Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Untuk Anak

Hai, apa kabar?

Di saat sulit seperti ini, aku selalu berharap agar kamu baik-baik saja dimana pun kamu berada.

Udah tahu belum sih kalau saat ini pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Indonesia, nggak mewajibkan pelajaran bahasa inggris. Sudah sejak tahun 2013 peraturan ini diberlakukan.

Akibatnya banyak sekolah yang mengeliminasi pelajaran tersebut dari jadwal pelajaran yang akan diajarkan ke murid-muridnya. Terutama di daerah, kebanyakan lebih memfokuskan pelajaran bahasa daerah ketimbang bahasa asing.

Padahal kini kita sudah memasuki era globalisasi, semua orang dimanapun berada sudah bisa terhubung secara live dengan jaringan internet. Memangkas jarak yang membentang.

Bahasa ibu memang sangat penting untuk terus dipelajari oleh generasi penerus bangsa. Agar mereka nggak lupa akar dimana mereka tumbuh, terus melestarikan bahasa, juga budaya bumi pertiwi dimanapun mereka tinggal.

Tapi sekarang ini, belajar Bahasa Inggris juga nggak kalah penting. Agar generasi penerus kita bisa bersaing secara global. Mereka punya hak untuk mengenal dasar bahasa internasional sejak dini, agar bisa membentangkan sayap dengan kepakan yang indah. Berwawasan dan mampu bersaing dengan negara lain.

Jadi sebaiknya anak-anak dikasih kesempatan untuk mengenal dan belajar bahasa inggris dasar sejak memasuki Sekolah Dasar.

Jadi bagaimana solusinya? Ketika sekolah anak nggak ada mata pelajaran Bahasa Inggris dan orang tua juga bukan orang yang berbakat mengajari anak sendiri. Solusi satu-satunya adalah mencari tempat les Bahasa Inggris untuk anak.

Apalagi sekarang masih dalam kondisi pandemi, PPKM juga masih terus diperpanjang. Lebih baik kamu mencari tempat kursus Bahasa Inggris online saja. Anak bisa belajar dari rumah, tapi dengan metode yang sesuai dan efektif sehingga nggak bikin orangtua tambah pusing.

Menghadapi anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saja sudah cukup membuat mumet, apalagi ini ditambah dengan bimbel.

Tapi, jangan khawatir dulu ya. Untuk menjawab permasalahan ini English Academy menghadirkan kursus bahasa inggris online interaktif untuk anak. Ada kelas Runner, Sprinter, Ranger, dan Explorer. Yang sebelumnya sudah aku ulas secara garis besar dalam artikel Belajar Bahasa Inggris Interaktif di English Academy.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan membahas secara mendalam kelas Runner dan Sprinter..

Kelas Runner

English Academy Runner
Sumber: English Academy

English Academy by Ruangguru menghadirkan kelas ini untuk belajar bahasa inggris dasar anak, yaitu untuk pelajar SD usia 7-10 tahun.

Anak akan dikenalkan kosa kata baru setiap harinya,sehingga akan memiliki perbendaharaan kata yang luas untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Anak juga akan belajar melalui media audio dan visual dalam bentuk video yang sangat mudah diakses. Jika kamu terkendala keterbatasan akses internet, video pembelajaran tersebut bisa didownload sehingga anak lebih leluasa untuk belajar kapanpun dan di manapun.

Terdapat juga Live Teaching yang membuat anak merasa belajar langsung dengan Master Teacher, seperti halnya tatap muka langsung. Anak bisa berdiskusi langsung dengan tutor dan anak-anak lain. Sehingga kegiatan belajar lebih interaktif dan seru!

Jika ada hal yang belum jelas atau anak masih kebingungan dalam belajar, anak juga bisa bertanya langsung saat sesi Live Teaching tersebut. Jadi selama belajar kamu bisa menganjurkan pada anak untuk mencatat hal-hal yang kurang dipahami agar bisa terjawab saat sesi ini.

Disediakan juga ebook dari Cambridge yang sesuai umur dan kemampuan belajar Bahasa Inggris anak, yang berisi berbagai aktivitas yang akan mendorong perkembangan kognitif dan sosial, mempersiapkan ujian internasional, dan mengembangkan keterampilan.

Kelas Sprinter

English Academy Sprinter
Sumber: English Academy

Kelas ini diperuntukkan bagi remaja masa kini yang ingin belajar Bahasa Inggris. Pelajar dengan usia 11-14 tahun. Remaja yang mulai memiliki kebutuhan, minat, dan spirasi mereka sendiri.

Berbeda dengan kelas Runner yang memperkenalkan hal dasar untuk kehidupan sehari-hari, untuk kelas Sprinter anak akan dikenalkan pada berbagai topik yang menarik, memicu rasa ingin tahu, menginspirasi, dan penuh tantangan.

Dalam kelas ini diharapkan anak akan memiliki perbendaharaan kata yang kaya, memahami kaidah penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, juga dapat mengaplikasikannya saat berkomunikasi secara lisan maupun tulisan.

Ada juga pengenalan dan pembahasan tentang budaya negara lain, sehingga anak memiliki wawasan luas dan bisa membandingkan dengan kehidupan mereka sendiri. Memetik hikmah dan memiliki pandangan baru dalam bersosial.

Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, anak akan belajar lebih interaktif dengan siswa lain dan Master Teacher. Anak akan ditantang dalam sebuah permainan kemudian dimasukkan ke dalam kelompok belajar, sehingga anak akan belajar tentang kerjasama tim.

Keunggulan Belajar Bahasa Inggris di English Academy by Ruangguru

Selain dengan metode belajar yang sesuai usia dan kemampuan anak. English Academy juga memiliki beberapa kelebihan lain yang patut kamu tahu.

Sebelumnya aku sudah pernah menuliskan beberapa keunggulannya pada artikel Belajar Bahasa Inggris Interaktif di English Academy.

Nah, di sini aku akan menambahkan beberapa hal yang sebelumnya belum aku bahas dalam artikel tersebut.

GRATIS! Placement Test!

Sebelum memutuskan untuk berlangganan, anak bisa mencoba fitur Placement Test, untuk mengetahui sampai dimana kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Sehingga anak akan masuk di kelas yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya.

Metode Belajar Interaktif Berbasis Teknologi

Les Bahasa Inggris online tentu saja harus bisa diakses melalui perangkat apa saja dan dimana saja untuk memudahkan anak saat belajar.

English Academy menghadirkan teknologi belajar yang optimal, agar anak bisa belajar dengan maksimal.

English Academy
Sumber: English Academy

Best Quality, Best Value, Best Price!

Dengan berbagai fitur, kurikulum, metode belajar, dapat diakses darimana saja, dan Master Teacher terbaik. English Academy memiliki kualitas dan nilai yang sudah nggak diragukan lagi.

Jika kamu ingin berlangganan, jangan lupa menggunakan kode diskon INGOLDLIFE, agar kamu mendapatkan potongan harga hingga 24%. Wah, lumayan banget kan?!

Jadi jangan lupa untuk pakai kode diskon di atas ya, karena kode tersebut bisa dipakai dalam waktu terbatas saja.

Selamat belajar!

Salam,

Ning!

26 pemikiran pada “Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Untuk Anak”

  1. Terimakasih ulasannya mba.
    Iya memang tidak diwajibkan bahasa Inggris. Namun, di dunia kerja keterampilan berbahasa menjadi nilai plus.

    Balas
  2. Aku jadi inget waktu zaman kecil dulu les bahasa inggris tapi offline. Sekarang asyik ada yg online tapi menyenangkan dan lengkap. Placement nya gratis pula. Keren nih English Academy

    Balas
  3. Aduh, sedih rasanya pas tahu kalau mapel bahasa inggris udh gak diwajibkan lg di SD. Pdhl menurutku mapel itu penting bgt. Wkt aku msh jadi guru bimbel, b.ing ini msh ada. Itu pun mreka agak kesulitan belajarnya, aplg klo g diwajibkan ya, mgkn lbh abai lg.

    Tp dgn adanya ruangguru ini, semoga bs memenuhi kebutuhan belajar bahasa inggris di level SD.

    Balas
  4. Waaah aku baru tahu kalau sekarang SD udah ga ada pelajaran bahasa Inggris, huft gimana anakku nanti ya. Tapi ya mungkin memang bahasa kedua harus les ya, thank you banget kak informasinya.

    Balas
  5. PJJ bikin belajar daring makin marak. Sehingga bermunculan aplikasi belajar yang bisa membantu siswa bisa mencari ilmu hanya dengan modal ponsel/laptop plus kuotanya. Emang ada sisi plus minusnya. Tapi utk Indonesia yang luas banget, model pembelajaran daring seperti ini sangat membantu.

    Wah ada diskon voucher juga ya. Ntar coba ah. Mau belajar bahasa Inggris lagi nih.

    Balas
  6. Makin lengkap ya Ruangguru, dari aplikasi buat pejuang CPNS sampe kursus Bahasa Inggris buat anak. Buat pengajarnya udah ga usah diragukan lagi lah.

    Saya pikir belajar antara Bahasa Inggris dan bahasa daerah sama pentingnya. Pernah baca penelitian justru yg belajar banyak bahasa, baik bahasa ibunya dan bahasa yg universal, bakal melatih kecerdasan anak, kayak critical thinking gitu. Baru tau juga di beberapa daerah pelajaran Bahasa Inggris dihapur, soalnya saya sering ngurus data nilai ibu saya yg guru SD, pelajaran Bahasa Inggris sama Bahasa Sunda masih ada.

    Balas
  7. Ikut prihatin mengetahui kalau bahasa inggris sudah tidak diwajibkan bagi peserta didik SD, padahal usia sekian bisa lebih menyerap ya? Dan mengingat kita berpacu di dunia teknologi, seharusnya bisa dipertimbangkan lagi.

    Tapi semoga aplikasi ruangguru ini bisa menjadi sarana meningkatkan kemampuan bahasa anak sejak dini.

    Balas
  8. Wah sangat disayangkan baru tau kalau didaerah ada yang mengorbankan pelajaran Bahasa Inggris, kita sebagai orangtua memang sudah seharusnya membekali anak dengan kemampuan Bahasa Asing. thanks

    Balas
  9. Sayang sekali ya, Kak. Duku SD sudah di wajibkan karena memang bermanfaat untuk anak agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Semiga keberadaan ruang guru bisa menjadi salah satu solusinya.

    Balas
  10. Aku baru tahu kalau pelajaran Bahasa Inggris itu sudah gak wajib masuk ke kurikulum SD. Padahal memang menguasai Bahasa Inggris saat zaman globalisasi seperti saat ini penting banget.
    Mestinya Bahasa Inggris dilatih sejak kecil yaa.
    Aku mau coba rekomendasikan kelas Runner untuk keponakanku yang kebetulan saat ini umurnya 7 tahun (kelas 2 SD)

    Terima kasih Mba Ning..

    Balas
  11. Enak sekali zaman sekarang ada aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak. Makin praktis Dan ilmunya banyak. Mesti dimanfaatkan nih

    Balas
  12. Menarik ini, tinggal install aplikasi bisa langsung digunakan sesuai jenjang belajarnya, tapi setelah placement test ya Mbak?

    Terima kasih infonya Mbak, bermanfaat. Karena zaman sekarang butuh belajar bahasa Inggris juga

    Balas
  13. English Academy by Ruangguru ini emang hits banget yaa, udah terpercaya pula, cara belajar bahasa inggris jaman now bagi anak2 lewat app.
    Suka dengan pembelajarannya yang interaktif, pastinya membantu banget skill berbahasa yang sangat dibutuhkan sekarang.

    Balas
  14. Wah, baru tau nih kalau sekarang pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SD sudah nggak ada. Berarti anak anak perlu disiapkan sendiri oleh orangtua semisal dengan bergabung di English Academy by Ruangguru. Sebab bisa bahasa Inggris membuka banyak kesempatan dan peluang saat ia besar nanti.

    Balas
  15. Ruangguru sudah berpengalaman dalam bidang pengajaran interaktif, yakin pasti dalam pemelajaran reading, understanding harus dikuasai berbasiskan teknlogi internet. Semoga bisa aplikatif, juga suskes untuk anak-anak yang pengin belajar interaktif, apalagi metodenya Cambridge, tentu mendukung.

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: