5 Fitur Ruangbelajar by Ruangguru Bikin Orang Tua Makin Tenang Saat PJJ

Siapa nih yang anaknya malas-malasan belajar karena lagi-lagi diberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)?

Aduh! Pusing ya bun!

Apalagi kalau kamu nggak bisa selalu mendapingi anak dalam belajarnya. Terkadang parents pasti juga memiliki kegiatan lain untuk dikerjakan. Di tengah situasi yang serba sulit ini memang perlu usaha extra agar dapur tetap ngebul ya.

Tenang, jaman sekarang teknologi sudah canggih. Manusia sangat terbantu dengan kehadiran teknologi. Salah satunya Ruangbelajar yaitu Aplikasi bimbingan belajar online, inovasi terbaru dari Ruangguru ini akan sangat membantu kamu agar anak bisa belajar mandiri, tanpa harus terus-menerus ditemani, sehingga kamu bisa melakukan hal lain dengan tenang dan nggak melulu kepikiran pendidikan anak.

Jika kemarin aku menuliskan fitur terbaru Ruangbelajar yang baru saja dirilis Ruangguru. Kali ini aku mau membahas 5 fitur ruangbelajar yang bisa membantu kamu lebih tenang dan percaya jika anak bisa kok belajar dengan mandiri.

Oh iya, artikel fitur baru ruangbelajar yang sudah aku tulis, bisa kamu baca di sini ya. Untuk yang belum tau apa itu ruangbelajar, juga sudah aku tulis dalam artikel tersebut.

Yuk, langsung aja kita bahas, apa aja fitur yang bisa membantu kamu semakin kalem dalam menjalani PJJ kali ini.

Belajar dengan Master Teacher Terbaik


Dalam memilih lembaga pendidikan anak, tentu orangtua akan memilihkan yang terbaik. Sekolah terbaik, kampus terbaik, tempat les terbaik, hingga guru yang juga memiliki kredibilatas dan kualitas yang bagus.

Dan pas banget nih, di ruangbelajar semua gurunya merupakan guru pilihan dengan prestasi yang baik.

Berikut beberapa contoh Master Teacher di ruang belajar:

Wah, keren-keren ya background guru-gurunya, itu hanya sebagian. Masih banyak sekali backgorund guru lain yang nggak kalah keren. Jadi jangan khawatir, para siswa di ruangbelajar di ajar oleh Master Teacher terbaik. Selain itu video belajar juga dilengkapi dengan animasi yang membuat aktifitas belajar sangat menyenangkan dan mudah dipahami.

Bisa download semua materi


Sekarang apa-apa pakai internet ya, tugas sekolah dikirim via WhatsApp, bertatap muka dengan guru juga melalui zoom. Kalau internet lancar sih selow aja kita. Tapi kalau pas internet susah? Wifi mati? Ya ampun. Nggak cuma anak, orangtua juga ikutan stress berat, khawatir anak akan ketinggalan pelajaran dan lain sebagainya.

Di ruangbelajar, kamu bisa tenang. Karena semua materi bisa di download. Jadi nggak ada ceritanya tuh video buffering saat anak belajar. Internet yang nggak stabil, selain membuat anak malas melanjutkan belajar, pasti anak juga ngambek dan cranky ya.

Nah, setelah semua materi di download siswa bebas mau belajar di mana pun dan kapan pun. Proses belajar nggak perlu terhambat hanya oleh koneksi internet yang annoyying!

Berbagai fitur latihan dan Asah Otak

Untuk melatih materi yang telah anak pelajari, tentunya dengan latihan soal ya. Dengan berbagai simulasi soal yang dikerjakan anak akan semakin paham dan bisa mengukur kemampuannya sudah sampai mana.

Jika dulu untuk berlatih kita harus membeli buku latihan soal yang tebal sekali dan mahal banget itu. Sekarang nggak perlu lagi karena di ruangbelajar dilengkapi berbagai fitur latihan seperti Banks Soal, Latihan BAB, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan apakah anak sudah mengerti dengan materi yang telah dipelajari.

Dan ada juga fitur Asah Otak, melalui fitur ini anak akan menjawab berbagai soal yang telah disediakan. Dari hasil yang didapatkan, Ruangguru akan memberi rekomendasi video belajar yang materinya masih perlu dipelajari lebih lanjut. Jadi anak bisa belajar lebih terarah dan tau di mana letak kekurangannya yang masih harus ditingkatkan kembali.

Sumber: ruangguru

Jadwal Belajar

Anak suka lupa dan nggak teratur belajar? Nggak usah khawatir, ada Jadwal Belajar yang akan membantu kamu agar anak bisa belajar secara teratur dan efektif.

Dalam fitur Jadwal Belajar siswa bisa menyusun sendiri jadwal belajarnya, atau jika bingung kamu bisa menyusunkan jadwalnya. Tentunya dengan berdiskusi dengan anak ya, agar anak nggak merasa terpaksa saat belajar dan tetap enjoy. Atau bisa juga ruangguru membantu dalam menyusun jadwal belajar anak dengan memilih Instan.

Masih bingung ya bagaimana cara menyusun Jadwal Belajar di ruangbelajar?

Berikut tutorialnya:

Sumber: ruangguru

Setelah Jadwal Belajar jadi, setiap mendekati waktu belajar, aplikasi ruangguru akan mengingatkan kok, jadi jangan takut anak kelupaan belajar lagi, ya.

Laporan Belajar

Fitur tetakhir yang sangat membantu orangtua dalam memantau progress belajar anaknya adalah Laporan Belajar.

Kamu cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 0815-7820-0000 untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.

sumber: ruangguru

Jadi gimana? Nggak perlu lagi kan selalu dan terus-menerus menemani anak belajar dan pekerjaan lain terbengkalai?

Dengan ruangbelajar anak bisa belajar mandiri dan ada progress yang bisa dipantau. Jadi ketika anak selalu bermain HP, kamu akan tau apakah ia sedang belajar atau bermain game. Karena ada laporan belajar yang kamu bisa lihat.

Dengan memberi anak kesempatan belajar secara mandiri, anak juga akan merasa dipercaya dan lebih bertanggung jawab, juga lebih semangat dalam belajar.

Semoga PJJ kali ini lancar ya, selamat belajar!



Salam,
Ning!

12 pemikiran pada “5 Fitur Ruangbelajar by Ruangguru Bikin Orang Tua Makin Tenang Saat PJJ”

  1. Anakku salah satu murid ruang guru selama 2 tahun. Sangat terbantu untuk memperbanyak sumber belajar dan latihan

    Balas
  2. Wah ada rapor anaknya segala ya, keren sekali ruang guru ini, semakin berinovasi! Apalagi di zaman yang serba digital karena adanya pandemi ini. Orang tua harus tetap semangat memberikan hak pendidikan pada anak, salah satunya lewat ruang guru!

    Balas
  3. Fitur ruangbelajar sangat lengkap ya, suka sama fitur download materinya, jadi bisa dipelajari ulang secara offline.

    Trus ada fitur laporan belajar, mirip lapor di sekolah, orangtua jadi tahu progress belajar siswa.

    Balas
  4. Salah satu fitunya yakni Rapor pas banget sih untuk memantau dan evaluasi perkembangan anak. Meski mungkin tetap nggak seseru pembagian rapor ketika sekolah offline.

    Balas
  5. Besok anak masuk sekolah, tahun ajaran baru ada kiranya masih tetap PJJ nih secara PPKM Darurat masih diperpanjang. Adanya aplikasi Ruangguru begini sangat membantu proses belajar anak pastinya…

    Balas
  6. Wahh memang pas banget nih peranan ruang guru untuk bisa jadi guru expert untuk anak-anak. Secara gitu yaa zaman sekarang apalagi PJJ yang sekolah justru emaknya bukan anaknya wkwkwk

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: