Artikel, Daily Life

Digital Marketing, Solusi Ampuh Bertahan di Era Pandemi Covid 19

 

Sudah tujuh bulan Indonesia berjibaku dengan Pandemi Covid 19. Tak hanya menelan banyak korban, pandemi ini juga mengguncang perekonomian dunia. Banyak pekerja yang gajinya dipotong, dirumahkan sementara, hingga PHK.

Aku sendiri pun juga terkena dampaknya. Suami dirumahkan sementara. Karena restoran tempat kerjanya waktu itu nggak boleh buka. Ingat banget, dulu sempat stress dan parno berat waktu awal-awal pandemi ini menyerang. Semua media memberitakan, semua orang membicarakan, berita simpang-siur, bahkan hoax bertebaran.

Apalagi, suami kerjanya ketemu banyak orang. Dari berbagai kalangan, entah darimana kita nggak tau. Sebenarnya, yang paling bikin takut karena kami punya seorang bayi yang baru berumur satu tahun. Takut banget kalau secara nggak sengaja, aku dan suami menularkan virus ini ke anak kami. Sampai, suami setiap pulang kerja langsung mandi, dan bajunya pun sekalian dicuci.

Berita yang tak berjeda, membuat kami cemas secara psikologis. Tiba-tiba tenggorokan kok terasa sakit, dada agak sesak, dan kalau ada batuk dikit kita khawatir, sampai nyari tau bagaimana caranya swap test covid 19. Yang belakangan kami tahu jika itu adalah reaksi psikomatik, akibat rasa cemas yang berlebihan.

Lalu, suatu malam. Ketika suami pulang kerja. Ia membawa berita yang agak bikin kaget. Dua hari lagi kita pulang kampung. Restoran libur sementara, sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Rencana awal kita mau pindah ke kampung habis lebaran, ini dipercepat, semua serba mendadak. Tanpa persiapan.

Setiap hari tanpa penghasilan, padahal kami butuh makan, anak kami butuh popok, juga gizi yang baik. Satu per satu barang berharga masuk gadai. Dan tanpa kepastian, kapan tempat kerja suami akan buka lagi. Bisa sebulan lagi, dua bulan, tiga bulan, atau entah kapan. Dan, kita nggak mungkin begini terus. Kita asumsikan, bagaimana jika tempat kerja suami nggak buka lagi? Bagaimana jika ia terkena PHK?

Artikel Terkait:  Pengalaman Mematikan Saraf Gigi (Perawatan Saluran Akar Gigi)

Untuk mengatasi masalah itu, kami belajar beberapa trik digital marketing yang bisa menjadi solusi, untuk kami, atau bahkan kamu, agar bertahan di masa sulit ini.

APA ITU DIGITAL MARKETING?

Gampangnya, digital marketing atau pemasaran digital adalah promosi secara daring. Agar semua orang tau produk atau jasa yang kamu jual melalui internet. Dengan trik yang tepat, agar dapat menjangkau target konsumen yang kamu inginkan.

Saat siswa, sekolah dari rumah. Pekerja kantoran, Work From Home atau bekerja dari rumah, dan kerumunan untuk sementara dilarang. Banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaannya. Pelaku UMKM merugi, pedagang kecil kehilangan sumber penghasilan.

Maka kali ini, kita ubah strategi, yang berjualan secara langsung atau face to face, berpindah ke daring. Atau berjualan dari rumah melalui internet. Kita nggak boleh diam saja. Kita harus beradaptasi di era baru ini, masa pandemi yang entah kapan akan berakhir.

Berikut ini trik digital marketing untuk pemula, agar usaha kamu tetap bertahan dan sukses di era pandemi covid 19:

1. KONTEN: MENJUAL DENGAN TULISAN (COPYWRITING & SEO)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat konten. Jika tidak ada konten, lalu apa yang akan kamu pakai sebagai media promosi?

Lalu, bagaimana cara membuat konten yang eye catching? Dan yang terpenting membuat target konten tersebut melakukan action berupa transaksi?
Ada dua hal yang harus diperhatikan, teknik copywriting, dan SEO (Search Engine Optimization) jika konten kamu berupa tulisan. Perhatikan juga desain yang menarik jika konten kamu berbentuk gambar atau visual.

Dalam teknik copywriting, pembuat konten dituntut untuk merangkai kata yang efektif, tepat sasaran, dan bikin penasaran yang baca. Sebagai contoh, dengan menggunakan kata yang bersifat dorongan psikologis ke target konsumenmu. Seperti kata: PROMO TERBATAS, SEKARANG JUGA, JANGAN LEWATKAN, dsb.

Artikel Terkait:  Caraku Untuk Bahagia

Dan ketika kamu sudah memiliki website, atau memutuskan untuk menjalankan digital marketing melalui web. Jangan lupa untuk memperhatikan kata yang kamu gunakan dalam artikel yang kamu tulis dengan teknik SEO. Agar artikel dan web kamu bisa berada di page one google sehingga mendapatkan banyak pengunjung.

2.INTERNET: MANFAATKAN SOSIAL MEDIA DAN INVESTASI

Setelah konten ada, saatnya kamu mempromosikannya melalui internet. Salah satu platform yang legit dan cukup menjanjikan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, ataupun mesin pencari Google.

Ketika kebanyakan orang kurang hiburan, di rumah saja, nggak kemana-mana. Pasti mayoritas dari mereka akan bermain sosial media, scrolling sana-sini mencari hiburan, mengusir kejenuhan. Nah, ini adalah peluang besar untuk kamu menjajal promosi di media sosial. Jika diperlukan, atau kamu ingin hasil yang lebih cepat, dan pastinya ada budgetnya juga. Jangam ragu untuk beriklan di media sosial.

3. BUAT TIMELINE ATAU PERENCANAAN

Ini sih perlu banget ya. Jangan sampai kamu kayak salah kostum saat posting konten. Misalkan, ketika hari Halloween, eh, kamu malah kasih promo couple. Kan jadinya nggak tepat kan?

Jadi, kamu harus membuat perencanaan untuk setiap konten yang ingin kamu posting. Selain biar nggak salah kostum, agar engagement kamu juga nggak turun karena kamu kelamaan nggak posting.

4. JANGAN PERNAH LELAH UNTUK TERUS MENGEMBANGKAN DIRI DAN BELAJAR

Teknologi terus berkembang, jaman semakin berubah, semua orang berlomba-lomba untuk terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Dan kamu, jangan pernah lelah untuk terus ikut belajar. Untuk terus mengembangkan diri. Untuk terus mencari ilmu. Sekarang ini banyak sekali ilmu yang bisa didapat gratis dari internet, atau jika ingin materi yang didapat lebih kredibel bisa mengikuti kelas berbayar.

Artikel Terkait:  Jadi Diri Sendiri!!! Be Your SELF!!!

 

Aku punya quote favorit dari buku Mimpi Sejuta Dolar oleh Merry Riana. Pokoknya pas baca, bikin hati jleb banget!

Di sanalah aku belajar memahami bahwa hidup sesulit apa pun, adalah sesuatu yang harus diapresiasi dengan usaha yang nyata, bukan sesuatu yang berlalu sia-sia, atau ditangisi. – hal.5 Mimpi Sejuta Dolar

So, yuk kita belajar bareng!

5. SELALU KONSISTEN DAN ANALISIS PERKEMBANGAN PASAR

Setelah membuat konten, lalu mempromosikannya. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah konsisten. Banyak orang menggebu di awal, tapi menghilang di tengah, atau bahkan malah menyerah di akhir. Yang sebetulnya tinggal selangkah lagi kamu berhasil, tapi kamu malah berhenti. Jangan sampai ya, kerja keras kamu sia-sia.

Dalam perjalanan yang bernama konsistensi, kamu juga harus menganalisa hasil promosi kamu melalui platform yang kamu pilih. Biasanya setiap platform akan memberikan data hasil postingan atau promosi kamu. Apakah efektif atau tidak? Berhasil atau tidak? Dari sana kamu bisa terus memperbaiki konten juga cara kamu dalam mengelola digital marketing kamu.

Baiklah, itu beberapa trik digital marketing ala aku. Semoga bermanfaat juga ya buat kamu.

Salam sayang,

Ning!