Resep

Resep Bubur Singkong

Pagi-pagi pas bangun tidur dikagetkan dengan parutan singkong yang ada di meja. Ternyata Mbah Buyut yang marut. Katanya terserah mau dibuat apa, mau Misro, Utri, atau apalah gitu.

Aku mikir, kalau dibikin Misro, gorengan lagi, gorengan lagi. Dibikin Utri, rempong banget harus bungkusin satu-satu pakai daun pisang. Belum lagi nyari daun pisangnya di kebon.

Dan Rhe juga lagi tumbuh gigi, bingung banget tuh mau dibikin apa. Akhirnya memutuskan untuk ambil HP, buka aplikasi Cookpad terus masukin di kolom pencarian kata singkong. Lalu muncullah berbagai resep olahan singkong. Ada Kolak, Misro, Talam Singkong, Singkong Thailand, dan pas scrolling ke bawah ada resep bubur singkong. Hem… Kayaknya enak nih. Pas banget juga kan Rhe lagi tumbuh gigi. Jadinya aku memutuskan untuk recook resep Bubur Singkong oleh Mba Nining dari Cookpad.

Berikut ya resep lengkapnya, ini sudah aku modifikasi sesuai dengan kebutuhanku. Untuk resep aslinya, bisa dilihat di sini.

Bahan Bubur:

  • Singkong 1 biji ukuran besar, beratnya kira-kira 1/2kg
  • Daun pandan 1 lembar
  • Gula jawa 5 butir ukuran sedang, atau bisa dikurangi jika tak terlalu suka manis
  • Garam sepucuk sendok makan
  • Air 500ml

Bahan Kuah:

  • Santan Kara 1 biji
  • Daun pandan 1 lembar
  • Vanili seujung sendok teh
  • Garam seujung sendok teh
  • Air 300ml

Cara Membuat Bubur Singkong:

  1. Masukkan air, gula, garam, dan daun pandan. Masak hingga gula larut, lalu saring.
  2. Masukkan hasil saring air gula tadi ke dalam panci, lalu masukkan parutan singkong.
  3. Masak dengan api kecil dan sering aduk agar tidak gosong.
  4. Masak hingga meletup-letup dan warna singkongnya tidak ada yang putih-putih lagi.
  5. Setelah bubur matang, saatnya membuat kuah. Masukkan air, santan kara, daun pandan, vanili, dan garam ke dalam panci. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, kecilkan api, dan terus aduk selama kurang lebih 5 menit agar kuah tidak cepat basi.
  6. Setelah semua matang, ambil bubur ke dalam mangkuk atau piring, lalu siram atasnya dengan kuah santan. Dimakan selagi hangat enak banget.
Artikel Terkait:  Untung Ada Yummy App, Belajar Masak Jadi Gampang!

Resep untuk 3-4 porsi.

Alhamdulilah, anakku yang sedang tumbuh gigi lahap banget. Dia lagi malas makan nasi, jadi singkong bisa menggantikan kebutuhan karbohidratnya.

Bubur singkong ini juga bisa jadi BB Booster buat Rhe, ada santan gurih yang dia suka. Manisnya dan kenyalnya tekstur singkong juga bikin nagih buat dia, dan buat aku juga. Haha

Dia teksturnya nggak lembek, tapi agak kenyal gitu. Enak jadinya, nagih.

Selamat memasak!