Dampingi Anak Belajar Dengan Ruangbelajar by Ruangguru

Yeay! Tahun ajaran baru telah tiba. SELAMAT!

Selamat karena telah melewati satu tahun jenjang pendidikan yang nggak mudah. Setahun ini kamu telah berjuang, menemani anak sekolah dari rumah. Online, tanpa tatap muka langsung dengan guru dan teman-temannya.

Awalnya mungkin anak-anak senang karena nggak perlu pergi ke sekolah, bisa bangun sedikit terlambat dari biasanya. Menikmati 5 menit tidur lagi yang kadang nambah 5 menit lagi. Haha

Tapi, ternyata semakin lama, semakin nggak asyik. Bosan. Jenuh. Mereka ingin kembali ke sekolah, mendengarkan penjelasan langsung dari guru, bersenda gurau dengan teman. Atau terkadang bersaing secara prestasi dengan rivalnya.

Dengan keterbatasan itu semua, memang nggak mudah. But you did it!

Kerinduan ingin bersua kembali dengan teman dan gurunya, ternyata belum bisa terwujud lagi di tahun ajaran baru tahun ini. Kamu telah melewati waktu sulit yang lalu, kamu pasti juga bisa melewati kesukaran saat ini.

Di tengah melonjaknya angka pandemi saat ini, pasti mental dan psikis kamu juga semakin tertekan. Sehingga menemani anak belajar juga sulit. Apalagi jika ada materi pelajaran anak yang kamu nggak paham. Lelah!

Mau keluar untuk menyegarkan pikiran juga semakin was-was. Nah, untuk menjaga kewarasan, aku punya beberapa tips buat kamu, agar bisa sedikit saja mengurangi beban kamu. Nggak banyak, tapi walau sedikit, semoga bisa bermanfaat buat para orang tua yang sedang struggling menemani anaknya sekolah dari rumah, dan masih menghandle pekerjaan domestik lainnnya.

1. Me time sejenak dan bebaskan anak bermain

Pasti kamu merasa lelah ketika menemani anak belajar, mata terus-menerus melihat layar. Merasa pusing, bahkan terkadang mual. Ini tandanya mata kamu capek! Dan mungkin nggak hanya mata, kamu juga penat. Butuh istirahat sejenak dari layar TV, laptop, HP, atau gadget lainnya.

Dan biarkan anak bermain, terserah anak mau bermain apa. Melukis, bermain lego, robot, atau apa pun yang disukainya.

Selagi anak bermain, coba deh, kamu me time sejenak. Bisa dengan membaca buku, memasak makanan favorit, luluran, atau hal lain yang kamu suka.

Dengan begitu, kamu dan anak akan sama-sama mengistirahatkan diri sebentar. Merecharge energi yang hampir habis, dengan energi baru yang lebih siap untuk on screen lagi nantinya.

2. Ajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah bersama

Nggak ada salahnya kok kamu ngajakin anak mengerjakan pekerjaan rumah. Justru hal itu akan melatih anak untuk lebih bertanggungjawab, dan merasa penting karena ia memiliki peran dalam urusan kebersihan rumah.

Anak juga akan belajar dan lebih menghargai orangtunya. Anak jadi tau jika ternyata pekerjaan orangtua terutama ibu sangat nggak mudah.

Selain itu mengerjakan pekerjaan rumah bersama, juga bisa sebagai media bonding agar hubungan kalian semakin erat. Lakukan dengan menyenangkan, bila perlu beri anak reward agar ia semakin antusias dan enjoy saat melakukannya.

3. Lakukan olahraga di rumah bersama anak

Selain mengusir jenuh, sekarang ini imun tubuh juga harus dijaga. Salah satunya dengan olahraga di rumah.

Lakukan yoga atau aerobik atau olahraga versi kamu, agar keringat keluar, badan sehat, dan yang paling penting jadi good mood, karena aktivitas fisik ini mampu memicu hormon neurotransmiter serotonin yang akan mengembalikan mood kamu.

Olahraga juga membantu melancarkan aliran darah hingga ke otak lho parents, yang otomatis membuat kemampuan otak meningkat. Sehingga anak bisa lebih siap untuk belajar lagi.

Nah, itu adalah 3 hal dari aku yang mudah-mudahan bisa membantu kamu lebih sehat, keluar dari kejenuhan sejenak, dan yang paling penting tetap menjaga kewarasan agar imun tetap terjaga di tengah kondisi yang nggak stabil saat ini.

Kemudian ketika kamu mengalami kesulitan saat membantu anak belajar. Sehingga ketika anak nggak paham dan kamu nggak ngerti harus menjelaskan bagaimana. Di sini aku mau merekomendasikan aplikasi belajar online terbaik yaitu Ruangguru dengan ruangbelajar-nya, agar anak bisa belajar secara mandiri. Dan emak bisa lanjut beberes rumah. Yuk langsung kita bahas!

BERKENALAN DENGAN RUANGBELAJAR


Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangbelajar by Ruangguru adalah layanan belajar online terbaik dan terlengkap di Indonesia. Diharapkan dengan ruangbelajar para siswa bisa belajar mandiri dengan puluhan ribu video pembelajaran animasi dan latihan soal.

Kenapa kamu harus berlangganan ruangbelajar?

Ruangbelajar
Sumber: ruangguru
  • Terdapat puluhan ribu video belajar yang dilengkapi dengan animasi
  • Bisa latihan soal sepuasnya dengan ribuan soal di bank soal
  • Terdapat rangkuman infografis yang semakin memudahkan pengguna dalam mengingat materi
  • Video bisa didownload dan diakses offline
Ruangbelajar vs bimbel biasa
Sumber: ruangguru

Untuk menyambut tahun ajaran baru 2021, Rungguru merilis 6 fitur baru ruangbelajar untuk memudahkan para siswa agar belajar makin fun, cepat paham, dan nagih!

Apa saja 6 fitur baru ruangbelajar tersebut?

RUANGGURU PET MISSION

Punya hewan peliharaan nggak hanya di rumah. Sekarang di ruangguru pun penggunanya juga bisa memelihara hewan. Pada fitur terbaru ruangbelajar, ruangguru menghadirkan Pet Mission, siswa akan memiliki hewan peliharaan yang terdiri dari 3 pilihan yaitu:

Pet mission di ruangbelajar
  • Modo The Giant Dragon
  • Candra The Bird of Paradise
  • Harry The Diamond Tiger

Misi hewan peliharaan adalah misi harian yang disediakan dalam halaman evolusi hewan. Jika bisa menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, kamu akan mendapat reward 1 batu evolusi hewan peliharaan. Batu ini bisa membuat mereka tumbuh semakin besar.

Wah, belajar jadi makin asyik kan. Buat anak-anak yang suka main game pasti akan terpacu belajar lebih giat dengan cara menyelesaikan misi, agar hewan peliharannya bisa tumbuh besar dan semakin keren.

RUANGGURU ADVENTURE


Sumber: ruangguru


Lagi-lagi, fitur ini membuat penggunanya serasa main game, pengguna bisa kreasikan avatar sesukanya. Dan ada levelnya juga!

Belajar semakin asyik dengan mengumpulkan gold dan bisa ditukar dengan outfit keren untuk avatarmu. Setiap hari juga bisa mengambil item gratis di dalam Mystery Box.

Tips agar level cepat naik:

Sumber: instagram ruangguru
  • Nonton video belajar setiap hari
  • Mengerjakan latihan
  • Membaca rangkuman agar kamu lebih paham

Di dalam ruangguru adventure ini, pengguna juga bisa melihat rankingnya. Belajar jadi makin termotivasi, deh.

PLAYLIST BELAJAR

Ketika sedang belajar kemudian ada ditraksi yang mengharuskan murid meninggalkan pelajarannya yang sedang berlangsung di ruangguru. Kali ini ruangguru merilis fitur Playlist Belajar. Agar ketika hal ini terjadi, siswa bisa kembali belajar tanpa mengulang materi dari awal. Cukup diulang bagian yang tadi ditinggalkan saja, atau jika belum mengerti pada bagian tertentu, bisa diualng pada bagian tertentu itu saja. Nggak perlu mengulang dari awal, ya.

Playlist Belajar juga diharapkan membuat siswa lebih disiplin terkait dengan konten apa saja yang harus dipelajari setiap minggunya.

Dengan ini ruangguru juga ingin memberikan rencana pembelajaran (Playlist Belajar) kepada para pengguna sesuai dengan kebutuhannya, dan sesuai dengan agenda belajar di sekolah.

Cara ini juga lebih mudah untuk pengguna dalam menyimpan dan melanjutkan misi untuk nanti.

Selain membuat Playlist siswa juga bisa membuat jadwal belajar, agar belajar semakin produktif dan terstruktur.

Cara membuat jadwal belajar di ruangbelajar cukup mudah yaitu:

  • Pilih Jadwal Belajar pada ruangbelajar
  • Klik Buat Jadwal Belajarmu
  • Kemudian pilih instan jika ingin jadwal belajarmu disusun oleh ruangguru, kamu tinggal memilih waktu dan mata pelajarannya saja. Atau pilih Atur Sendiri, untuk menyusun jadwal belajarmu sendiri

SUBTITLE VIDEO

Tentunya belajar makin mudah dipahami ketika video belajar yang dihadirkan menarik dan gampang dimengerti. Apalagi video belajar ruangguru dilengkapi dengan animasi, Master Teacher yang berpengalaman, dan penjelasan yang mudah dimengerti.

Selain itu, kini Video Belajar menghadirkan fitur baru yaitu subtitle video agar pengguna lebih mudah memahami isinya dan nggak melewatkan poin penting dalam video. Pengguna pun bisa melihat konten mendetail selama menonton video. Memastikan memahaminya dengan baik dan nggak melewatkan poin penting.

ADAPTO

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video, sehingga pembelajaran lebih interaktif dengan jawaban yang memandu siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Jadi tujuan fitur ini adalah agar kamu bisa memilih materi belajar sendiri.

Dengan begitu kamu bisa mengatur tingkat kecepatan belajarmu sesuai dengan kemampuan belajarmu. Dengan fitur ini Ruangguru ingin memastikan kamu dapat memahami materi sebelum lanjut ke bagian berikutnya.

Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan, dan imersif.

FITUR PENCARIAN

Fitur ini dihadirkan untuk siswa yang sudah tau ingin belajar apa di aplikasi, tapi membutuhkan cara cepat dan efisien dalam menemukan materi pembelajaran.

Wah, keren-keren sekali ya fitur baru yang ada di ruangbelajar. Semoga dengan fitur baru yang dihadirkan Ruangguru membuat semangat belajarmu semakin menggebu, nggak cepat bosan, dan semakin banyak ilmu juga pemahaman yang kamu dapat.

Oh, iya, kalau kamu mau berlangganan ruangguru, jangan lupa pakai kode promo INGOLDLIFE untuk mendapatkan diskon hingga 80%! Wah, jadi semakin hemat ya, uang sisanya bisa buat untuk kebutuhan lainnya.

Selamat belajar!

Salam,

Ning!

29 pemikiran pada “Dampingi Anak Belajar Dengan Ruangbelajar by Ruangguru”

  1. bersyukur ya meski via online sekarangg belajar anak-anak jadi lebih mudah dan menyenangkan 🙂 ruangguru memang bisa jd solusi pendidikan nih 🙂

    Balas
  2. Membaca curhatana para ibu termasuk cuitan tetangga sendiri soal job ngajar mendadak sejak pandemi ya ampun jadi ngebayangin d posisi mereka. Alhamdulillah Ruangguru membantu sekali nih, games nya seru yaa jadi ngga berasa beneran belajar

    Balas
  3. Ruang belajar yang asik seperti itu tentu bisa bikin semangat belajar dong, apalagi lengkap dengan progress, ada Avatar yang jadi temen belajar. Daku pernah ceki-ceki soalnya hihi jadinya tahu

    Balas
  4. tambah hebat aja ruangbelajar, bikin anak anak betah belajar

    karena tim kreatif Ruangguru selalu berinovasi, mencari cara agar pendidikan di Indonesia semakin baik dan semakin baik

    Balas
  5. Hiks, iya kasian banget anak2 tuh, kalo mau teriak mah sama kek kita semua pada bosan juga, apalagi belajar daring yang serba terbatas dan kurang maksimal. Orang tua pun dibikin rempong yaa.
    Untungnya ada solusi dari Ruangbelajar by Ruangguru dengan fitur2 yang ada membantu banget anak2 dan orang tua ya.
    Selamat mendampingi anaknya dengan happy ya.

    Balas
  6. Hebat yach RuangGuru jadi platform belajar online untuk anak dengan kreatif dan menyenangkan. Semoga anak-anak betah belajarnya. Mudah2an interaktif supaya kedua belah pihak bisa saling menyapa.

    Balas
    • PJJ bukan hanya muridnya yg bosan, gurunya juga bosan, tanggung jawab mikirin ne anak bisa gak di ajar jarak jauh, udah buat mumet banget. Gak maksimal. Namun sedikit terbantukan dengan adanya Ruang belajar by ruangguru. Sangat bermanfaat artikelnyaaa mbak.makasih informasinya

      Balas
  7. Tantangan banget ya PJJ atau belajar online seperti ini. Orang tua harus banyak stok sabar dan beradaptasi, anak juga harus dijaga moodnya supaya tetap semangat. Untung ada ruangbelajar yang membantu!

    Balas
  8. Pendampingan Parents kepada anak memang sangat diperlukan. Mereka sangat perlu bimbingan yang lebih Intens dari orang tua terlebih pada saat suasana yang saat ini.

    Balas
  9. Belajarnya menarik, serasa main game. Ilmunya dapet hiburannya juga dapet. Imunitas meningkat karena pikiran tetep hepi.

    Balas
  10. wahhh, ruang guru emang mengkombinasikan edutainment banget ya mba. Selain materi2 online nya dan bank soal yang tersedia ternyata ada mission nya juga, jadi anak kaya main game tapi ya disuruh belajar! Menarik-menarik! Emang sekarang tuh kan anak-anak kecil suka banget main game online ya

    Balas
  11. Belajar daring dari sekolah di musim pandemi gini, jujur kurang maksimal. Adik saya malah jadi banyak ngegamenya ketimbang mengerjakan tugas. Ditanya kenapa, katanya bingung.

    Memang perlu nih, adik saya daftarkan ke ruang guru. Biar materi pelajarannya bisa nangkap dan mudeng.

    Balas
  12. Inovasi Ruangguru selalu luar biasa ya. Apalagi sekarang ada game seperti di atas yang bikin anak-anak bakalan tertarik menyelesaikan misi dan dapatkan reward. Belajar jadi terasa seperti bermain.

    Balas
  13. Ada satu hal yang bikin apps ini unggul. Apps ini mendukung pembelajaran yanh terpersonalisasi. Belajar bisa disesuaikan dengan kesukaan dan minat. Maklum sih ya, sdh tersedia puluhan ribu video pembelajaran

    Balas
  14. Ah bener banget, tahun ajaran baru semangat belajar baru bersama ruangbelajar by Ruangguru ya kak, apalagi inovasi nya gemes banget anak kayak bermain games padahal lagi belajar

    Balas
  15. Dampingi Anak memang sangat penting saat belajar, apalagi saat ini anak-anak lebih sering menggunakan handphone untuk belajar, jadi sangat perlu untuk di dampingi oleh orang tua ketika sedang belajar atau sedang menggunakan handphone

    Balas
  16. Selamat siang Mbak Ning!
    Ketemu lagi nih saya dengan artikel parenting yang bermanfaat.
    Meskipun saya belum menikah, tapi di rumah saya punya keponakan yang saat ini naik kelas 2 SD. Agak susah disuruh belajar apalagi sudah hampir 2 tahun tidak sekolah. Saya sudah sering mendengar ruang guru tapi belum pernah coba, kayaknya harus daftarin ponakan untuk ikut kelas ruang guru nih biar dia bisa giat belajar.

    thank you mbak

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: