Mengembangkan Potensi Anak di Masa Pandemi

Baru beberapa bulan terakhir anak bisa kembali ke bangku sekolah ya bun, tapi harus kembali sekolah dari rumah karena varian Omicron yang semakin menggila.

Sudah 2 tahun lebih ya berarti anak selalu belajar di rumah, kali ini kita harus terus berjuang ya untuk anak-anak kita. Rasanya kemarin beneran dapet angin segar pas anak sekolah, ada waktu untuk me time lebih banyak juga.

Terutama untuk anak yang masih usia 4 tahun sampai 7 tahun, lagi senang-senangnya bersosialisasi tapi dipaksa di belajar dari rumah lagi.

Tapi walau di rumah saja, kita tetap harus terus menggali potensi anak agar optimal ya bun. Apalagi usia pra sekolah gini kan, jangan sampai nanti pas beneran udah full masuk kelas, anak kita tertinggal dari teman-temannya.

Berikut adalah cara yang aku terapkan agar potensi anak terus tergali meski selalu di rumah terutama untuk usia pra sekolah hingga kelas 1 SD ya bun.

Biarkan anak memilih dan berekplorasi

Seringkali kita sebagai orangtua terlalu mengatur apa yang harus anak lakukan, apa yang harus dimainkan, dan tak jarang juga menentukan apa yang harus anak pakai.

Terlalu mengatur akan membuat anak terbiasa dengan hal yang sudah dipersiapkan oleh orangtuanya, ia hanya tinggal menjalaninya saja. Apalagi jika anak bermain sesuatu yang menjadi pilihannya dan orangtuanya marah, anak akan semakin terkungkung dan takut mencoba hal baru.

Padahal hal baru akan membantu anak bereksplorasi sehingga membantunya menemukan hal yang benar-benar disukainya.

Selain itu dengan membiarkan anak memilih sendiri permainan apa yang ingin dimainkannya, akan tercipta rasa percaya diri, kemandirian dan anak juga akan menemukan hal yang benar-benar disukainya.

Baca juga: 5 Situs Download Worksheet Printable Gratis untuk Anak

Jangan memaksakan ambisi pribadi

Sebagai orangtua kita ingin anak kita pintar, sukses, memiliki kemampuan yang bahkan kita sendiri nggak sanggup untuk mempelajarinya. Seperti ketika kita ingin bercita-cita menjadi dokter, kemudian kita memaksakan bagaimana caranya agar anak kita bisa menjadi dokter.

Ingat ya bun, anak kita itu bukan kita, ia memiliki jiwa dan potensi yang berbeda dari kita. Jadi jangan sampai memaksakan ambisi pribadi kita pada anak. Justru hal tersebut bisa menutup potensi anak kita sendiri.

Biarkan anak bebas akan menjadi seperti apa, tugas kita adalah mendampingi dan memfasilitasi. Biarkan anak bermaian dengan sesuka hati, nggak melulu belajar yang akan merenggut kebahagiaannya. Anak yang bahagia adalah anak yang tangguh lho bun di masa depan. Karena masa kecil yang minim trauma, anak jadi memiliki sedikit rasa takut yang bisa menghambatnya ketika ia dewasa nanti.

Amati kebiasaan Anak

Mengetahui potensi anak bisa dilihat dari kebiasaan sehari-harinya. Apa yang membuat anak begitu fokus hingga lupa waktu? Apakah anak senang mencoba hal baru? Atau bermain lego, menggambar, bernyanyi?

Dan lihat juga kepribadian anak apakah ia pendiam dan pemalu, atau senang bicara dan suka tampil di depan publik? Dari sini kita akan bisa melihat potensi yang anak miliki. Sehingga kita bisa mengarahkan potensi tersebut dengan memfasilitasi anak dengan hal-hal yang ia sukai, misalkan jika anak suka sekali menggambar kita sediakan buku gambar dan pensil warna.

Atau jika anak suka bersosialisasi dan berbicara, kita fasilitasi dengan mengikuti kursus dan komunitas tertentu. Tapi di masa pandemi seperti ini lebih baik kursusnya online dulu saja ya bun. Amati apakah anak senang dengan kegiatan yang kita berikan, jika iya lanjutkan, kalau enggak ya kita harus mencari alternatif lain.

Ngomongin tempat kursus untuk anak, aku punya rekomendasi yang oke nih bun, yaitu Kursus Ruangguru.

Baca juga: Siap Menghadapi Semester Baru dengan Aplikasi Belajar Ruangguru

Apa itu Kursus Ruangguru?

Kursus Ruangguru kembangkan potensi anak

 

Kursus Ruangguru adalah program kursus kolaborasi antara Ruangguru dan Alta School yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan potensi anak agar terus berkembang dengan optimal.

Program ini untuk anak usia 4-7 tahun yang akan mendukung anak dalam mengembangkan potensinya sejak dini. Direkomendasikan untuk anak yang membutuhkan kelas tambahan di luar pendidikan formal.

3 Paket Kursus Ruangguru yang bisa kamu pilih

1. Ruangguru Calistung (usia 4-6 tahun)

Kursus ini akan membantu anak membaca, menulis, dan berhitung dengan mudah, proses belajar yang mengadopsi konsep stimulasi berulang dan contoh yang nyata akan mempermudah anak dalam belajar calistung.

2. Ruangguru Matematika dan Bahasa Inggris (usia 4 – 6 tahun)

Dengan metode literasi akan akan belajar konsep dasar berhitung dan memahami Bahasa Inggris sejak dini dengan cara yang menyenangkan.

3. Ruangguru Science, Math, and English (usia 5-7 tahun)

Di kursus ini anak akan belajar Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains dengan kurikulum internasional yang akan membuat anak memiliki pemikiran kritis dan analitis.

Manfaat belajar di Kursus Ruangguru

Ada berbagai macam keunggulan jika anak belajar di Kursus Ruangguru lho bun.

✅Kelas Live Teaching interaktif

Belajarnya live dan interaktif, terdapat juga visualisasi yang adaptif dan mudah dipahami oleh anak

✅ Pembelajaran kelas kecil dan Guru Berpengalaman

Kelas hanya diisi 10-15 murid per kelas dengan 1 guru berpengalaman dan terbaik di Ruangguru.

✅Belajar intensif dengan konsep literasi, drilling, sesuai dengan kompetensi pembelajaran

2x pertemuan per minggu dan belajar 60 menit per pertemuan.

✅ Modul belajar gratis

Setiap siswa mendapatkan modul belajar gratis yang dikirimkan ke rumah masing-masing.

✅ Laporan belajar bulanan dan sertifikat

Siswa akan mendapatkan laporan belajar dan sertifikat dari Ruangguru setelah menyelesaikan modul pembelajaran.

Berapa biaya belajar di Kursus Ruangguru?

  • Ruangguru Calistung, mulai dari 430.000/bulan
  • Ruangguru Matematika & English, mulai dari 445.000/bulan
  • Ruangguru Science, Math, & English, mulai dari 445.000/bulan

Bagaimana cara daftar di Kursus Ruangguru?

Kamu bisa daftar kursus Ruangguru melalui https://bit.ly/rgkursus

Nggak usah khawatir ya bun, anak bisa ikut trial class gratis dulu untuk tahu apakah si kecil menyukai Kursus Ruangguru dan cocok dengan metode belajarnya, jika sudah mendaftar konsultan pendidikan Ruangguru akan menghubungi untuk membantu bunda.

Semoga potensi anak bisa tergali optimal ya bun, semangat!

18 pemikiran pada “Mengembangkan Potensi Anak di Masa Pandemi”

  1. Meski kadang anak2 hanya belajar dari rumah saja ya mba, tapi ruang guru ternyata banyak banget fasilitasnya yg diberikan buat menunjang kemampuan anak2 sehingga gak ada alasan yg lain lagi buat gak mengajarkan anak2 dari rumah saja lewat aplikasi keren ini yaa mba

    Balas
  2. Pandemi jangan jadi penghalang bagi perkembangan bakat dan potensi anak ya mbak
    Makanya akan lebih asyik KLO mengembangkan potensi anak dgn ikutan kursus di Ruangguru ini

    Balas
  3. Bagusnya Ruangguru menyediakan fitur free trial, biar anak-anak bisa mencoba dulu. Dan kita bisa tahu seberapa besar anak suka menggunakannnya, Jadi bikin keputusan untuk lanjut atau enggaknya lebih reasonable.

    Balas
  4. Keren ini konsep mendidik anaknya. Karena memang anak harus dipersiapkan memiliki kemampuan dalam kondisi apapun, termasuk saat pandemi seperti sekarang ini. Siapa tahu kedepan menghadapi kondisi yang sama, bisa menerapkan juga sama generasi penerusnya. cakep, kak!.

    Balas
  5. yes mba, pembelajaran offline maupun online sama pentingnya ya. Apalagi saat pandemi begini ya, semua kegiatan lebih banyak dilakukan dari bersama dari rumah.

    Balas
  6. Pentingnya orangtua untuk peka dengan melihat apa yang menjadi potensi anaknya. Sehingga bisa dikembangkan belajarnya sesuai dengan bakatnya.

    Balas
  7. bakat dan potensi anak harus dikembangkan yaa agar gak peduli saat pandemi atau keadaan sudah kembali normal. Sudah tugas orang tua untuk mengembangkan potensi anak-anaknya

    Balas
  8. dengan adanya sistem pembelajaran serba online di harapkan anak-anak menjadi lebih mandiri dan makin pintar dalam belajar sesuai dengan minatnya dan mata pelajaran

    Balas
  9. Sama mna, saya dan istri qadarallah akhirnya merasakan efek covid selama 2 tahun prokesnya ketat banget.

    Akhirnya pun kantor twmpat saya dan istri bekerja saat ini pun menerapkan kembali WFH setelah sebelumnya sudah mulai normal karena kasus covid yang makin meningkat dan juga banyaknya temen kantor yang positif juga.

    Memang bosan selama penerapan kembali sistem WFH, oleh karena itu untuk saya juga mengikuti persis dengan yang mba lakukan dengan anak mba saat berada di rumah dengan mengikuti training-training online yang akan membantu saya belajar sekaligus menemukan strategi/insight baru untuk role pekerjaan yang saya geluti saat ini. Tidak hanya ruangguru saja, beberapa nama lembaga yg mengadakan training online saya ikuti untuk menghilangkan kebosanan selama proses isoman dan wfh kemaren.

    Terima kasih mba

    Balas
  10. Mba Ning, banyak banget artikel mba yang membahas tentang parenting yang amat berguna untuk saya jadikan referensi ketika kelak berumah tangga dan punya anak.
    Selalu suka sama kontennya.
    Jadi banyak dapat insight positifnya.

    Balas
  11. RuangGuru ini pilihan paketnya beragam ya kak. Pas banget misal anak pengen belajar suatu mata pelajaran dengan lebih serius, bisa ambil yang dibutuhkan. Sekarang saya sebagai orang tua dari anak yang berumur 2 tahun aja udah kerasa kompetisi antar ibu yang suka mengunggulkan anaknya. Apalagi nanti, pasti sulit juga. Pengen enggak maksain kehendak ke anak, tapi kalau anak jadi sasaran nyinyir juga pasti sedih.

    Balas
  12. Meski pandemi dan anak-anak lebih banyak bersekolah dari rumah. Tetap saja. Sebagai pendamping kita harus mempersiapkan yang terbaik untuk mereka. Salah satunya pemilihan tempat kursus yang bisa online juga, seperti Ruangguru misalnya.

    Balas

Tinggalkan komentar