Upgrade Skillmu di Lembaga Pelatihan Terbaik Skill Academy

Pandemi yang tak kunjung usai memaksa kita untuk putar otak agar bisa survive. Salah satunya berani maju dengan terus upgrade skill dan ilmu untuk bertahan di kondisi yang sedang sulit ini.

Tak hanya satu dua orang, tapi jutaan pencari nafkah terkena dampak Covid19. Mulai dari dirumahkan sementara, pengurangan jam kerja untuk memangkas pengeluaran perusahaan, hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Angka Pengangguran di Indonesia
Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS)

Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), dari total penduduk usia kerja sebanyak 203,97 juta orang, 14,28% diantaranya terdampak Covid 19. Yaitu sekitar 29,12 juta orang. Dan suamiku termasuk salah satu orang diantara jutaan orang yang terdampak tersebut.

Suamiku adalah satu-satunya orang pemberi nafkah di keluarga kami. Karena memang sejak memiliki bayi, aku memutuskan untuk resign dari kantor, dan fokus mengurus anak. Kala itu kami sudah kalang kabut hingga gadai dan jual barang-barang untuk bertahan hidup. Apalagi kami memiliki anak kecil yang harus tercukupi nutrisinya.

Pada masa sulit itu, alhamdulillah, aku lolos tes masuk prakerja. Dan di saat yang bersamaan suami bisa bekerja kembali. Kesempatan yang aku dapat ini nggak aku sia-siakan. Aku manfaatkan semaksimal mungkin saldo pelatihan Prakerja dengan upgrade skill di lembaga pelatihan terbaik Skill Academy.

Nggak tanggung-tanggung, aku mengambil 4 kelas, yaitu: SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google, Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing, Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Non Fiksi, Copywriting: Teknik Merangkai Kata Untuk Tingkatkan Penjualan.

Belajar dari pengalaman pahit kemarin, aku ingin membantu perekonomian keluarga dengan serius terjun ke dunia digital marketing. Dimulai dengan terus belajar, dan mengoptimasi agar blog ini semakin bertumbuh.

Berkenalan dengan Skill Academy

Adakah yang belum familiar dengan Skill Academy? Kalau Ruangguru pasti sudah tahu ‘kan, ya. Kita sering melihat iklannya tayang di TV.

Lalu apa hubungannya dengan Skill Academy?

Skill Academy adalah platform belajar hasil inovasi dari Ruangguru. Perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia, yang berbasis pendidikan dan telah memiliki 22 juta pengguna.

Platform pengembangan skill ini, dikembangkan oleh tim terbaik yang telah membesarkan Ruangguru. Dalam jangka waktu satu tahun saja, Skill Academy sudah memiliki 4 juta pengguna dan mendapatkan rating bintang 5 sempurna dari 350.000+ ulasan pengguna. Dengan prestasi tersebut Skill Academy mendapatkan penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Playstore.

Bahkan baru-baru ini Rungguru berada di peringkat 25 besar sebagai perusahaan paling inovatif di dunia tahun 2021. Wow! Keren banget kan? Jadi nggak ragu lagi untuk upgrade keterampilan di Skill Academy.

Kelas apa saja yang ada di Skill Academy?

Asah kemampuanmu dengan belajar di kelas terbaik Skill Academy. Kelas terlengkap mulai dari mentoring, bisnis dan keuangan, pemasaran, teknologi & software, dan pengembangan diri.

Kamu juga bisa memilih kelasmu sendiri, sesuai dengan keterampilan yang kamu butuhkan.

Apakah Skill Academy masih bekerja sama dengan Prakerja?

Sejak Prakerja memasuki gelombang 4, sayangnya Skill Academy sudah tidak menjadi mitra resmi Prakerja lagi. Namun peserta Prakerja tetap bisa membeli kelas Skill Academy melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Pintaria.

Pengalamanku belajar di Skill Academy

Kelas pertama yang aku beli dulu adalah SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google, dengan pengajar Mas Ilman Akbar.

Materi lengkap dan berbobot

Sebagai seorang pemula di dunia blogger, aku benar-benar buta mengenai SEO. Yang aku tau hanya membuat blog, lalu mengisinya dengan tulisan-tulisan berdasarkan pemikiranku sendiri. Tanpa tau hal teknis seperti SEO.

Padahal dalam dunia blog profesional, SEO merupakan hal yang sangat penting. Agar tulisan kita masuk ke mesin pencari google dan menemukan banyak pembaca.

Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian hal yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah situs/blog/website agar masuk ke halaman awal google.

Di sini Mas Ilman mengajarkan mulai dari pengenalan dasar SEO hingga berbagai hal teknis yang harus dilakukan agar blog kita teroptimasi dengan baik.

Apalagi ketika belajar di internet, karena terlalu banyak informasi, jadi bingung harus mulai dari mana dulu. Jadi belajar di kelas ini benar-benar sangat bermanfaat banget buatku. Yang awalnya meraba-raba, jadi punya pandangan yang jelas tentang SEO.

Pengajar merupakan orang yang berpengalaman dan ahli dibidangnya

Semua pengajar merupakan orang yang kredibel di bidangnya. Seperti contohnya kelas yang aku beli, Mas Ilman Akbar sebelumnya adalah Head of SEO di Traveloka selama empat tahun (2014 – 2018), dan saat menjadi pengajar di Skill Academy beliau menjabat sebagai Product Manager di Traveloka.

Sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam memahami materi yang diajarkan, karena pengalamannya dalam bidang SEO. Apalagi beliau menjabat posisi penting di sebuah perusahaan unicorn.

Penyampaian materi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami

SEO memang hal teknis dan banyak istilah yang nggak aku mengerti. Seperti istilah membangun backlink, on page optimization, off page optimization, dan lain sebagainya. Tapi Mas Ilman menjelaskannya dengan analogi yang sangat mudah dipahami.

Mas Ilman menghadirkan contoh sehari-hari sebagai analogi sehingga mudah dimengerti. Seperti saat menerangkan bagaimana sebuah keyword bekerja. Mas Ilman memberi contoh dengan menganalogikan google sebagai resepsionis. Dimana orang yang datang akan merequest ‘keyword’ dan si resepsionis memberikan informasi yang dibutuhkan. Pokoknya orang awam yang baru belajar SEO nggak akan bigung lagi deh.

Apalagi setiap materi dilengkapi dengan video dengan poin-poin penting yang dihighlight di dalamnya.

Terdapat pre-test, mid-test, dan exam

Sebelum memulai kelas, akan ada pre-test. Jadi aku bisa mengetahui sejauh mana pengetahuanku tentang materi yang akan dipelajari.

Lalu ada mid-test, di tengah-tengah materi. Untuk mengukur apakah materi yang sebelumnya telah dipelajari dipahami dengan baik. Jadi aku akan tahu, sejauh mana aku memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya.

Kemudian di akhir kelas akan ada exam. Ujian yang akan menentukan kelulusan dan sebagai tolok ukur, apakah ilmu yang disampaikan benar-benar aku mengerti.

Ada rangkuman materi di akhir kelas

Sebelum melakukan tes akhir. Biasanya aku akan membaca lagi rangkuman materi yang telah di sediakan di akhir kelas untuk merefresh ingatan, sebelum melakukan ujian.

Ya, agar ujian lancar dan nggak mengulang ya, hehe

Mendapatkan sertifikat kelulusan dan sertifikat penyelesaian materi

Sertifikat Skill Academy
Dok. Pribadi

Setalah lulus, aku mendapatkan dua sertifikat. Satu sertifikat penyelesaian kelas dan satu lagi sertifikat kelulusan kelas. Sertifikat ini akan menambah nilai plus untukku saat apply job freelance.

Materi kelas bisa diakses selamanya

Wah, ini nih yang penting. Namanya juga daya ingat manusia itu terbatas. Apalagi aku orangnya gampang lupa. Jadi suatu ketika, saat aku lupa, dan butuh ilmunya lagi, aku bisa putar ulang videonya di bagian materi yang pengin aku pelajari lagi. Ini enaknya video dibagi per materi, jadi nggak perlu putar ulang dari awal.

Satu-satunya lembaga pelatihan yang menyediakan bimbingan karir

Career Mentoring Skill Academy
Sumber: instagram @skillacademy.id

Belum lama ini Skill Academy meluncurkan program baru yaitu Career Mentoring. Di mana pengguna akan dibimbing bagaimana membuat CV yang bagus, menyusun profile LinkedIn, pembuatan surat lamaran kerja, hingga bagaimana cara menghadapi interview.

Ini bagus sekali untuk kamu yang kesulitan mencari kerja.

Cara gabungnya gampang banget, yaitu:

  1. Beli minimal 3 kelas di Skill Academy.
  2. Terima email undangan, untuk bergabung ke grup Career Mentoring.
  3. Daftar Career Mentoring dengan mengisi form pendaftaran yang telah disediakan.
  4. Mulai Career Mentoring.

Tapi kalau kamu nggak mau repot beli tiga kelas dulu, Skill Academy juga menyediakan kelas Ekslusif Bimbingan Karir: Mentoring untuk Dapat Kerja.

Aplikasi mobile user friendly

Aku adalah ibu rumah tangga yang nggak bisa terus pantengin laptop. Untuk belajar pun aku juga mencuri-curi waktu. Bisa sambil memasak, ketika nunggu tempe goreng matang daripada bengong kan, lebih baik aku putar video kelas Mas Ilman sambil menyiapkan buku catatan kecil. Acara goreng tempe jadi berfaedah karena tambah ilmu, hehe

Karenanya aku memutuskan untuk install aplikasi Skill Academy by Ruangguru yang bisa di download gratis di Play Store. Ukuran aplikasinya juga nggak besar, hanya 31MB dengan berbagai fitur dan kelengkapan informasi yang lengkap.

Aplikasinya pun sangat ringan dan jarang terjadi masalah.

Cara membuat akun dan membeli kelas di Skill Academy

Cara mendaftar dan membeli kelas di Skill Academy
Dok. Pribadi

1. Kunjungi www.skillacademy.com atau download aplikasinya di Playstore

2. Klik daftar/masuk di pojok kanan atas. Atau pilih lainnya di pojok kanan bawah, lalu klik daftar jika kamu memakai aplikasi.

3. Isi form dengan data yang benar dan valid. Atau kamu bisa mendaftar otomatis melalui akun google atau facebook. Jika kamu peserta Prakerja, email harus sama dengan yang terdaftar di Prakerja, ya. Ini untuk memudahkan sinkronisasi data, agar saat proses pengiriman sertifikat ke dashboard Prakerja minim kendala.

Cara mendaftar akun di skill academy
Dok. Pribadi

4. Cari kelas yang ingin kamu pelajari di kolom pencarian. Atau lihat di beranda terdapat rekomendasi kelas yang populer, kelas pilihan Prakerja, kelas baru, kelas sesuai dengan kategori, kelas terlaris, hingga kelas paket.

5. Klik beli, kelas yang kamu inginkan.

6. Perlahan teliti kembali kelas yang akan kamu beli.

Cara membeli kelas di skill Academy
Dok. Pribadi

7. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

8. Untuk mengakses kelas yang telah kamu beli, klik kelas saya.

Pembayaran
Dok. Pribadi

9. Selesai! Kamu bisa memulai belajar di kelas yang telah kamu beli. Setelah selesai jangan lupa memberikan ulasan dan rating untuk Skill Academy, ya.

Kenapa peserta Prakerja harus belajar di Skill Academy?

Selain kelebihan yang sudah aku jabarkan di atas. Masih ada keuntungan lain yang ditawarkan Skill Academy untuk peserta Prakerja.

Kelas bisa diselesaikan tanpa webinar

Tanpa Webinar bukan berarti nggak bagus ya, malah kita bisa menyelesaikan kelas sesuai dengan target kita sendiri tanpa menunggu jadwal Webinar. Karena peraturan Prakerja, insentif pertama baru bisa diproses setelah peserta menyelesaikan kelas dan mendapatkan sertifikat.

Proses pengiriman sertifikat hingga muncul di dashboard Prakerja cepat

Setelah mendapatkan sertifikat di platform belajar pun, peserta prakerja harus menunggu lagi hingga sertifikat muncul di dashboard baru insentif bisa diproses.

Dan dari 4 kelas yang sudah aku beli di Skill Academy semua nggak ada yang ngaret. Bahkan prosesnya lebih cepat. Dalam waktu 3 hari kerja, sertifikat kelulusanku sudah nangkring di dashboard Prakerja. Jadinya pencairan insentif pun lancar jaya minim kendala.

Terdapat layanan konsumen

Dan apabila kamu menemukan kendala, jangan khawatir. Kamu bisa DM instagramnya Skill Academy di @skillacademy.id atau menghubungi layanan konsumen yang bisa kamu akses di aplikasi atau web Skill Academy. Kamu akan langsung terhubung ke WhatsApp-nya Skill Academy. Keluhan kamu akan ditanggapi setiap harinya mulai pukul 7.00 WIB – 22.00 WIB.

Customer Service Skill Academy

Saat mengajukan keluhan jangan lupe mencantumkan kode voucher atau invoice pembelianmu, ya. Agar mudah ditracking transaksimu dan ditangani oleh layanan konsumen.

Manfaat Skill Academy untukku sangat besar. Karena Skill Academy, aku memberanikan diri untuk mengubah blog yang awalnya gratisan menjadi Top Level Domain (TLD). Dan dalam membuat artikel, aku juga menerapkan ilmu SEO yang telah aku pelajari sehingga artikelku bisa diindeks oleh Google.

Aku juga mulai mendapatkan income dari profesi baruku sekarang, yang sebagai seorang blogger. Walau belum banyak, setidaknya untuk operasional sehari-hari aku bisa membantu sedikit demi sedikit. Dan suami bisa fokus menyiapkan dana darurat. Agar ketika nanti terjadi hal di luar dugaan lagi, kami nggak kelimpungan jual dan gadai barang berharga untuk bertahan. Karena menyiapkan dana darurat memang salah satu wishlist kami. Dan sekarang kami sedang berusaha untuk mewujudkannya.

Terima kasih untuk kamu yang sudah membaca tulisan ini hingga akhir. Semoga bermanfaat.

Salam,

Ning!

30 pemikiran pada “Upgrade Skillmu di Lembaga Pelatihan Terbaik Skill Academy”

  1. Platform pengembangan skill ini emang juara banget, untuk pelatihan bagi mereka yang membutuhkan untuk apgred sklillnya dan banyak kelasnya juga yaa bisa diseuaikan dengan kebutuhan kita.

    Balas
  2. Hadirnya skill academy jadi penyemangat untuk masyarakat yang terdampak pandemi dapat bangkit lagi meningkatkan skill dan mengelola usaha

    Balas
  3. Bagus nih ternyata ya program2 dari Skill Academy ini. Bisa memberikan banyak pelajaran bagi pelajarnya yang sesuai minat. Mantap!

    Balas
  4. Jadi penasaran pengen tahu tentang materi apa saja yang bisa diampu kalau bergabung Skill Academy.

    Keren sekali sih Kak, dengan bergabung di Skill Academy sampai akhirnya bikin domain TLD dan akhirnya mulai merasakan hasilnya dari ngeblog.

    Semoga semangat terus ya.

    Balas
  5. keren banget skill academy, tau banget kalau masyarakat membutuhkan banyak kursus singkat

    dan harus online, walau pandemi udah hengkang dari bumi Indonesia

    karena macet dimana-mana, bikin waktu nggak produktif

    Balas
  6. Saya belum pernah sama sekali ikut kursus di skill academy meskipun sudah registrasi akunnya dari dulu, kursusnya lengkap banget mbak, dan harganya macam-macam nih sampai ada yang promo juga. Jadi mau ikut kursus online nih

    Balas
  7. Enak Juga ya Skill Academy beneran memberikan apa yg dibutuhkan para pelajarnya. Terkonsep dan terstruktur. Btw penasaran juga sama kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google, Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing, Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Non Fiksi, Copywriting: Teknik Merangkai Kata Untuk Tingkatkan Penjualan. Menarik pelajarannya

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: