5 Rekomendasi Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Sebelumnya aku mau mengucapkan selamat buat kamu yang telah lolos Prakerja Gelombang 18. Yeay!

Setelah pengumuman diterima Prakerja akan memberikan saldo pelatihan untuk upgrade skill kamu sehingga bisa bertahan dan bersaing di tengah kondisi pandemi seperti sekarang.

Aku dulu juga alumni Prakerja Gelombang 3. Peserta yang lolos akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar 1 juta rupiah. Waktu itu saldoku beneran habis karena aku maksimalkan untuk ikut pelatihan bebayar yang sesuai dengan bidang yang aku ingin kuasai.

Aku sudah mencoba beberapa kelas dari penyedia kelas pelatihan yang telah tersedia. Tapi ada satu penyedia kelas yang bikin aku sangat nyaman dan user friendly. Ilmu yang dishare juga bukan kaleng-kaleng. Maksudnya nggak hanya sekadar permukaan saja, tapi lebih mendalam. Dan disampaikan oleh expert dalam bidangnya masing-masing.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Untuk Anak

Ketika kamu bingung dalam memilih pelatihan, sebaiknya tentukan dulu bidang apa yang ingin kamu kuasai sehingga kamu bisa lebih fokus dan saldo Prakerja bisa digunakan dengan lebih maksimal.

Nah, sebagai referensi aku akan kasih 5 rekomendasi pelatihan Prakerja terbaik di Skill Academy.

Sesuai dengan program pemerintah untuk mencetak SDM unggul, Skill Academy dengan Kelas Siap Kerja bisa membantu kamu untuk updgrade skill untuk bersaing di pasar dunia kerja.

Kelas Siap Kerja juga telah disusun sesuai dengan kompetensi yang berlaku dan diverifikasi oleh Tim Prakerja.

1. Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

Prakerja Skill Academy
Sumber: Skill Academy

Ini adalah Pelatihan Prakerja pertama yang aku rekomendasikan.

Saat ini bekerja dari rumah bukan hal yang mustahil lagi. Kamu bisa membuat karya berupa konten tulisan, gambar, maupun video kemudian menjual karya kamu untuk mendapatkan cuan. Tapi pada kenyataannya, tak hanya membuat sebuah karya kini kamu juga dituntut untuk bisa memasarkan karya tersebut agar dilirik client, pengguna media sosial, atau bahkan oleh brand.

Dilansir dari Skill Academy, di kelas ini kamu akan mempelajari cara membuat konten yang menarik dan berkualitas. Mulai dari menyiapkan strategi konten, proses pembuatan konten, hingga memasarkan atau mempublikasikan kontennya. Selain itu kamu juga akan diajari cara membuat konten ala influencer atau content creator.

Kamu juga akan mempelajari bagaimana cara untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif untuk meningkatkan kreativitas yang telah kamu miliki.

2. Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

Prakerja Skill Academy
Sumber: Skill Academy

Salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini adalah menjual minuman kopi. Trend anak muda minum kopi sedang menjamur di Indonesia, hingga hal ini membuat banyak kedai kopi baru bermunculan.

Apakah kamu salah satu orang yang juga suka minum kopi dan suka mengulik tentangnya?

Kata orang, pekerjaan yang impian adalah ketika kita melakukan hal yang kita sukai. Atau biasa disebut dengan bekerja sesuai dengan passion. Jika kamu menjawab ya, pertanyaan di atas. Mungkin kamu bisa menjajal usaha kedai kopi.

Dalam kelas ini tersedia materi yang sangat lengkap. mulai dari pemilihan biji kopi, pengenalan mesin kopi, hingga membuat dan meracik berbagai jenis minuman kopi.

Di sini kamu juga akan mempelajari cara membangun bisnis kopi untuk kamu yang ingin memiliki kedai kopi sendiri. mulai dari menentukan modal, mengelola transaksi penjualan, juga cara meningkatkan penjualan melalui promosi dan pemasaran.

3. Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Spesialis Periklanan (Digital Marketing)

Saat ini pengguna internet yang sangat banyak, bisa menjadi target konsumen yang menjanjikan. Sehingga iklan di media sosial bisa menjadi hal yang patut dicoba untuk mengembangkan bisnismu.

Apalagi iklan di media sosial bisa ditargetkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, sehingga lebih terfokus hingga bisa menghasilkan banyak transaksi penjualan.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Interaktif di English Academy

Pada kelas ini kamu akan belajar cara merencanakan dan mengembangkan strategi pemasaran digital untuk berbagai platform digital, seperti Google Ads, Media Sosial, Website dan Landing Page, juga email marketing.

Dengan mengikuti kelas ini, kamu diharapkan mampu mengidentifikasi pondasi bisnis yang terdiri dari kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan untuk membuat strategi digital marketing.

4. Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi untuk Sekretaris Umum

Jika sekarang kamu bekerja sebagai Sekretaris Umum, kelas ini sangat cocok untuk kamu, karena akan mengasah keterampilan kamu dalam mengoperasikan Microsoft Office dan Korespondensi.

Sebagai seorang sekretaris sangat penting untuk menguasai Microsoft Office yang digunakan sebagai tools dalam bekerja. Dalam kelas ini kamu akan belajar tentang penggunaan tiga tools dasar dalam Microsoft Office yaitu Excel, Word, dan Power Point. Juga mampu menjelaskan korespondensi bisnis dengan baik dan cara membuatnya.

Nggak hanya untuk Sekretaris Umum, kelas ini juga cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai Staff Administrasi, Karyawan Perusahaan, atau kamu yang ingin belajar atau mengembangkan skill kamu dalam menggunakan perangkat Microsoft Office, dan mengembangkan kemampuan menulis dalam bahasa Indonesia secara profesional.

5. Menjual Produk dan Mendapatkan Pelanggan Baru untuk Sales (Kanvas)

Data Indotask tahun 2020 menunjukkan jika profesi sales termasuk salah satu dalam 30 besar profesi yang paling diminati.

Nggak bisa dipungkiri, sales adalah salah satu profesi dengan penghasilan yang oke. Menurut pengalamanku ketika masih bekerja di perkantoran, sales memang jabatan yang memiliki gaji, tunjangan, fasilitas, juga reward yang lumayan besar.

Karena sales adalah ujung tombak perusahaan, sebuah profesi penting dalam perusahaan untuk menjalin relasi dengan customer dan melakukan penjualan produk maupun jasa. Jadi diberikan banyak bonus agar semakin semangat dalam mencapai target. Biasanya kamu yang memiliki jiwa jualan dan ambisius cocok untuk menggeluti profesi ini.

Dengan mengikuti kelas ini, kamu akan belajar untuk menentukan prospek yang tepat dalam penjualan produk, jasa maupun ide. Cara mencari tahu kebutuhan prospek tersebut, memberikan solusi, menghadapi penolakan, closing dengan benar, dan memberikan pelayanan terbaik setelah closing dilakukan.

Kamu juga akan belajar cara meningkatkan kemampuan bernegosiasi dengan strategi yang tepat. Juga mempelajari taktik untuk mendapatkan kesepakatan yang diinginkan.

Setelah mengikuti kelas ini, kamu diharapkan mampu menerapkan cara menjadi sales profesional dalam bidang canvas sesuai dengan standar sales canvasser.

Baca juga: Tumbuhkan Potensi dan Kreativitas Anak di Alta School

Itulah beberapa rekomendasi kelas pelatihan prakerja di Skill Academy. Dalam aplikasi atau website Skill Academy sendiri terdapat berbagai pilihan kelas yang bisa kamu pilih sesuai keinginan atau kebutuhan kamu.

Lalu bagaimana cara membeli kelas di Skill Academy dengan Kartu Prakerja?

Kamu bisa membaca tulisanku sebelumnya yaitu Upgrade Skillmu di Lembaga Pelatihan Terbaik Skill Academy. Dalam artikel tersebut aku sudah memberikan tutorial cara mendaftar dan membeli kelas di Skill Academy dengan Kartu Prakerja.

Dan jangan lupa untuk memasukkan kode referral SUPRAPTI0JZFWPEI saat kamu melakukan pembayaran dengan Kartu Prakerja ya. Agar kamu bisa mendapatkan bonus tambahan berupa pulsa hingga 70.000 rupiah. Besarnya pulsa yang kamu dapat tergantung dari besarnya harga kelas yang kamu beli.

Selamat belajar!

Salam,
Ning!

14 pemikiran pada “5 Rekomendasi Pelatihan Prakerja di Skill Academy”

  1. Harus jeli milih kelas sesuai minat ya mbaak.. Saya belum pernah nyobain beli kelas, semoga next bisa keangkut program prakerja biar bisa beli kelasnya hehe

    Balas
  2. Yang mendapatkan program pra kerja skill academi bisa menjadi pilihan untuk mengambil khursus online ya kak, banyak pilihan kelas yang tentunya sesuai dengan minat dan karier yang ingin dituju

    Balas
  3. belum pernah ikut nih ttg skill academy dan kalo liat reviewnya bagus2 dan memuaskan ya mbak jadi pinisirin hihihi

    wah aku galfok. ma foto yoga arizona di sana heheh brannya skill academy kah?
    bis anih aku rekomdasiin ke orang2 terdekat buat ikutan skill acadmy ya setelah lolos prakerja

    Balas
  4. Uwwo banyak juga yaa yang udah daftar ora kerja hehe aku beluman nih, belum menjadi prioritas juga. Tapi jujur aku tertarik sama pelatihan nomor 1, baru ingat belum pernah ikut pelatihan content creator šŸ˜€

    Balas
  5. kebetulan aku pernah ikut pelatihan di Skill Academy yg nomor 1, yaitu membuat dan memasarkan content digital dan bagaimana menjadi content kreator. Waktu itu lolos program kartu prakerja.
    Lumayan seru dan mudah dipahami. Pelatihan itu menjadi salah satu pelatihan yg buat aku melek begtu pentingnya belajar menjadi content creator.

    Balas
  6. keren ya Skill Academy?

    Saya suka terobosan ini karena banyak yang ingin menambah ilmu tapi terbatas waktu dan lokasi

    dengan adanya Skill Academy, skill terasah, lowongan pekerjaan di depan mata

    Balas
  7. Aku rasa kursus membuat konten yang ditawarkan Prakerja itu bagus buat orang-orang yang senang berkarya dengan video. Tapi lebih bagus lagi jika tujuan “menjadi influencer”-nya itu dihilangkan karena seharusnya menjadi influencer bukanlah cita-cita, melainkan penghargaan dari penonton.

    Aku sendiri juga sudah menggunakan Skill Academy, meskipun bukan menggunakan Prakerja. Aku ambil kursus salah satu cabang internet marketing, yaitu SEO. Dan Skill Academy menyajikan kursus-kursusnya dengan baik.

    Balas
  8. Pelatihan yang ditawarkan di Skill Academy sangat cocok untuk pekerjaan saat ini. Semoga mereka yang lagi berburu kerja, bisa ikut mengasah skill di lembaga ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten ini dilindungi oleh hak cipta!
%d blogger menyukai ini: