Myristic Acid (33)

Catatan di atas jangan terlalu dijadikan patokan ya, karena dengan formulasi yang sudah tercampur bisa jadi efek negatif bahan tersebut sudah nggak ada. Aku kasih catatan hanya sebagai perhatian aja buat kamu yang memiliki masalah dengan list ingredients di atas.

Nomor yang tertera di belakangnya itu adalah urutan list ingredients yang tertera pada kemasannya ya. Seperti yang sudah kita tahu, semakin awal bahan tersebut disebutkan, maka kandungannya juga akan semakin besar.

Oh iya, produk ini juga mengandung parfume, yang sebagian kecil orang juga nggak cocok. Tapi kalau aku baik-baik aja pakai parfume dalam skincare, asal nggak yang mengganggu penciuman gitu.

Tekstur dan Cara Pakai

Teksturnya agak creamy tapi ringan dan mudah dibaurkan. Setelah pemakaian wajah juga glowing natural, tapi setelah ngeset efek glowingnya agak berkurang dan cenderung matte. Tapi ya bukan yang matte banget ya, masih ada minyaknya tapi wajar aja gitu.

Cara pakainya cukup mudah ya, keluarkan produk ke atas dua jari telunjuk dan jari tengah. Aplikasikan ke wajah dan leher setelah pemakaian skincare routine kamu. Atau jika kamu memakai makeup aplikasikan sebelum kamu menggunakan makeup ya.

Packaging

Saat menerima produk baru, akan ada plastik yang membungkus produknya. Jika beberapa produk lain memilih menggunakan kardus, berbeda dengan L’oreal sunscreen ini yang menggunakan plastik.

Informasi lengkap juga tertera pada plastinya, diantaranya claim produk, tipe sunscreen cara penggunaan, ingredients, expired date, cara penyimpanan, netto, barcode, sudah BPOM, simbol jika produk ini aman digunakan selama 12 bulan setelah dibuka, QR Code, hingga alamat L’Oreal di Paris.

Kemudian setelah plastiknya dibuka, produknya juga dikemas dalam botol tube plastik dengan warna dominan putih dan tutupnya berwarna gold. Lubang aplikatornya juga kecil, jadi aku nggak khawatir akan mengeluarkan produk terlalu banyak, Malah kadang aku harus pencet agak keras, baru produknya bisa keluar.

Review Sunscreen L’Oreal UV Defender Matte & Fresh

Baru-baru ini L’Oreal mengeluarkan beberapa varian Sunscreen yaitu UV Defender Bright & Clear untuk kulit normal cenderung kusam, UV Defender Moisture & Fresh untuk kulit kering, UV Defender Correct & Protect untuk kulit kombinasi, dan yang terakhir adalah UV Defender Matte & Fresh adalah sunscreen untuk kulit berminyak.

Untuk sunscreen ini aku langsung beli 2, karena waktu itu ada promo jadi sekalian, nggak ada pikiran nggak cocok juga karena sebelumnya juga udah setia sama sunscreen L’oreal.

Baca juga: [Skincare Review] Kulit Glowing dengan Scarlett Glowtening Serum

Tapi ternyata ekspektasiku akan sunscreen ini nggak sesuai dengan realita. Nggak fatal banget sih, tapi ada satu hal yang bikin aku lumayan kecewa.

Oke aku akan ngomongin positifnya dulu ya.

Jadi tipe kulitku itu acne prone cenderung sensitif. Berminyak, suka jerawatan, dan kalau pakai produk yang nggak cocok langsung muncul beruntusan kemerahan sekitar dagu.

Selama pemakaian sekitar satu bulan lebih, nggak ada efek negatif yang terjadi sama kulitku. Nggak bikin jerawatan, beruntusan, atau iritasi. Which is aku lumanyan happy.

Setelah diaplikasikan ke wajah juga nggak menimbulkan efek kusam. Jadi boleh aku bilang kalau produk ini adalah sunscreen terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat.
Berbeda dengan versi sebelumnya yang waktu pertama kali pakai wanginya bikin agak gimana gitu, tapi yang ini wanginya lebih enak. Nggak medok sih, cuma wangi yang soft gitu.

Terus apa sih yang kurang aku suka?

Sebenernya cuma 1 hal yang aku kurang suka, yaitu efek peelingnya. Jadi setelah pemakaian bedak tabur, efek pertama memang matte. Cuma Ketika aku pakai masker, dia jadi geser dan alhasil kayak kulitku lagi mengelupas. Haha… padahal itu sunscreennya yang kegeser.
Itu doang, kalau sehari-hari dan Cuma di rumah aja yang which is aku nggak pakai bedak, fine-fine aja.

Apakah bedak yang aku pakai juga berpengaruh ya? Ini aku pakai bedak sejuta umat, yaitu Marcks.

Harga Sunscreen L’Oreal UV Defender Matte & Fresh

Untuk harga yang isi 50ml dijual dengan harga 150 ribu. Tapi di official storenya di shopee suka ada promo twin pack seperti saat aku beli, yaitu 160 ribu sudah dapat 2 produk.

Tapi kalau kamu mau coba dulu, mendingan beli yang size kecil dulu aja, dengan isi 15ml harganya sekitar 37 ribu – 50 ribu.

Untuk memudahkan, kalau kamu mau nyoba beli juga langsung aja klik link di bawah ini ya.

Beli Sunscreen UV Defender Matte and Fresh di Offical Store Shopee.

Baiklah sekian dulu ya, terimakasih buat kamu yang sudah baca hingga akhir. Semoga review ini bermanfaat buat kamu.

Salam,
Ning!

2 pemikiran pada “Review L’Oreal Sunscreen UV Defender Matte and Fresh”

  1. Naaaah aku sering nemuin sunscreen yg suka peeling setelah dikasih bedak. Mau ga pale bedak, kok ya ga enak, Krn terbiasa gitu. Ntah bedaknya yg salah, ATo suncreennya yg ga bisa dikombinasikan Ama bedak 😁. Soalnya pernah juga Nemu susncreen yg ga masalah walo ditimpa bedak, tapi harganya juga mahaaal hahahahah.

    Belum pernah coba yg L’Oreal mba. Kebanyakan susncreen yg aku pake produk Jepang ATO Korea. Kemarin beli produk lokal, tapi blm aku coba, Krn yg lama masih ada. Buatku pokoknya jgn sampe oksidasi yg bikin kulit jadi abu2 setelah bbrp jam, jangan whitecast, jgn peeling juga 😄

    Balas
    • Nah iya soal whitecast lupa aku sebutin, ini gak ada whitecast sih mba, cuma ya itu kalau pakai bedak tabur warna cokelat muka jadi kayak dakian, haha… Kalo bedaknya putih kulit kayak mengelupas. Padahal itu sunscreen yang ngelupas, huhu

      Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: