Resep

Untung Ada Yummy App, Belajar Masak Jadi Gampang!

Dulu waktu masih single dan jadi anak kost, aku ini termasuk orang yang bodo amat soal makan. Yang penting murah, dan bikin kenyang. Soal rasa itu bonus, kalau enak ya alhamdulillah, kalau nggak enak ya maklum. Namanya juga makanan murah. Haha

Hidup sendiri di perantauan membuatku malas ribet kalau hanya soal makanan. Pokoknya prinsipnya yang penting makan. Soal gizi dan kebersihannya bukan menjadi prioritas. Apalagi dulu waktu masih awal kerja, gaji juga nggak seberapa.Tapi, semua berubah ketika penyakit tipes menyerang. Sebulan penuh sakit, sampai dirawat di rumah sakit dua minggu.

Waktu itu rasanya beneran kapok beli makan sembarangan. Ini akibat orang yang masa bodoh dengan makanannya. Sebelumnya memang aku sudah punya asam lambung yang sering kambuh di tanggal tua. Dan makin parah setelah terkena tipes. Akhirnya mau nggak mau aku harus belajar masak sendiri agar kesehatan terjaga. Soalnya kata dokter, tipes itu bisa kambuh kalau makannya nggak bersih, apalagi kalau kondisi badan lagi nggak fit.

Karena cuma sendiri, masak pun asal jadi aja. Masih nggak mau ribet, haha… Entah, apakah semua anak milenial begini ya? Anti ribet. Bahkan, aku kadang suka mikir, kenapa sih manusia harus makan? Cuma bikin rempong banget deh!

Jadinya ya, aku makan asal kenyang saja. Dan yang penting bersih. Jadi setiap ke kantor mulai sering bawa bekal. Walau lauknya nggak jauh-jauh dari tumis-tumisan, sayur sop, telur dadar, tempe goreng. Ya, gitu-gitu aja.

Lalu, tahun 2017 aku menikah. Saat single makannya asal kenyang, saat sudah menikah juga jarang masak, soalnya suamiku sukanya jajan, makan di luar. Dia tau kalau masakan istrinya nggak enak. Malah lebih enak masakan dia daripada masakanku. Haha

Tapi ketika tahun 2019, keluarga kami tambah satu orang. Mau nggak mau, sekarang harus memperhatikan gizi karena sedang menyusui, rasa juga mulai diperhatikan biar mood ibu baru tetap terjaga.

Asli sih, ternyata menjadi ibu itu nggak seindah yang dibayangkan. Waktu hamil yang dibayangkan punya bayi mungil itu lucu-lucu saja, pasti bakal bahagia, gemes banget kan kalau lihat bayi-bayi lucu? Tapi realitanya nggak seindah ekspektasi.

Aku tiba-tiba resign karena nggak tega membiarkan anak diasuh orang lain. Ini kayaknya efek terlalu sering nonton berita kriminal di TV. Apalagi anak bayi belum bisa ngomong kalau sampai terjadi sesuatu. Makanya sepedih apapun, walau harus mengorbankan karir, aku lebih memilih mengurus anakku dengan tanganku sendiri.

Lalu aku terkejut, ternyata mengurus bayi sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga itu berat, mendingan kerja kantoran kemana-mana deh. Baju kotor berserakan, cucian piring numpuk, rumah berantakan, anak nangis setiap ditinggal. Sampai kadang mau ke toilet pun susah. Pokoknya kesehatan mentalku sebagai ibu baru beneran diuji.Makanya sebagai media stress release aku mulai belajar masak, biar makan juga enak, nggak cuma asal kenyang. Kalau makan enak tuh rasanya beban agak berkurang gitu rasanya. Perbaikan mood atau istilah kekiniannya mood booster!

Ketemu Yummy App Berasa Ketemu Jodoh!

Ketika mulai belajar masak, aku bingung banget mulai darimana. Secara selama ini kalau masak asal jadi saja kan. Akhirnya mulai deh, nyari-nyari di internet resep-resep masakan yang menggoyang lidah.

Artikel Terkait:  Resep Klenyem, Makanan Tradisional Dari Singkong

Ketemu banyak resep yang kalau dilihat pas matangnya kayaknya enak banget. Tapi pas praktek sering gagalnya. Mulai dari rasa yang beda jauh dari bayangan, overcooked, sampai dengan bentuknya yang berantakan.

Akhirnya ketika scrolling Instagram, aku menemukan satu video masak yang mudah diikuti langkahnya, perasaanku kayak bilang this is it! This is the one! Haha … Ya, oke nggak selebay itu, tapi merasa klik saja dengan video tutorial yang simpel dan gampang diikuti. Setelah aku buka akunnya, ternyata itu akun Instagram Yummy App, aplikasi resep masakan kekinian dan yang paling penting anti gagal karena ada video tutorial masaknya.

Nggak Cuma Populer di Google Play, Konten Yummy App Juga Berkualitas!

Sebelum pasang aplikasinya di HP dan cobain resepnya, aku cari tau dulu soal aplikasi memasak ini. Di zaman yang serba digital ini, selain semua serba mudah, serba ada di internet, kita juga harus selalu hati-hati. Karena cybercrime bisa dari aplikasi yang kita pasang. Apalagi smartphone adalah tempat dimana data pribadi tersimpan. Jadi untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan ini, aku selalu lakukan double check dulu setiap mau install aplikasi apapun. Harus jelas dulu, aplikasi yang akan dipasang aman dan jelas pembuatnya atau enggak.

Setelah jalan-jalan di dunia maya, aku menemukan sekelumit informasi tentang Yummy, yaitu aplikasi masak besutan IDN Media. Salah satu media digital terbesar di Indonesia. Bahkan IDN Times, salah satu media digital di bawah naungan IDN Media, berhasil masuk tiga besar media digital yang paling banyak diakses secara nasional. Ketika tau ini aku langsung mikir, nggak usah diragukan lagi lah ya kredibilitasnya.

Lalu aku berlanjut mengintip di Google Play Store, Yummy juga masuk peringkat 6 aplikasi kuliner gratis. Bahkan sudah diinstal oleh satu juta lebih pengguna. Ratingnya pun bagus sekali, yaitu 4.5 dari 5, merupakan hasil ulasan dari lima belas ribu lebih penggunanya. Bahkan Yummy App masuk dalam aplikasi yang direkomendasikan oleh editor Google Play!

Selain itu pada tahun 2019 Yummy juga menyabet aplikasi masak terbaik dalam kategori Everyday Essentials di Google Play. Rating kontennya pun 3+. Ini yang bikin aku nggak ragu lagi untuk install Yummy App di smartphone ku. Yummy memang memiliki fitur dan berbagai resep masakan yang kekinian. Dan yang nggak kalah penting untukku adalah user friendly, nggak bikin berasa gaptek gitu pas dioperasikan. Terutama untuk pengguna milenial yang nggak mau ribet seperti aku.

Kontennya pun sangat berkualitas, ini karena setiap Chef Yummy (sebutan untuk pengguna Yummy App) yang akan menggunggah resepnya, akan dikurasi dulu oleh para Chef yang kredibel di bidangnya, dan baru bisa terbit setelah lolos kurasi. Jadi nggak perlu khawatir bakal salah bumbu deh, hihi.

Ada berbagai fitur dan keunggulan yang sangat memudahkan pengguna Yummy, yaitu:

Informasi Resep Terlengkap

Beneran sih, ini informasi resepnya lengkap sekali. Jika di resep yang lain aku hanya menemukan informasi standar seperti bahan pokok, bumbu, cara memasak, dan porsi masakan saja. Kalau di Yummy ada informasi durasi memasak, porsi masakan, biaya yang dikeluarkan untuk masakan, infomasi halal, gambar langkah-langkahnya, video tutorial, takaran bahan sangat jelas, dan di bawah resep ada topik resep, seperti misalnya masuk kategori makanan utama, ketika di klik akan banyak rekomendasi resep dengan topik yang sama. Dengan informasi sejelas itu, masak pun terasa semakin mudah.

Bingung mau masak apa dengan bahan yang ada di kulkas? Tenang, Yummy akan selalu membantu.

Sering bingung mau masak apa, dengan bahan yang ada di kulkas? Daripada kebanyakan mikir, ngabisin waktu, keburu laper, mending langsung saja ke Fitur Memasak. Bahan apa saja, selalu ada resepnya di Yummy App.

Artikel Terkait:  Resep Ceker Bledek Daun Kemangi

Caranya, pilih menu Masak, lalu kamu akan menemukan Fitur Memasak ini.Ini aku banget sih, suka bingung mau masak apa dengan bahan yang ada. Jadi kadang kalau masak, ada beberapa bahan yang sisa aku masukin kulkas. Kadang sampai busuk saking bingungnya mau dimasak apa. Jadi dengan fitur ini, aku sangat terbantu. Dengan memilih setidaknya dua bahan makanan yang aku punya, Yummy akan merekomendasikan berbagai resep berdasarkan bahan yang aku pilih. Ini bikin bahan makananku nggak mubazir lagi.

Filter pencarian resep sesuai yang kamu mau

Sebagai ibu rumah tangga, tugasku nggak hanya mengurus bayi dan rumah. Tapi juga mengatur uang belanja agar cukup dan nggak keteteran di akhir bulan. Tapi yang namanya manusia kadang memang cuma bisa berencana, bukan karena musibah atau apa, tapi suka tergoda jajan es cendol siang-siang pas lagi panas-panasnya. Membuat jatah uang belanja mepet di akhir bulan, tolong yang ini jangan ditiru, hehe

Ketika sudah kepepet, jurus andalan emak-emak yang perhitungan dan super ngirit akan keluar dengan sendirinya. Beli apa saja selalu diperhitungkan, seperti ketika membeli bahan masakan. Jadi, untuk cari inspirasi resep dengan budget yang terbatas, aku sering menggunakan fitur filter berdasarkan harga. Jadi budget memasak bisa disesuaikan dengan kondisi kantong, nggak perlu khawatir lagi, uang belanja pasti cukup sampai suami gajian lagi. Selain berdasarkan harga, di yummy juga bisa menggunakan filter pencarian resep berdasarkan durasi memasak, juga porsi masakan. Pokoknya bisa disesuaikan dengan yang kamu mau.

Chef Yummy makin untung dengan mengunggah resep dan memanfaatkan fitur event dan promosi

Chef Yummy yang suka masak bisa membagikan resepnya di menu Tulis Resep. Dengan begitu Chef Yummy bisa saling berbagi resep andalan, dan asyiknya setiap resep yang publish akan mendapatkan 100 koin yang setara dengan Rp. 10.000.

Selian itu, pada Fitur Event dan Promosi pengguna Yummy bisa mengikuti berbagai event dan promosi yang sedang berlangsung. Saat ini sedang berlangsung beberapa event, salah satunya #YummyAppRecook Competition. Chef Yummy ditantang untuk memasak berdasarkan resep di Yummy App, kemudian upload hasilnya di kolom komentar resep yang di-recook. Untuk cara lengkap mengikuti kompetisi ini langsung aja buka Yummy App dan klik Fitur Event dan Promosi. Hadiahnya lumayan banget lho buat nambah uang belanja, uang ratusan ribu menunggu para Chef Yummy. Makin untung banget deh! Bahkan pemenangnya dipilih setiap minggu! Wow wow wow!

Rekomendasi resep masak dan inspirasi resep masak hemat 10k

Tugas ibu rumah tangga yang nggak ada habisnya, kadang suka bikin pikiranku blank. Bingung mau masak apa dan susah mikir juga. Untungnya di Yummy ada berbagai rekomendasi resep masak di menu home. Ada juga resep-resep yang trending. Jadi aku suka scrolling aja lalu nemu resep yang bisa jadi inspirasi buat dimasak.

Salah satu hal yang aku suka dari Yummy adalah ada akun official dari orang-orang yang jago masak. Seperti Chef Arnold Poernomo, Stacey Queerkunoichi, Chef Gilang, Chef Nunu, dan masih banyak lagi. Dan yang paling keren adalah semua resepnya gratis!

Nggak sampai di situ, Inspirasi resep bisa juga didapat dari rekomendasi masak hemat 10k. Kalau aja dulu waktu masih jadi anak kost aku sudah ketemu sama Yummy, mungkin aku nggak bakal kena tipes. Apalagi banyak banget resep yang anti ribet hanya dengan 5 langkah pembuatan. Aku tuh jadi suka ngerasa kalau Yummy App ini dibuat untukku. Haha … Habisnya rasanya Yummy ngertiin banget penggunanya gitu lho!

Cara Daftar Akun Yummy, Cukup Dengan 3 Langkah Mudah!

Dengan segala keunggulan dan fitur kekiniannya, juga konten resep masakan yang berkualitas, pasti kalian bertanya-tanya. Bagaimana cara membuat akun di Yummy App. Jadi aku akan berbagi info soal ini. Cara daftarnya simpel banget:

  1. Setelah kamu download Aplikasi Yummy di Google Play Store, tinggal buka aplikasinya lalu klik Daftar sekarang.
  2. Pilih cara kamu daftar, dengan cara otomatis menggunakan akun Google atau Facebook, atau secara manual dengan memilih email.
  3. Isi data diri yang diperlukan. Jangan lupa untuk klik menyetujui syarat dan ketentuan lalu klik selesai.
Artikel Terkait:  Resep Klenyem, Makanan Tradisional Dari Singkong

Setelah selesai, jangan lupa konfirmasi email dan No HP kamu biar akun kamu makin kece ya. Dan kalau kamu memilih mendaftar dengan Facebook atau Google, pendaftaran kamu akan selesai di langkah kedua. Gampang banget kan!

Mencoba Resep Favorit di Yummy App!

Beberapa hari ini anakku lagi susah makan, kayaknya sih karena dia lagi tumbuh gigi atau bosan dengan makanan itu-itu saja. Soalnya memang aku bingung mau bikin menu apa lagi dengan bahan yang terbatas, sekarang ini aku memang tinggal di kampung, pasar lumayan jauh. Jadi aku hanya mengandalkan tukang sayur yang lewat depan rumah. Aku sudah coba masak makanan yang biasanya dia suka, tapi ditolak.

Ketika cari inspirasi resep di Yummy App, aku nemu resep yang simpel tapi penuh gizi. Langsung ingat sama Rhe, dia pasti suka kalau aku masakin. Nama makanannya Vegetable Omelette, di dalamnya ada sayuran wortel, kol, dan daun bawang. Protein hewani dari telur, protein nabati dari tahu. Wah, beneran menu sehat 4 bintang, dan cara bikinnya pun simpel banget. Tapi karena ini aku masak untuk Rhe, kali ini resepnya aku modifikasi dengan menghaluskan sayuran menggunakan blender. Selain Rhe sedang tumbuh gigi, giginya pun belum terlalu banyak, biar gampang aja gitu makannya. Dan alhamdulillah, Rhe lahap sekali. Kebahagiaan ibu itu sederhana, melihat anak makan dengan lahap pun sudah bikin berbunga-bunga. Hehe

Kalau kamu juga pengin nyobain resepnya bisa lihat video di atas. Atau untuk resep lengkapnya bisa langsung cus ke Aplikasi Yummy ya.

Pengguna Yummy App juga bisa memanfaatkan fitur favorit resep, Chef Yummy bisa menyimpan resep favoritnya agar nggak susah nyari lagi kalau mau masak dengan resep tersebut. Untuk mengintip resep yang telah difavoritkan, bisa ke menu akun lalu pilih Resep Favorit. Selain itu Chef Yummy juga bisa membagikan resep favorit tersebut ke media sosial juga lho. Tinggal pilih bagikan aja di setiap resep favorit kamu.

Untung Ada Yummy App, Belajar Masak Jadi Gampang!

Jadi Rhe itu adalah bayi yang picky eater, sama kayak ayahnya. Kalau makanan nggak sesuai dengan lidahnya dia nggak mau. Sedangkan aku adalah ibu yang nggak bisa masak, haha. Bisa dibayangkan kan, bagaimana strugglingnya aku sebagai ibu.

Waktu Rhe usia 6 bulan, yang berarti harus mulai makan, dia sering nolak makanan yang aku bikin. Biasanya dia mual kalau nggak sesuai dengan seleranya. Aku dulu sampai iri sama anak-anaknya temanku yang seumuran dengan Rhe, kok makannya pada lahap dan gampang banget. Dikasih apa-apa mau.

Sampai sekarang pun, Rhe masih pilih-pilih makanan dan dia cepat bosan kalau makannya itu-itu saja, harus ada variasi menu. Jadinya aku harus terus semangat belajar masak, agar Rhe nggak kekurangan gizi dan moodku sebagai ibu baru tetap terjaga dengan makan enak.

Setelah ketemu Yummy App, belajar masak jadi terasa lebih gampang. Less drama dan bisa cepat kalau lagi buru-buru. Hehe

Gimana-gimana, jadi pengin kenal kan sama Yummy App? Langsung aja kepoin medsosnya dan install aplikasinya sekarang!

Yuk ikuti akun media sosialnya juga.

Selamat memasak ya. Semoga kamu berjodoh juga dengan Yummy seperti aku. Hehe

Salam sayang,

Ning!


sumber-sumber:

Video: Youtube Yummy App
Infografis: Ning!
Foto dan gambar: Yummy App & Dok. Pribadi