Tumbuhkan Potensi dan Kreativitas Anak di Alta School

Sejak pandemi, kita memang dipaksa berlari untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam segala bidang berlomba-lomba menciptakan teknologi agar semua kegiatan bisa dilakukan dari rumah.

Tapi nggak bisa dipungkiri, jika ada beberapa bidang yang terlihat begitu keteteran dalam mengikuti arus teknologi saat ini. Entah persiapan yang kurang matang atau memaksakan harus online, tapi ada kekurangan di sana-sini yang membuat penggunanya kurang nyaman, sehingga kurang maksimal dalam menjalankan kegiatan online tersebut.

Terutama dalam bidang pendidikan, sekolah yang biasanya dilakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kemudian kini harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dan celakanya, PJJ yang diterapkan seringnya minim pembelajaran, dan hanya pemberian soal tanpa penjelasan yang detail. Disinilah pemahaman anak kurang maksimal. Orangtua jadi merasa khawatir dengan perkembangan belajar anak.

Orangtua tentu saja ingin membantu anaknya, agar proses penyerapan ilmu berjalan efektif. Tapi dalam prakteknya, malah membuat orangtua stress, ngomel, hingga keduanya menjadi tertekan.

Menghadapi problematika yang terjadi saat ini, Sekolah Online Alta School hadir menawarkan metode pembelajaran online dengan metode blended learning yang interaktif.

Mengenal Alta School

Alta School adalah sekolah online non formal yang berbasis teknologi, menggunakan metode pembelajaran online dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Mendorong setiap anak untuk belajar, menciptakan, dan menentukan kesuksesan mereka sendiri. Dengan metode belajar blended learning untuk menggali dan menumbuhkan potensi dalam diri setiap anak.

Masing-masing anak itu berbeda, mereka memiliki cara masing-masing untuk belajar. Ada yang nyaman belajar di sekolah konvensional, tapi ada pula yang enggak. Terkadang mereka memiliki cara sendiri untuk belajar dan mengekspresikan kreativitas yang mereka miliki.

Metode Belajar Online yang Modern dan Adaptif, Berbasis Kurikulum Resmi

Alta School menggunakan kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013 (K-13), kurikulum yang dipakai dalam sistem pendidikan Indonesia menggantikan Kurikulum 2006 terdahulu.

Dalam proses belajarnya guru atau Star Teacher nggak hanya menerangkan materi, tetapi juga mengajak anak berdiskusi. Di sini anak dilatih untuk berpikir kritis, dan lebih aktif.

Proses Belajar Alta School

Sumber: Alta School

Dengan metode blended learning, anak akan diberikan tugas home based project, Alta School akan mengirimkan Learning Kit ke rumah masing-masing anak, kemudian ketika tatap muka secara online Star Teacher akan mengajak anak untuk menggunakan alat yang telah diberikan tersebut.

Dengan adanya Learning Kit, anak akan lebih semangat dalam belajar. Dan lebih mudah dipahami karena anak langsung belajar dengan media yang seru.

Star Teacher juga akan membimbing anak dalam pembentukan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional mereka. Dengan metode belajar secara personal, Star Teacher akan lebih mengenal karakter dan emosi anak, sehingga mereka bisa membimbing anak dalam pembentukan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional setiap anak.

Selain itu materi pembelajaran juga sesuai dengan kemampuan anak, jadi masing-masing anak diberikan materi yang berbeda sesuai dengan keahlian yang anak punya.

Diajar oleh STAR Teacher Terbaik

Star teacher di Alta School
Sumber: Alta School

Dengan Star Teacher terbaik, anak akan dibimbing dengan metode pengajaran yang telah ditentukan. Sehingga anak bisa belajar dengan maksimal.

Alta School Berkolaborasi dengan Ruangguru

Ruangguru adalah layanan belajar online nomor satu dan terlengkap di Indonesia. Pengguna Ruangguru sudah lebih dari 22 juta serta mengelola 300 ribu guru yang menawarkan jasa mengajar di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru berfokus pada layanan berbasis pendidikan, telah mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi. Seperti kelas virtual, platform ujian online, les privat, video belajar berlangganan, dan konten belajar lainnya yang bisa diakses melalui aplikasi dan web ruangguru.

Baca juga: Ruangguru Bikin Orangtua Makin Tenang Saat PJJ

Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch, Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Alta School berkolaborasi dengan Ruangguru sehingga dalam memberikan kualitas pengajaran, metode dan materi belajar, juga layanan teknologi terkini yang memberikan pengalaman belajar maksimal untuk anak.

Pilihan Jenjang di Alta School

Ada 2 pilihan jenjang di Alta Scholl yaitu PAUD dan SD Kelas 1-3.

PAUD

Kegiatan belajar PAUD di Alta School menawarkan berbagai aktivitas yang membangun aspek sosial, emosional, kognitif, dan fisik. Anak juga diajak berinteraksi secara sehat, sehingga mampu menumbuhkan kemampuan komunikasi sesuai dengan perkembangan usianya.

Jenjang PAUD di Alta School dibagi menjadi dua kelompok yaitu Alpha untuk usia 4-5 tahun. Dalam usia ini anak lebih senang untuk bermain. Dalam jenjang ini anak didorong untuk mengenal dirinya sendiri dan lingkungan sekitar dengan aktifitas motorik, musik, dan permainan yang menarik.

Kemudian Beta untuk usia 5-6 tahun, anak akan diberi kepercayaan untuk bertindak mandiri, berkomunikasi, dan mengenal konsep angka dan huruf untuk kehidupan sehari-hari.

Jenjang Sekolah Dasar (SD) Kelas 1-3

Pada jenjang ini, Alta School menyiapkan pemimpin masa depan yang menguasai literasi dan memiliki kompetensi karakter yang kuat. Sistem belajar yang digunakan juga terintegrasi dengan kurikulum nasional yang berfokus pada 5 aspek.

Sekolah Dasar (SD) di Alta School

Ada Pembagian Rapor Setiap Bulan

Di Alta School akan ada pembagian rapor setiap bulan. Pembagian ini dilakukan pada pertemuan guru, orangtua, dan siswa. Orangtua juga akan menerima rapor tersebut dalam bentuk soft copy melalui email.

Rapor ini sangat penting ya, untuk melihat perkembangan belajar anak. Juga bisa menjadi acuan evaluasi untuk memperbaiki cara belajar juga materi yang akan diberikan selanjutnya.

Semoga postingan ini dapat membantu kamu dalam menentukan pendidikan terbaik untuk buah hati.

Selamat belajar!

Salam,

Ning!

17 pemikiran pada “Tumbuhkan Potensi dan Kreativitas Anak di Alta School”

  1. Bener banget mbak…anak-anak akan lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan Learning Kit. Karena anak diajak bersama-sama mengerjakan suatu project…karena ada tantangannya, jadi lebih termotivasi. Menarik ini konsep pembelajaran di Alta School

    Balas
  2. Akuu baru tauu nih adaa Alta school sekolah pembelajaran online, ini sangat menarik, karena dizaman pandemi ini sekolah sudah tidak tatap muka, semua dilakukan secara online atau sering disebut daring, menurut saya kurang efektif, jadi mungkin Alta school ini menjdi solusi bagi orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak ditengah pandemi inii

    Balas
  3. Mbak aku masih belum paham. Alta School ini sekolah non formal tapi ada penjenjangan PAUD dan SD? Trus kenapa disebut sekolah non formal yah? Hehe

    Balas
  4. Wah..wah..ada sekolah online non formal ini, yang menjawab kelu kesah pembelajaran selama pandemi begini. Dengan metode blended learning semoga anak2 bisa mengikutinya dengan happy. Asik banget Alta School ini ada jenjaang PAUD juga yaa, dunia anak2 bermain sambil belajar.

    Balas
  5. Terlihat STAR Teacher nya masih pada muda-muda ya. Mungkin anak merasa lebih nyaman karena seperti dibimbing oleh kakaknya. Dan biasanya metodenya nggak menggurui tapi sebagai teman.

    Balas
  6. kira kita kalau sudah sekolah di sekolah dasar formal bisa gak ya ikut sekolah alfa ini? karena sepertinnya anak saya kurang dengan tugas yg diberikan karena hanya berdasar text book

    Balas
  7. Penting sekali untuk pembelajaran online, apalagi anak SD , dengan contoh aplikatif yang dapat dilihat secara kasat mata, bukan sekedar pemberian materi pembelajaran. Bermain yang mengedukasi, wah pengin lihat metodenya.

    Balas
    • Ngebaca artikel ini auto inget keponakan ku yang belum sekolah. Jadi kepikiran Alta School ini jadi nya hehe. Anw terima kasih atas infonya yah mba 😉

      Balas
    • kan bisa ambil ujian persamaan

      mirip home schooling ya Mbak Ning?

      Keren nih, waktu baca kerja sama dengan Ruangguru ya langsung paham

      Ruangguru emang selalu bikin terobosan yang brilian

      Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: