Resep Bumbu Pecel Wonogiri

Siapa nih yang suka makan pecel sayur dari Jawa Tengah?

Aku adalah orang yang suka banget makan pecel, hampir setiap hari pasti beli pecel sayur. Kalau di desa sih enak banget bumbu pecelnya, tapi ketika dulu aku merantau di ibu kota, cukup susah mencari rasa sambel pecel khas wonogiri yang aroma jeruk purutnya sangat terasa. Perpaduan rasa manis, asin, asam, dan segarnya bikin nagih banget.

Sekarang aku balik lagi ke kampung halaman yaitu Wonogiri. Nggak susah cari bumbu pecel yang enak dan nendang. Banyak sekali orang tua yang jualan pecel bakmi enak di sini.

Dan kemarin itu ceritanya Rhe main ke tetangga dan dikasih jeruk purut, kemudian dikasih ke aku jeruknya, katanya buat masak ibuk.

Baca juga: 3 Rekomendasi Tempat Wisata Wonogiri Untuk Menikmati Sunset

Jadilah kepikiran pengin bikin sambal pecel sayur aja. Apalagi sambal buatan simbah buyutku itu otentik dan enak banget.

Resep Bumbu Pecel Kacang Wonogiri

Nah, di sini aku akan berbagi resep sambel kacang wonogiri dari simbah yang rasanya dijamin mantap!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kacang tanah 500 gram
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Jeruk purut setengah
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Bawang putih 6 siung
  • Kencur 2 biji ukuran sedang
  • Gula merah 3 biji
  • Garam 1 sendok teh

Cara membuat bumbu pecel kacang:

Goreng kacang tanah hingga kecokelatan. Biasanya jika kacangnya sudah matang nggak akan ada suara meletup lagi.

cara membuat sambal kacang wonogiri - cabai dan gula merah

Goreng cabai dan bawang putih hingga matang kemudian ulek sampai lembut. Setelah lembut masukkan gula merah dan ulek lagi sampai halus dan tercampur rata.

Cara membuat sambal kacang - kacang tanah goreng, dan jeruk purut

Haluskan kacang tanah goreng, bersama daun jeruk, kencur, dan jeruk purut yang sudah dipotong-potong.

resep bumbu pecel

Setelah kacang lumayan halus masukkan garam, beserta ulekan cabai, bawang, dan gula merah. Haluskan lagi hingga merata dan memiliki tekstur padat.

Sambal kacang siap disajikan

Bumbu pecel siap disajikan bersama makanan favorit.

Cukup mudah bukan cara membuat bumbu kacangnya?

Biasanya bumbu kacang ini aku makan untuk saus sayuran rebus atau pecel, saus bakmi pentil, atau bisa sebagai celupan gorengan. Rasanya dijamin mantap!

Bumbu pecel yang aku bikin ini habis dalam waktu 2 hari saja, kalau mau lebih awet kamu bisa langsung menyimpannya di wadah kedap udara begitu sambal selesai dibuat, kemudian taruh di dalam kulkas bagian bawah. Dan Jika ingin makan cukup ambil secukupnya saja dan seduh dengan air panas.

Paling lama aku cuma simpan satu minggu karena memang cepat habis, padahal yang makan cuma aku sama simbah. Tapi kami memang doyan banget. Hehe

resep bumbu kacang dan sego tiwul

Nah, kali ini aku makan sambal pecelnya dengan sego tiwul, nasi yang terbuat dari singkong khas wonogiri. Topingnya bacem tempe gembus dan tahu, juga ikan asin goreng. Duh, ini enak banget!

P.S. Ini tepung singkongnya aku dapet dikasih saudara, jadi pengolahan singkongnya sering terkena hujan, jadi agak hitam gitu. Tapi ini super enak! Dan gurih!

2 pemikiran pada “Resep Bumbu Pecel Wonogiri”

  1. Mbaaaaa aku suka bangeeet sambel pecel Wonogiri ini. Tapi biasanya beli sih hahahah. Aku save langsung resepnya. Eh jadi rahasianya itu, jeruk purut diulek Ama kulitnya sekalian yaaaa?? Aku pikir perasan airnya aja. Mikirnya kan pahit Yaa kulitnya itu. Baru tahu kalo ga.. :).

    Makasiiih resepnya mbaaaa. Mau bikin utk Minggu depan pas beli belanjaan lagi.

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: