Skincare

Review Jujur L’Oreal Sunscreen UV Perfect Matte & Fresh

Untukku sunscreen adalah skincare wajib yang harus selalu ada. Efek sinar matahari pada kulit wajah itu sangat merugikan.

 

Sinar matahari pagi, mungkin masih banyak memiliki manfaat untuk mengubah provitamin D yang diperoleh tubuh melalui konsumsi makanan, diubah ke vitamin D yang tubuh butuhkan.

Tapi efek sinar matahari pada kulit wajah saat siang hari yang menyengat dan ada paparan sinar Ultraviolet (UV) sangat berbahaya untuk kulit. Bisa menyebabkan kulit terbakar (sunburn), flek hitam, kulit kusam, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Sumber: nejm.com

Di tahun 2012 The New England Journal of Medicine meliris sebuah foto supir truk yang terpapar sinar matahari hanya pada sisi kiri wajahnya, akibat terpapar sinar matahari yang terus-menerus selama 28 tahun, wajah kiri orang tersebut terlihat lebih tua.

Duh, serem banget nggak sih dampak sinar matahari pada kulit? Makanya, walau di rumah aja, aku hampir nggak pernah lupa pakai sunscreen.

Klaim L’Oreal Sunscreen Matte

  • Diformulasikan untuk kulit berminyak dengan hasil akhir matte.
  • Terasa ringan di kulit
  • Diperkaya dengan Mexoryl dan Long UVA Filter yang membantu mencegah proses penggelapan kulit, noda hitam, dan penuaan dini
  • Oil-Control Formula yang bisa mencegah produksi minyak berlebih.
  • Detoxyl yang akan melindungi kulit dari partikel polusi. Bahkan bisa melindungi dari partikel yang lebih kecil dari 2,5 mikron sehingga mampu mengecilkan pori dan mencegah timbulnya jerawat.
  • Disarankan untuk kulit wajah berminyak dan kulit wajah kombinasi.
  • Bisa digunakan sebagai primer sebelum memakai bedak.

L’oreal Sunscreen Ingredients

L’oreal Sunscreen Ingredients
  • Paraben – Free ✓
  • Sulfate – Free ✓
  • EU Allergen – Free ✓
  • Alcohol – Free X
  • Silicone – Free X
  • Fungal Acne (Malassezia) Safe X

Paraben Free (Tidak mengandung paraben)

Paraben adalah pengawet yang sering digunakan dalam bahan baku kosmetik, skincare, dan produk pembersih.

Bagi sebagian orang, paraben ini bisa menimbulkan reaksi alergi hingga dicurigai dapat menyebabkan kanker kulit.

Sulfate Free (Tidak mengandung sulfate)

Apa itu sulfate dalam skincare? Biasanya sulfate ini lebih dikenal dengan nama SLS (Sodium Lauryl Sulfate), bahan yang digunakan untuk memperbanyak busa agar proses pembersihan bisa optimal. Biasanya produk yang menggunakan SLS akan memiliki banyak busa. Kalau untuk skincare biasanya dipakai pada facial foam.

Bagi sebagian orang SLS bisa menyebabkan kulit kering karena menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit, bahkan jika digunakan secara terus menerus bisa membuat kulit dehidrasi hingga iritasi.

EU Allergen Free

EU Scientific Committee on Consumer Safety (SCCS) telah menetapkan 26 bahan baku kosmetik yang bisa memicu alergen. Jadi jika ada label EU allergen free, produk tersebut terbebas dari 26 bahan tersebut.

Mengandung Alkohol

Produk ini mengandung Alkohol dengan nama bahan baku Alcohol Denat. Bahan ini banyak diperdebatkan.

Pertama aku mau bahas plusnya penggunaan alcohol denat dulu. Bahan ini bisa melarutkan beberapa bahan yang nggak mudah larut dalam air atau minyak. Jadi ini digunakan sebagai bahan pelarut, membantu produk cepat menyerap, nggak berat (maksudnya di kulit berasa ringan), ada efek fresh setelah memakai produk, juga sebagai antimikroba.

Sekarang minusnya ya, untuk penggunaan alkohol terus menerus akan menyebabkan kulit kering. Ahli dermatologi dr. Leslie Bauman menganjurkan untuk menghindari alkohol jika tertulis pada urutan ke tujuh pertama pada daftar bahan baku. Biasanya bahan baku yang ditulis di awal memang memiliki kandungan yang cukup besar pada produk.

Selain itu Paula Begoun seorang skin expert mengatakan, jika alkohol nggak hanya membuat kulit kering tapi jika terpapar terlalu sering bisa merusak skin barrier dan menyebabkan peradangan.

Tapi nggak semua setuju dengan pendapat tersebut, Nicki Zevola dari Futurederm berpendapat bahwa alkohol cepat menguap dari kulit, jadi aman digunakan.

Seperti yang aku bilang di awal, penggunaan alkohol pada skincare memang ada pro dan kontranya. Untuk menggunakannya atau nggak tergantung kamu ya.

Mengandung Silicone

Silikon banyak digunakan pada perawatan kulit atau kosmetik. Karena mempunyai subtansi yang membuat tekstur produk menjadi lebih lembut, sehingga lebih gampang untuk diratakan atau dibaurkan. Dan silikon juga bisa mengisi celah-celah halus pada wajah seperti keriput, kerak kulit, hingga membuat kulit halus dan flawless.

Water resistance juga, jadi bisa mengunci kelembaban pada kulit. Membuat riasan lebih bertahan lama dan membuat makeup nggak mudah luntur walau kamu berkeringat.

Karena sifatnya yang water resistance, saat pemakaian kulit harus dalam kondisi yang bersih. Pun ketika akan tidur, jangan lupa untuk membersihkan silikon dari wajah kita. Kerena bisa memerangkap kotoran, pori jadi tersumbat, lalu menyebabkan jerawat.

Tidak aman digunakan oleh penderita fungal acne

Jika kamu memiliki jerawat yang disebabkan oleh Jamur Malassezia, produk ini kurang aman buat kamu. Karena ada beberapa bahan yang bisa membuat fungal acne kamu makin parah.

Review Jujur L’Oreal Perfect Matte & Fresh Long UVA SPF 50+/PA++++

Klaim Sunscreen L’Oreal untuk kulit berjerawat, lumayan cocok di aku. Aku adalah tipe kulit yang sensitif, berminyak, dan rentan berjerawat. Dan selama penggunaan sebulan penuh, produk ini nggak menimbulkan jerawat dan komedo sama sekali. Enak banget dipakainya, ringan gitu dimuka.

Walau warna krimnya putih agak kental tapi nggak bikin white cast juga di wajah. Mudah diratakan dan cepet banget menyerap. Setelah pemakaian warna kulit juga terlihat sama. Nggak kelihatan lebih putih atau naik tone kulitnya, jadi ini cocok juga dipakai cowok.

Di foto tangan paling bawah terlihat lebih putih bukan karena penggunaan produk ya, tapi efek cahaya. Hehe

Aku akan bikin list pro and con nya yah, biar lebih kelihatan dan lebih enak dibaca juga.

Pro (yang aku suka)

  • Nggak bikin kulit jerawatan
  • Mudah menyerap, jadi hemat waktu. Bisa langsung mengaplikasikan skincare selanjutnya atau make up ke wajah.
  • Finishnya juga matte, dan nggak bikin kulit berminyak. Tapi bukan yang seharian tanpa minyak gitu ya, tetep berminyak tapi nggak heboh. Kayak minyak natural yang flawless gitu. Aku suka sih, kalau terlalu matte juga aku nggak suka, takutnya bikin pori-pori tersumbat.
  • Nggak bikin wajah kusam. Sebelumnya aku pakai sunscreen merk biore, dan itu setelah pemakaian wajah jadi kayak kusam gitu. Tapi pas pakai L’Oreal ini enggak sama sekali. Warna kulitnya tetep sama.
  • Spfnya tinggi jadi merasa terlindungi gitu kulit wajah, hihi
  • Harganya nggak terlalu mahal, soalnya dia suka ada promo gitu di official storenya. Pantengin aja terus di Shopee atau Tokopedia.
  • Walau teksturnya agak kental, tapi pas diaplikasikan ke wajah terasa ringan dan nggak lengket.

Con (yang aku nggak suka)

  • Wanginya aneh buat hidungku, gimana ya mendeskripsikannya. Pokoknya sampai sekarang setiap pakai di deket bagian hidung aku masih tetep kayak cringe gitu.

Itu aja sih kontranya, dan aku tetep pakai soalnya banyak pronya. Haha

Cara pakai

Setelah membersihkan wajah, cukup baurkan secara merata pada kulit wajah lalu bisa dilanjutkan dengan pemakaian makeup. Kalau kamu pakai skincare lain, misalanya serum atau krim siang, pakai tabir surya ini di bagian akhir sebelum dilanjutkan dengan makeup. Dan untuk penggunaan di luar, bisa direapply 2-3 jam sekali, agar perlindungannya lebih optimal.

Packaging

Kalau versi lama packaging luarnya pakai dus. Kalau sekarang pakai plastik.

Setiap kemasan berisi 30ml, jadi nggak gede-gede banget, cocok buat dibawa bepergian. Nggak makan banyak tempat.

Waktu dipencet buat ngeluarin produknya nggak gampang tumpah. Mungkin karena bentuk tubenya yang unik.

Harga Sunscreen L’Oreal

Untuk harganya berkisar antara 70k hingga 90k, tergantung dimana kamu beli. Tapi kalau aku selalu beli di official store kalau enggak ya di Sociolla, soalnya kalau beli sembarangan takut dapet barang palsu.

Baiklah akhirnya sampai di ujung juga ya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Salam sayang,

Ning!

Sumber referensi tulisan:

https://www.klikdokter.com/amp/2910414/bahaya-sinar-uv-bagi-kulit

https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/nejmicm1104059

https://www.sociolla.com/amp/skin-care/10163-l-oreal-paris-uv-perfect-matte-and-fresh-spf-uva.html

https://www.skincarisma.org/products/l-oreal-paris/uv-perfect-matte-fresh-long-uva-spf-50-pa

https://www.alodokter.com/paraben-dalam-kosmetik-yang-dianggap-berbahaya-ini-faktanya

https://journal.sociolla.com