Resep Klenyem, Makanan Tradisional Dari Singkong

Resep klenyem
Klenyem, menu sarapan pagi ini

Setelah tinggal di Wonogiri bersama Simbah, setiap pagi aku diharuskan membuat menu sarapan yang nggak terlalu berat tapi bikin kenyang.

Waktu kecil aku sering banget makan Klenyem, tapi makin ke sini makin jarang yang jualan. Jadi pagi ini aku memutuskan untuk membuat Klenyem. Selain pengin mengenang masa kecil, Simbah juga sudah request dari beberapa hari yang lalu, ketika lihat aku bawa banyak singkong dari rumah mertua.

Selain gampang dibikin, membuatnya pun nggak makan waktu yang lama. Kurang lebih 45 menit sudah jadi. Ini termasuk mengupas dan memarut singkong ya.

Menurut Wikipedia, Klenyem adalah makanan tradisional dari Jepara. Di sana juga ada yang menyebutnya Lempok. Nah, kalau di Jakarta, makanan ini dikenal dengan nama Misro. Temennya combro tapi isinya gula jawa.

Oke, sudah cukup ya intronya. Berikut resep Klenyem sederhana ala Ning! 😉

RESEP KLENYEM

Bahan yang diperlukan:


  • Singkong parut 4 biji ukuran sedang
  • 1/4 biji kelapa parut
  • 1/4 sendok makan garam atau sesuai selera
  • 3 butir gula jawa sisir
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • Campur jadi satu singkong parut, kelapa parut, dan garam.
  • Bentuk bulatan-bulatan kecil lalu isi dengan sisiran gula jawa.
  • Goreng dengan minyak yang sudah panas, api stel sedang. Goreng sampai kecoklatan.
  • Klenyem siap disajikan.

Dimakan untuk sarapan ketika masih hangat, dengan sruputan teh hangat pahit sangat nikmat. Teh pahit ketemu manisnya gula jawa dan gurihnya singkong. Hemmm… Mantap! Kalau anakku bilang. Hehe

Oh iya, ini jadi 20 butir ukuran sedang ya.

Salam sayang,

Ning!

6 pemikiran pada “Resep Klenyem, Makanan Tradisional Dari Singkong”

  1. Oalaah mirip misro ya mba.. kalo misro , Krn Deket rumahku ada yg jual, dan enak, jd LBH sering beli aja drpd bikin :D. Hihihihi.. trutama aku ga terlalu jago bikin beginian . Tapi Krn biasanya misro dijual barengan combro, aku LBH suka yg combro sih, Krn gurih dan pedas. Kalo manis2, jujurnya aku kurang suka. Tp sesekali ya makan juga :D.

    Balas
  2. Masha Allah, saya paling suka makanan berbahan dasar singkong gini, enyak banget rasanya 😀

    Cuman kalau disuruh bikin sendiri memang agak rempong ya.
    Jadi ngiler liat ini, cuman susah nyari yang ginian, palingan ada semacam getuk gitu 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: