Roboguru VS Brainly, Lebih Bagus Mana?

Saat mengerjakan soal atau PR, kadang anak mengalami kesulitan. Biasanya kalau sudah nggak bisa jawab mereka pasti akan tanya dengan orang terdekat yang dirasa mengerti.

Seperti aku nih yang suka banget ditanya sama keponakanku yang kini ada dibangku kelas VII SMP. Dari SD setiap ada soal yang nggak bisa dijawab pasti minta diajarin sama aku. Sedangkan aku udah lama banget nih lulusnya, jadi banyak pelajaran yang sudah lupa. Haha

Nah, untuk mencari solusi soal yang aku nggak bisa jawab, biasanya aku akan browsing, memahaminya, baru aku jelaskan ke keponakanku biar dia paham juga. Jadi ketika ada soal yang sama muncul lagi dia nggak akan kebigungan lagi.

Ketika mencari jawaban di google, aku sering banget masuk ke website Roboguru dan Brainly. Karena memang kedua wesite tersebut adalah sebuah web tanya jawab tentang soal pelajaran yang dirasa sulit oleh para murid untuk mencari jawabannya.

Pasti kalau kamu suka mencari jawaban dari sebuah soal suka nyasar juga ya di kedua web tersebut?

Sama, aku juga. Setelah beberapa kali nyasar ke sana. Aku jadi familiar dengan keduanya.

Ada fitur Brainly yang aku suka, yaitu pembahasan soal berdasarkan buku pelajaran tertentu. Jadi kamu tinggal cari judul buku apa yang sedang dipelajari, dan jika ada di Brainly. Full soal dalam buku tersebut akan tersedia jawabannya. Jadi lebih praktis dan nggak perlu ribet cari soalnya satu per satu.

Tapi seteleh menggunakannya beberapa kali, aku menyimpulkan jika Roboguru lebih baik dari Brainly. Makanya aku merekomendasikan Roboguru ke keponakanku. Kenapa? Apa kelebihan yang Roboguru tawarkan hingga lebih unggul dari Brainly? Berikut ya langsung aku jabarkan di bawah ini.

1. Pengelompokkan soal

Roboguru dan Brainly merupakan sama-sama sebuah platform yang digunakan para siswa untuk bertanya soal yang nggak mereka mengerti. Berharap mendapatkan jawaban untuk soal tersebut.

Banyak sekali siswa yang telah terbantu oleh kedua platform tersebut.

Nah, jika di Brainly soalnya dikelompokkan hanya dengan mata pelajaran, misalnya Bahasa Indonesia, Matematika, Biologi, dan lain-lain.

Berbeda dengan Roboguru yang lebih spesifik, nggak hanya berdasarkan mata pelajaran tetapi juga dikelompokkan sesuai dengan jenjang Pendidikan. Misalnya soal biologi untuk SMP, SD, SMA, atau SBMPTN & STAN.

Jadi dalam hal ini Roboguru lebih unggul.

2. Jawaban langsung dari Master Teacher Ruangguru

Penting banget ya jawaban yang diperoleh itu tepat dan efektif. Kan memang tujuan dari kedua webite tersebut adalah itu, mencari jawaban yang tepat. Untuk hal ini aku bisa bilang jika Roboguru jauh lebih unggul.

Di Brainly jawaban sering kurang tepat karena jawaban itu merupakan dari anggota dari Brainly sendiri yang juga merupakan pelajar. Berbeda dengan Roboguru, jawaban yang diberikan dari Master Teacher yang memang merupakan seorang guru. Jawaban yang diberikan juga bukan jawaban yang to the point, tapi disertai dengan pembahasan yang akan membuat anak belajar dan bisa memahami. Nggak hanya sekedar mencari jawaban.

3. Disediakan oleh Ruangguru dan bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru

Roboguru adalah salah satu produk ruangguru, sehingga fitur Roboguru ini bisa langsung diakses melalui aplikasi ruangguru. Aplikasi bimbel online yang memang sudah terbukti kredibilitasnya dan aplikasinya sendiri sudah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna.

Pelajar jaman now siapa sih yang nggak tau ruangguru? Kayaknya mayoritas pelajar sudah tahu ya apa itu Ruangguru.

Buat kamu yang belum tahu, mending langsung cari tahu deh, apalagi kalau kamu mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran atau sedang mempersiapkan ujian. Karena Ruangguru sudah banyak sekali membantu pelajar Indonesia.

4. Tanya soal bisa melalui Whatsapp/Laptop/PC

Roboguru ini sistemnya termasuk canggih, karena cara kerjanya akan meringankan siswa nggak perlu capek ngetik soal yang ingin ditanyakan. Cukup dengan foto soal yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan, kemudian kamu bisa mengirimkan soal tersebut melalui WhatsApp. Lalu Bot Roboguru akan menjawab soal tersebut dengan mengirimkan video pelajaran yang membahas bagaimana cara pemecahan soal tersebut.

Atau kamu juga bisa tanya soal melalui laptop atau PC dengan masuk ke website Roboguru.

Berbeda dengan Brainly yang hanya bisa diakses melalui browser.

5. Bisa diakses 24 non-stop

Terkadang anak memiliki waktu belajar sendiri yang dirasa nyaman. Seperti aku dulu lebih nyaman belajar saat malam hari karena lebih sunyi sehingga belajar bisa lebih fokus.

Buat yang suka belajar malem juga dan nemu soal yang sulit, kamu bisa akses Roboguru kapan pun, 24 jam nonstop. Jadi nggak perlu lagi kepikiran soal yang belum terpecahkan saat mau tidur. Dan kualitas tidur juga akan lebih baik dengan kondisi pikiran yang tenang.

6. Tersedia pembahasan dalam bentuk video

Ini adalah keunggulan Roboguru yang paling aku suka. Karena nggak semua anak mampu mencerna cara penyelesaian soal jika hanya dalam bentuk jawaban teks. Dengan hadirnya video, anak akan lebih paham karena mengetahui langkah-langkah pengerjaannya dengan lebih detail. Dan hal ini nggak ada di Brainly.

Dengan berbagai kelebihan Roboguru di atas, memang membuat keponakanku nyaman menggunakannya. Jadinya sekarang dia jarang banget tanya soal sulit sama aku. Kalau kamu lebih suka mana nih Roboguru atau Brainly?

17 pemikiran pada “Roboguru VS Brainly, Lebih Bagus Mana?”

  1. Selama ini saya pernah pakai fasilitas Brainly saja untuk nanya-nanya tugas kalau Roboguru belum pernah.
    Ternyata lebih lengkap yaa

    Balas
  2. Baru tau soal Roboguru nih Kak. Kalau Braily dari dulu senang banget cari2 soal dan jawabannya disana, hihihi. Mungkin kalau Roboguru ya karena masih jarang dipake sama anak2 yaa kak

    Balas
  3. Saya familiarnya dengan Brainly. Informasi mengenai Roboguru ini jadi hal baru buat saya. Ternyata fiturnya lebih menarik dan punya banyak keunggulan. Semoga nantinya bisa familiar buat banyak orang ya, dan tentunya jadi yang paling sering digunakan untuk berbagai kemudahan bertanya.

    Balas
  4. Oh roboguru ini dari ruang guru. Tadi aku tu bingung roboguru dan brainly itu apa. Baru denger soalnya. Enak ya sekarang tu kalau bingung bisa tanya roboguru. Jaman dulu aku ngajar belum ada. Jadi aja emang bener bener nyari sendiri. Berarti jaman sekarang lebih enak ya

    Balas
  5. kok aku ingetnya robo nya bibit ya lord, salah kamar hahhaha, ternyata ruang guru pun ada sistem roboguru buat bantu murid-murid menanyakan soal2 sulit yaaa. makin terbukanya akses informasi dan platform2 belajar semoga makin memudahkan anak2 belajar nih, di kondisi PJJ sekarang gini

    Balas
  6. Asyik banget ya anak-anak sekarang, bisa langsung cari jawabannya di internet. Lah zaman saya dulu, boro-boro internet aja belum ada.

    Masing-masing, baik Roboguru maupun Brainly memang punya fitur dan kelebihannya. Mana yang paling nyaman dan lengkap, ya itu yang saya gunakan, hehehe…

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: